Amalan Pelancar Usaha dan Pelaris Dagangan

ARRAHMAH.CO.ID - Banyak di antara saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesulitan rizki, termasuk dalam usaha dan dagang, terlebih pada kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia, sudah lebih dari setahun, dan belum diketahui kapan berakhirnya.

Oleh karena ada di antara saudara kita yang menanyakan tentang amalan agar usaha, dagangan laris, maka berikut ini adalah amalan, sebagai ikhtiar, yang dapat digunakan agar usaha atau dagangan lancar dan laris, biidznillâh.

Amalan berikut bisa dilakukan salah satu di antaranya, juga bisa diamalkan semuanya. 

1. Baca Bismillaahir Rahmaanir Rahiim sebanyak 786 x selama 7 hari berturut-turut, dengan niat (hajat) agar dagangan laris.

(Sumber buku karya Ust. Ahmad Ali MD, MA., Fikih Al-Fâtihah: Panduan Lengkap Memahami Induk Al-Qur'an, edisi revisi & pengayaan, cet. ke-2, Maret 2020).

2. Baca Shalawat Nariyah sebanyak 11 x (sebelas kali) setiap habis shalat lima waktu.

3.  Tulislah Al-Qur'an Surat Ibrahim (14) ayat 35-41 dan diakhiri tulisan dengan shalawat, cara menulisnya dilakukan bakda Shalat Jum'at, kemudian ditaruh pada dagangan. Tulisannya sebagai berikut ini:

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهِيْمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا الْبَلَدَ اٰمِنًا وَّاجْنُبْنِيْ وَبَنِيَّ اَنْ نَّعْبُدَ الْاَصْنَامَ ۗ. رَبِّ اِنَّهُنَّ اَضْلَلْنَ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِۚ فَمَنْ تَبِعَنِيْ فَاِنَّهٗ مِنِّيْۚ وَمَنْ عَصَانِيْ فَاِنَّكَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ. رَبَّنَآ اِنِّيْٓ اَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِيْ بِوَادٍ غَيْرِ ذِيْ زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِۙ رَبَّنَا لِيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ فَاجْعَلْ اَفْـِٕدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِيْٓ اِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِّنَ الثَّمَرٰتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُوْنَ. رَبَّنَآ اِنَّكَ تَعْلَمُ مَا نُخْفِيْ وَمَا نُعْلِنُۗ وَمَا يَخْفٰى عَلَى اللّٰهِ مِنْ شَيْءٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ وَهَبَ لِيْ عَلَى الْكِبَرِ اِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَۗ اِنَّ رَبِّيْ لَسَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ. رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ. رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ.
وَصَلَّى اللّٰهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. 

Amalan pada nomor 2 dan 3 di atas diperoleh dari guru kami, Asy-Syaikh KH Abu Miftah 'Abdul Hannan Ma'shum, pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kwagean Pare Kediri, Jawa Timur, sebagaimana tertulis dalam kitab beliau, Sullamul Futûhât fî al-Aurâd wa al-Ad'iyyah wa al-Shalawât, yang telah diijazahkan kepada kami, 21 tahun silam, pada tahun 2000, di kediaman beliau di pondok pesantren tersebut.

Untuk mengetahui arti ayat tersebut, silahkan dapat dilihat langsung dalam Al-Qur'an terjemah, misalnya aplikasi Qur'an Kemenag, yang bisa diunduh melalui google play atau play store dalam Smartphone, berikut:

(Ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Makkah) negeri yang aman dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku dari penyembahan terhadap berhala-berhala.
(Ibrāhīm [14]:35)

Ya Tuhanku, sesungguhnya mereka (berhala-berhala itu) telah menyesatkan banyak manusia. Maka, siapa yang mengikutiku, sesungguhnya dia termasuk golonganku. Siapa yang mendurhakaiku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
(Ibrāhīm [14]:36)

Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak ada tanamannya (dan berada) di sisi rumah-Mu (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami, (demikian itu kami lakukan) agar mereka melaksanakan salat. Maka, jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan anugerahilah mereka rezeki dari buah-buahan. Mudah-mudahan mereka bersyukur.
(Ibrāhīm [14]:37)

Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami tampakkan. Tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit.
(Ibrāhīm [14]:38)

Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua(-ku) Ismail dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa.
(Ibrāhīm [14]:39)

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan sebagian anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.
(Ibrāhīm [14]:40)

Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan orang-orang mukmin pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).”
(Ibrāhīm [14]:41)

Semoga manfaat dan berkah bagi kita semua. Usaha  lancar dan dagangan laris nan berkah. Amîn...

Karawaci Kota Tangerang Banten, Ahad, 9 Dzulqa'dah 1442 H/20 Juni 2021 M.

Al-Faqîr ilaLlâh,

Dr. Ahmad Ali MD
Pengurus Bidang Pendidikan dan Dakwah Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten, IG: @ahmadali.md

0 Komentar