Headlines
Loading...
Hal-hal yang Dianjurkan Ketika Terjadi Fenomena Alam Mengerikan

Hal-hal yang Dianjurkan Ketika Terjadi Fenomena Alam Mengerikan

Hal-hal yang Dianjurkan Ketika Terjadi Fenomena Alam Mengerikan

ARRAHMAH.CO.ID
- Sebagai keterangan tambahan, terkait shalat gerhana, para ulama juga menyebutkan beberapa tuntunan.

Ada beberapa hal, yang dianjurkan ketika kita mengalami kejadian alam seperti gerhana, badai, gempa, dan lain sebagainya.

Pertama, jika terjadi gerhana, maka selain shalat, kita dianjurkan untuk memerdekakan budak dan shodaqoh. Hal ini didasarkan kepada hadist Shahih Bukhari no 995, di mana Rasulullah memerintahkan para sahabat untuk memerdekakan budak. (Kifayatul Akhyar, hal. 127). Jika sekarang sudah tidak ada lagi budak, maka bisa diganti dengan amal lain yang memiliki spirit yang sama, yaitu meringankan dan membantu orang lain.

Kedua, jika terjadi badai, gempa dan bencana alam lain, kita pun dianjurkan shalat sunnah mutlak, sebagai upaya agar kita senantiasa ingat kepada Allah. Cukup dikerjakan di rumah dua rakaat, sebagaimana yang telah diatur terkait shalat sunnah mutlak. Dengan shalat ini kita jangan terfokus dan terhanyut dengan bencana yang ada, tetapi mengembalikan ingatan dan perhatian kita kepada Allah SWT. (Al-Iqna, hal 267)

Atau jika tidak shalat, dianjurkan juga ketika terjadi badai, angin puting beliung, sebagaimana disebutkan di dalam hadist, agar kita berdoa dengan :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, dan kebaikan yang ada padanya, dan kebaikan apa yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya, dan kejelekan yang ada padanya, dan kejelekan apa yang dibawanya.” (HR. Muslim no. 2082, Kitab Shalatil Istisqa)

0 Comments:

Cloud Hosting Indonesia