Gandeng Ojek Daring, LAZISNU Jatim Sapa Kampung Pemulung
Loading...

ARRAHMAH.CO.ID

Surabaya,
NU Care Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur terus berkomitmen membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Kali ini yang dilakukan adalah membahagiakan warga kampung pemulung di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Surabaya dengan menggandeng ojek dalam jaringan atau Daring. 

 

A Afif Amrullah, Ketua NU Care LAZISNU Jawa Timur mengatakan bantuan ini hasil dari Gerakan #SumbangSuara yang digagas oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB). Yakni sebuah yayasan yang berada di bawah manajemen jasa transportasi ojek Daring. 

Loading...

 

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa dan dapat terlibat dalam gerakan #SumbangSuara,” katanya, Senin (13/7).

 

Sebagai titik awal distribusi, lanjutnya, bantuan menyasar para pekerja harian yang berada di beberapa Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukolilo, Tegal Timur Baru. Selain pemulung sampah tentunya, ada beberapa warga yang juga menjadi pedagang asongan, asisten rumah tangga harian, buruh cuci, penjaga parkir, janda dhuafa dan lainnya. 

 

“Bersama dengan GoTroops dan mitra Gojek, kami menyambangi rumah penduduk satu per satu untuk menghindari kerumunan serta tetap mengedepankan protokol kesehatan,” jelas Afif.

 

Menurut dosen Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya tersebut, gerakan ini penting karena tidak hanya langsung membantu janda dhuafa, para pekerja harian yang penghasilannya terdampak. Juga menimbulkan semangat dan optimisme baru. 

 

“Kami menerima bantuan dari yayasan ini sebanyak 450 paket sembako,” jelasnya. 

 

Sedangkan Ketua Yayasan Anak Bangsa Bisa, Monica Oudang mengatakan semangat gotong royong merupakan nadi dari gerakan #SumbangSuara. Mereka bergerak bersama berbagai elemen masyarakat seperti figur publik, lembaga swadaya masyarakat, dan tokoh masyarakat daerah. 

 

“YABB berterima kasih untuk 58 ribu lebih donatur yang turut menyumbangkan rezeki dan doa serta harapan mereka di platform kitabisa.com sehingga saat ini kita bisa meneruskan amanah mereka dalam bentuk bantuan sembako untuk para pekerja harian,” tegasnya.

 

Monica juga berterima kasih kepada NU Care-LAZISNU yang telah menjadi mitra YABB dalam menyalurkan bantuan di Surabaya Raya agar tepat sasaran bagi para pekerja harian yang membutuhkan. 

 

Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi
 

Artikel Ini Telah Dimuat: NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.