Sambut Santri Pulang, NU Kalbar Cek Kesehatan di Bandara
Loading...

ARRAHMAH.CO.ID

Pontianak,
Menyambut gelombang kedatangan para santri yang pulang dari berbagai pesantren di pulau Jawa, Satuan Tugas atau Satgas NU Kalbar Peduli Cegah Covid-19 melakukan beberapa langkah. Hal tersebut demi memastikan bahwa para santri steril dari terjangkit virus Corona.

 

“Untuk tugas ini kami bekerja sama dengan Ikatan Santri Kalimantan Barat atau Iskab Pusat khususnya yang melalui pintu kedatang bandara Supadio Pontianak,” kata Suryadi, Rabu (31/3).

Loading...

 

Pria yang juga Ketua Pengurus Cabang (PC) Lemba Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Pontianak, Kalimantan Barat tersebut  menyampaikan prosesi penyambutan.

 

“Dari koordinasi dengan pengurus Iskab Pusat, kami mendapatkan kabar bahwa mulai Senin (30/3, red) sampai menjelang Ramadhan akan berdatangan para santri yang sedang mondok di pesantren Jawa,” jelasnya.

 

Mengingat efek virus Corona atau Covid-19, semua pesantren meliburkan sementara waktu kegiatan belajar mengajarnya ditambah menjelang bulan puasa Ramadhan. Dengan demikian  mereka akan memasuki libur panjang dan semua pesantren memulangkan santri lebih awal. 

 

Suryadi menambahkan tujuan dari giat sterilisasi para santri ini diharapkan setibanya di rumah benar-benar dalam kondisi steril dari segala virus atau bakteri.

 

“Karena tidak menutup kemungkinan selama dalam perjalan mereka bersentuhan dengan orang yang bisa saja pasien yang positif Covid-19,” terangnya. 

 

Atau bisa juga mereka menyentuh tempat yang masih ada virus berbahaya tersebut, dan itu tidak disadari. 

 

“Jadi, bukan berarti mereka dalam kondisi sakit, tapi semata kami hanya ingin melakukan sterilisasi pakaiain yang sedang digunakan atau barang bawaan,” urainya.

 

Windi selaku Ketua Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama atau LAZISNU Kalimantan Barat mengatakan kegiatan telah melalui koordinasi.

 

“Kami dari Tim Satgas juga sudah melakukan langkah koordinasi dengan beberapa pihak baik dengan Dinas Kesehatan Kalbar, security bandara Supadio,” katanya. 

 

Dengan demikian, kedatangan para santri di tengah mewabahnya Covid-19 tertangani sesuai dengan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

 

“Pada saat yang sama tidak membuat cemas para wali santri dan keluarga di rumah,” tegasnya.

 

Dirinya mewakili tim Satgas sangat berterima kasih atas kerja sama yang baik dari pihak bandara, Dinkes Kalbar dan Iskab Pusat.

 

“Atas kebersamaan tersebut kegiatan sterilisasi santri terlaksana dengan baik,” katanya. Kendati agak mendadak, tapi penyambutan santri bisa terlaksana dengan baik, lanjutnya.

 

Mashudi sebagai koordinator kedatangan santri dari Iskab Pusat menyambut baik upaya yang dilakukan Tim Satgas NU Peduli Covid 19 di Kalbar.

 

“Semoga apa yang sudah dilakukan untuk para santri yang baru datang di Pontianak bisa membawa manfaat, dan semua santri tetap sehat hingga kembali lagi nanti ke pesantrennya masing masing,” harapnya.

 

 

Kontributor: Abu Yafiq
Editor: Ibnu Nawawi

Artikel Ini Telah Dimuat: NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.