Ditjen Pendis dan Pemda Gayo Lues Jajaki Sinergi Penguatan Pendidikan Islam
Loading...

ARRAHMAH.CO.ID

Jakarta () — Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin hari ini menerima kunjungan Bupati Gayo Lues Muhammad Amru. Kehadiran Bupati untuk menjajaki sinergi dalam penguatan Pendidikan Islam di wilayahnya.

Kepada Kamaruddin, Amru menjelaskan bahwa pihaknya punya tiga program unggulan yang memiliki keterkaitan dengan . Ketiganya adalah program seribu hafidz (penghafal Al-Qur’an), program satu desa satu ulama, program pembangunan madrasah terpadu, dari MI, MTs, hingga MA.

Menurut Amru, dua program yang pertama sudah berjalan dalam dua tahun terakhir. Pemda menjalin kerjasama juga dengan STAIN Gajah Putih Takengon. Untuk program pembangunan, saat ini dalam proses perencanaan.

Loading...

“Kami sudah menyiapkan lokasinya. Program pembangunan ini tengah digodok dengan bidang-bidang terkait. Kami juga mengundang Pak Dirjen untuk hadir melihat langsung lokasi di Gayo Lues,” terang Amru di Jakarta, Senin (09/12).

Hal senada disampaikan Ketua STAIN Takengon Zulkarnain yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut. Menurutnya, kehadiran Bupati Gayo Lues dalam rangka merumuskan MoU tentang penguatan Pendidikan Islam di wilayahnya.

“Sinergi ini akan mulai diimplementasikan pada 2020, diawali dengan penguatan SDM Guru dan tenaga pengajar dalam bidang Tahfiz Al-Qur’an,” ujar Zulkarnain. 

“Bentuknya, bermula dari kuliah pengabdian masyarakat oleh mahasiswa STAIN Takengon dan para dosen ke madrasah dan tempat yang telah ditunjuk oleh Bupati Gayo Luwes,” sambungnya.

Menurut Zulkarnain, Dirjen Pendidikan Islam menyambut baik rencana kerja sama ini. Kamaruddin Amin bahkan mengapresiasi karena belum banyak pemerintah daerah yang peduli terhadap pendidikan Islam.

Zulkarnain menambahkan bahwa STAIN Gajah Putih Takengon juga sudah memiliki MoU dengan Pemda Gayo Lues, utamanya dalam peningkatan kapasitas SDM guru. MoU ini ditandatangani kedua pihak pada 28 November 2019. 

Sinergi penguatan SDM Guru ini akan dilakukan melalui program pascasarjana. STAIN Takengon saat ini sudah menyelenggarakan satu Program Studi, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan Akreditas B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Artikel Ini Telah Dimuat: Kemenag.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.