Beranda News Pendidikan Buka Gebyar PAI TK, Dirjen Pendis Ingatkan Pentingnya Keteladanan bagi Anak

Buka Gebyar PAI TK, Dirjen Pendis Ingatkan Pentingnya Keteladanan bagi Anak

11
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Jakarta (Pendis) — Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) menyelenggarakan Gebyar PAI 2019 bagi siswa dan siswi Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Acara ini diselenggarakan di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap. Hadir, ratusan peserta asal DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kamaruddin Amin dalam sambutannya menyatakan,  semua pihak perlu menanamkan nilai dan karakter pada anak-anak agar menjadi pribadi yang relijius dan nasionalis. “Relijiusitas anak bukan hanya dengan disuruh menghafal,” kata Dirjen di Gor Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Selasa (21/11).

Lebih lanjut, Dirjen Pendis menekankan bahwa setiap anak harus dipastikan mendapatkan dan diberikan keteladanan. “Mereka harus diberikan keteladanan agar mengalami hidup dengan kejujuran, menghargai temannya, guru, orang tua dan lingkungan sekitarnya,” tukas Dirjen.

“Saya meyakini apa yang kita lakukan untuk mereka ini memiliki nilai ibadah di mata Allah dan akan memberi manfaat untuk Indonesia yang akan datang,” imbuhnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Dalam upaya memberi keteladanan itu, lanjut Kamaruddin, pihaknya menekankan pentingnya aspek perseptif anak. Keteladanan harus disampaikan dengan impresif, dengan kesan yang mendalam, agar mampu memberi pengaruh terhadap kehidupan anak-anak.

“Nilai-nilai kejujuran, disiplin, dan penghargaan terhadap sesama harus ditanamkan dengan cara-cara yang bisa memberi mereka kesan mendalam untuk ikut menjalankannya,” terang Dirjen.

Dirjen Pendis juga mengingatkan tentang pentingnya penanaman nilai-nilai nasionalisme. “Pada anak-anak penting juga ditanamkan nilai-nilai kecintaan pada bangsa dan negara. Pada mereka perlu diajarkan dan hafal Pancasila hingga mereka sadar sebagai orang Indonesia dan muslim,” terang Kamaruddin. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Rohmat Mulyana menyampaikan latar belakang pelaksanaan Gebyar PAI 2019. “Pertama, memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik pada TK yang beragama Islam untuk mengembangkan dan mengeskpresikan diri dalam bakat, minat, kemampuan, dan potensi pada aspek keterampilan dan seni PAI,” tukas Rohmat

Kedua, lanjut Direktur, membangun aspek Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) yang baik sedini mungkin di kalangan anak usia TK. “Dan ketiga, membangun ukhuwah islamiyah di kalangan guru, orang tua, anak-anak, dan pengelola TK dan PAUD,” urainya.

Gebyar PAI 209 Siswa dan Siswi TK dimeriahkan dengan berbagai eksibisi seni dan keterampilan anak PAUD dan TK, di samping eksibisi hafalan doa dan hadits. Selain itu, terdapat juga hiburan dongeng oleh beberapa penampil. (Han/SM)

Artikel Ini Telah Dimuat: Kemenag.go.id

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.