Beranda News Pendidikan Kompetisi Robotik, Kembangkan Karakter dan Saintek Siswa Madrasah

Kompetisi Robotik, Kembangkan Karakter dan Saintek Siswa Madrasah

17
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Surabaya () — Kompetisi Robotik Madrasah merupakan upaya Kementerian Agama dalam mengembangkan dan mensingkronkan aspek saintek dan karakter siswa madrasah.

Hal ini disampaikan Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah , A. Umar di sela-sela berlangsungnya Kompetisi Robotik Madrasah, di Grand City Mall Surabaya, Minggu (17/11).

Dikatakan Umar, aspek sainteknya adalah anak-anak menggabungkan dari sekian materi ilmu pengetahuan. Misalnya, lanjut Umar, menggabungkan ilmu Fisika, ilmu Komputer, ilmu pemrogaman, yang diramu menjadi kesatuan, yang kemudian menjadi robotik.

Dari aspek karakter, lanjut Umar, para siswa selama dua hari dituntut ketekunan dan kekompakan kerjasama tim. “Dari pagi sampai sore, peserta dituntut untuk membangun kekompakan bersama tim, dituntut ketekunan dan ketelitian, agar robot yang mereka tampilkan berjalan dengan baik,” ujar Umar.

Hosting Unlimited Indonesia

“Ini menguji karakter kebersamaan, toleransi dan kesabaran peserta,” imbuhnya.

Menurutnya, ini menjadi bekal anak-anak di masa depan, bekal kompetensi sains dan karakter yang kuat. “Dengan kompetisi yang bagus, anak anak siap mengahadapi tantangan jaman,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Umar, Kompetisi Robotik Madrasah, diharapkan memberikan rangsangan bagi siswa madrasah untuk mempersiapkan diri menghadapi era industry 4.0 dengan lebih bersemangat belajar, khususnya di bidang teknoligi, robotika dan otomasi. 

Umar bersyukur, walaupun di madrasah tidak ada kurikulum robotik, tetapi perkembangan robotik di madrasah sangat signifikan. ” akan terus melakukan pendampingan bagi siswa yang minat di bidang robotik. Kita akan terus dorong bagi juara nasional, untuk ikut kompetisi tingkat regional bahkan internasional,” tegas Umar.

Kompetisi Robotik Madrasah  tahun 2019 ini mengusung tema “Robots Save The Earth :Green Energy and Environmental Issues atau Robot Penyelamat Lingkungan. Kegiatan diikuti 150 tim, terdiri atas Kategori Rancang Bangun tingkat MI (30 tim), MTs (30 tim), dan MA (30tim). Ada juga Kategori Robot Pemilah Sampah untuk tingkat MTs (30 tim), dan Kategori Mobil Robot IoT tingkat MA (30 tim).

Kompetisi ini digelar selama dua hari, 16-17 November 2019.

Artikel Ini Telah Dimuat: Kemenag.go.id

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.