Beranda News Pendidikan Buka ACRP, Dirjen Pendis: Penelitian Kemenag Harus Berdampak

Buka ACRP, Dirjen Pendis: Penelitian Kemenag Harus Berdampak

14
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Buka ACRP, Dirjen Pendis: Penelitian Harus Berdampak

  • Rabu, 18 September 2019 18:11 WIB

Serpong () — menggelar kembali temu peneliti Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dalam Annual Conference on Research Proposal (ACRP). Gelaran kali ketiga ini berlangsung di Serpong, 17-19 September 2019.

ACRP 2019 dibuka oleh Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, mewakili Menag Lukman Hakim Saifuddin. Hadir para peneliti PTKI yang akan mempresentasikan proposal penelitian yang akan dilakukan pada tahun 2020.

“Research yang dibiayai oleh harus terlihat dampak keilmuan, dampak ekonomi, dampak politik, dampak sosial, dan dampak lainnya,” demikian Kamaruddin Amin mengingatkan para peserta ACRP yang juga akademisi PTKI, di Serpong, Rabu (18/09). 

Hosting Unlimited Indonesia

Menurutnya, akademisi ditantang untuk melahirkan karya-karya munumental. Kamaruddin mencontohkan kalangan orientalis yang mampu melahirkan karya-karya monumental dan cukup mempengaruhi dunia.

“Penelitian harus dapat mengkapitalisasi potensi kita di Indonesia. Dengan perkataan lain, produk penelitian ini harus berdampak dan menyentuh pada kehidupan masyarakat,” tegasnya.

“Produk penelitian harus bisa kita publish pada jurnal-jurnal bereputasi tinggi,” sambungnya.

Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini menilai secara kuantitas  penelitian dosen PTKI sudah sangat banyak. Namun, secara kualitas masih perlu dieksplore dengan baik.

“Ke depan, harus ada peningkatan research secara kualitatif. Peneliti PTKIN dan PTKIS juga harus bisa mengakses berbagai sumber pendanaan penelitian di luar Kementerian,” tandasnya.

ACRP 2019 mengusung tema “Meneguhkan Khittah PTKI sebagai Basis Moderasi Beragama melalui Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat”. (Swd) 

Sumber : Diktis
Penulis : Kontri
Editor : Khoiron

Artikel Ini Telah Dimuat: Kemenag.go.id

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.