Beranda News Pendidikan Perdana, KSM 2019 Libatkan Siswa di luar Madrasah

Perdana, KSM 2019 Libatkan Siswa di luar Madrasah

24
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Jakarta () — Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional tahun 2019 akan digelar pada 16-21 September mendatang. Berbeda dengan sebelumnya, KSM Nasional tahun ini juga diikuti siswa sekolah umum.

“KSM ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama melalui Direktorat  Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, agar kita bisa menggali potensi anak-anak madrasah yang cukup baik,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai rapat persiapan gelaran KSM Nasional 2019 bersama jajaran Ditjen KSKK di ruang kerja Menag, Jakarta, Jum’at (30/08).

Disampaikan Menag Lukman, KSM diharapkan menjadi tempat aktualisasi diri, yang sifatnya nasional dalam mengembangkan SDM anak-anak bangsa. Selain itu, lanjut Menag, KSM Nasional tahun 2019 ini terlihat berbeda dikarenakan kita membuka diri dengan anak didik di luar madrasah.

Berita Terkait : Mengenal Simadrius, Maskot Kompetisi Sains Madrasah 2019

Hosting Unlimited Indonesia

“Kompetisi ini bisa diikuti sebanyak mungkin oleh anak didik yang mengenyam pendidikan di luar madrasah,” kata Menag.

Menag Lukman Hakim Saifuddin (foto: Bella)

Selain berkompetisi, kata Menag, anak-anak didik di madrasah bisa menambah dan mempunyai teman tidak hanya dari madraah, namun sekolah umum. Oleh karenanya, Menag Lukman berharap kegiatan KSM Nasional tahun 2019 ini senantiasa dapat menciptakan suasana kompetisi yang adil dan peluang yang sama untuk mengaktualisasikan diri.

“Selain membuka diri bagi sekolah umum, meningkatkan kualitas KSM dengan membuat sains tidak terpisahkan dari Islam. Islam sangat kaya dengan sains, sebagaimana sains adalah pengejawantahan, manifestasi nilai Islam,” tambah Menag.

Berita Terkait: KSM 2019, Integrasikan Sains dan Islam Untuk Madrasah Hebat Bermartabat

Direktur KSKK Madrasah Ahmad Umar sebelumnya melaporkan bahwa KSM Nasional tahun 2019 ini akan diikuti perwakilan siswa-siswa madrasah dari 34 Provinsi dan juga siswa-siswi di luar madrasah. KSM Nasional tahun 2019, dikatakan Ahmad Umar, bertujuan sebagai wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah.

Direktur KSKK Madrasah Ahmad Umar (foto: Bella)

Bahkan, lanjut Ahmad Umar, KSM Nasional tahun 2019 dapat menjadi ajang yang efektif dan strategis dalam rangka memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kakanwil Sulut Abdul Rosyid yang juga hadir dalam rapat menyampaikan bahwa Sulut siap sebagai tuan rumah KSM Nasional tahun 2019. Bahkan Kakanwil sudah berkoordinasi dengan Pemprov Sulut melalui Sekda, bahwa Pemprof Sulut sangat mengapresiasi kegiatan KSM 2019 ini.

“Berharap Menag bisa hadir dan memberi penguatan semangat kepada semua peserta KSM,” kata Abdul Rosyid menyampaikan pesan dari Pemprof Sulut.

bekerjasama dengan MetroTV untuk menyiarkan even KSM. Menurut perwakilan MetroTV Aldasni, kerjasama dengan sudah terjalin dalam beberapa tahun, antara lain terkait publikasi Hari Santri dan Syiar Anak Negeri. Dengan pengalaman tersebut, Aldasni berkomitmen untuk lebih total membantu dalam mempublikasi kegiatan-kegaitan KSM di Manado.

“Dengan pengalaman event-event sebelumnya, kami akan full untuk KSM di Manado. Akan ada langsung terjun tim editor agar bisa hasilnya segera tayang untuk dinikmati masyarakat luas,” kata Aldasni.

Artikel Ini Telah Dimuat: Kemenag.go.id

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.