Beranda News Pendidikan IsDB Apresiasi Manajemen Project 4in1 Kementerian Agama

IsDB Apresiasi Manajemen Project 4in1 Kementerian Agama

13
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Jakarta () — Head of Regional HUB IsDB, Deni Fauzi Ahmad, mewakili President Representative IsDB Sout East Asia, mengapresiasi manajemen pengelolaan project 4in1 Kementerian Agama. Deni menilai manajemen yang diterapkan sangat bagus dan menjadi salah satu yang terbaik dari dari project-project yang digawangi IsDB di Indonesia.

“Saya akui, sistem informasi yang dibangun dan updating data oleh teman-teman PMU 4in1 melalui http://siprafourinone.info/ bisa menyajikan data yang real time dan akuntabel,” kata Deni pada pada Konsinyering Pengembangan Program 4in1 di kawasan TB Simatupang, Jakarta (27/08). 

Atas prestasi ini, IsDB berkomitmen menindaklanjuti pengajuan loan extension tahap II dari PMU 4in1 Kementerian Agama.

Islamic Development Bank (IsDB) telah menggelontorkan dana pinjaman sebesar 1,03 trilyun pada tahun 2014 melalui program 4in1. Dana ini diperuntukan bagi pembangunan 33 gedung di 4 kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTKIN). Keempat PTKIN tersebut adalah UIN Sumatera Utara, UIN Palembang, UIN Semarang, dan UIN Mataram. 

Hosting Unlimited Indonesia

Selain pembangunan gedung, IsDB juga memberikan pinjaman sekitar 300 miliar untuk peralatan laboratorium, perpustakaan dan planetarium. Proses pembangunan tersebut kini hampir selesai. Pencairan anggaran (last date of disbursemen, LDD) terakhir akan jatuh pada 11 Maret 2020.

“Saya menginstruksikan kepada  Project Mangement Unit (PMU) 4in1 selaku wakil dari Kementerian Agama untuk kerjasama dengan IsDB secara intensif, terus melaporkan progress pembangunan, berapa dana yang telah terserap dan berapa lagi sisa yang harus dipergunakan agar pembangunan di keempat kampus PTKIN ini segera selesai,” pesan Sesditjen Pendidikan Islam Imam Safei.

Sebelumnya, Ketua PMU 4in1, Mizan Sya’roni, melaporkan bahwa untuk pembangunan gedung diperkirakan akan selesai pada akhir 2019. Namun demikian, Kementerian Agama akan mengajukan perpanjangan pinjaman kepada IsDB hingga akhir 2020. Hal ini karena ada satu peralatan yang pemesanannya membutuhkan waktu cukup lama. 

“Purchase order (red: pemesanan barang) untuk peralatan planetarium di UIN Walisongo Semarang membutuhkan waktu sekitar delapan bulan, sehingga dipastikan akan melampaui LDD,” kata Mizan menjelaskan alasan perlunya perpanjangan pinjaman.

“Belum lagi harus dihitung installmen anchor dan commissioning-nya,” imbuh pria asli Pati, Jawa Tengah, yang sempat kuliah di McGill University untuk gelar masternya.

Hadir pada acara ini, para pengelola PMU 4in1, di antaranya: Kepala Sub Bagian (Kasubag) Pelaksanaan Anggaran dan Perbendaharaan (Ida Miladi), Kasubag Perencanaan dan Anggaran (Kartika Sari), sejumlah ASN Ditjen Pendis dan para pengajar, di antaranya guru besar pengelola PMU 4in1 dari keempat kampus PTKIN.

Artikel Ini Telah Dimuat: Kemenag.go.id

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.