Beranda News Nor Diana, Pegulat Perempuan Berhijab Pertama di Dunia

Nor Diana, Pegulat Perempuan Berhijab Pertama di Dunia

8
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Kuala Lumpur,

Nor Diana merupakan seorang pegulat perempuan yang mengenakan hijab pertama di dunia. Perempuan berusia 19 tahun ini berasal dari Malaysia. Dia menjadi ‘buah bibir’ di media sosial setelah menjadi pemain gulat dan memicu kaum hawa agar berminat terhadap olah raga. 

Nor Diana ambil bagian dalam ajang Malaysia Pro Wrestling (MyPW), sebuah ajang gulat yang mirip World Wrestling Entertainment (WWE). WWE adalah kejuaraan yang sangat populer di Amerika Serikat (AS).Berbeda dengan gulat olimpiade, yang mencari kemenangan, MyPW dan WWE hanyalah sebuah hiburan sehingga hasilnya sudah ditentukan di awal. Kalau di Indonesia, ajang ini semacam ‘smackdown.’

Tingginya hanya 155 sentimeter dan berat badannya 43 kilogram. Meski demikian, dengan ketangkasan dan kegesitannya, Nor Diana berhasil menumbangkan lawan-lawannya di atas ring di hadapan ratusan penonton. 

Hosting Unlimited Indonesia

Kelompok konservatif kerap kali melontarkan kritik terhadap Nor Diana karena aksinya di atas ring gulat yang mengenakan jilbab. Namun, dia menanggapi dengan ‘santai.’ Nor Diana menegaskan, dirinya akan melakukan apa yang disukainya dan tidak ada yang bisa menghentikannya.   

“Meskipun saya Muslim, dan mengenakan jilbab, tidak ada yang bisa menghentikan saya untuk melakukan apa yang saya sukai,” kata Nor Diana di atas ring, setelah dirinya memenangkan pertarungan baru-baru ini, seperti dilaporkan kantor berita AFP, Rabu (17/7).

Nama samaran

Nor Diana mengaku, namanya itu adalah nama samaran. Dia memilih untuk menyembunyikan identitas aslinya. Nor Diana memiliki kehidupan yang ‘kontras’ ketika dirinya berada di atas dan di luar ring. Ketika di luar ring, dia adalah gadis yang pemalu bersuara lembut, dan aktivitas sehari-harinya bekerja di sebuah rumah sakit.

Sementara ketika di atas ring dan mengenakan kostum gulatnya, Nor Diana berubah menjadi ‘phoenix’ yang sangat menakutkan, bergerak cepat, dan selalu ingin menang. “Sebagai ‘Phoenix’, saya adalah seseorang yang sama sekali berbeda. Dia mungkin kecil, tetapi dia bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dibayangkan orang,” kata Nor Diana.

Nor Diana mengaku terjun ke dunia gulat untuk pertama kalinya pada akhir 2015. Saat itu, dia pertama-tama ikut latihan gulat. Beberapa bulan kemudian, Nor Diana menjalani debut perdananya sebagai seorang pegulat. Dikatakan dia, menjadi pegulat adalah impiannya sejak remaja. 

“Pada awalnya sulit bagi saya, karena banyak orang mengatakan bahwa saya tidak boleh bergulat karena saya seorang muslim dan mengenakan jilbab,” kenangnya. Namun Nor Diana memilih untuk terus melangkah maju hingga akhirnya mendapatkan dukungan dari keluarganya. Dan pada Juli 2019, Nor Diana meraih kesuksesannya. Dia berhasil meng-KO empat pegulat pria dan menyabet juara gulat Malaysia.

Bertopeng

Nor Diana menceritakan, semula dirinya mengenakan topeng tiap kali tampil di atas ring. Hal itu dimaksudkan agar orang-orang tidak mengenalinya. Tapi, akhirnya dia menanggalkan topengnya setelah kalah dalam sebuah pertandingan tahun lalu.

Awalnya ia khawatir akan reaksi orang-orang atas dirinya pada saat itu. Akan tetapi, lambat laun popularitas Nor Diana semakin meningkat sejak saat itu. Banyak orang yang mengikuti Nor Diana di media sosialnya. Secara tidak langsung, popularitas Nor Diana juga ikut membantu meningkatkan reputasi gulat di Malaysia. Diketahui, di Malaysia ada dua pegulat wanita dan Nor Diana adalah salah satunya. (Red: Muchlishon)

Artikel Ini Telah Dimuat: NU Online

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.