Beranda News Pendidikan Dirjen Pendis: PIONIR Strategis Kembangkan Semangat Riset, Olahraga dan Seni

Dirjen Pendis: PIONIR Strategis Kembangkan Semangat Riset, Olahraga dan Seni

9
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Malang () — Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamarudin Amin mengatakan tantangan bangsa Indonesia, kian hari kian komplek. 

Jumlah penduduk yang besar, keanekaraaman suku, agama, dan budaya, gugusan pulau yang membentang luas dengan kekayaan alam yang melimpah ruah, di satu sisi menjadi peluang mengantarkan Indonesia sebagai negara besar, namun di sisi lain menjadi tantangan.

Sebagai bangsa besar, lanjut Kamarudin, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas unggul. Profil manusia Indonesia yang sehat, kuat, cerdas dan berakarakter serta mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi tambatan. 

“Pengalaman telah menunjukan, betapa pembangunan fisik yang mengabaikan pembangunan mental-spiritual, hanya akan melahirkan manusia-manusia yang pongah dan tidak berintegritas,” kata Kamarudin Amin saat menyampaikan sambutan di pembukaan Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke IX yang dipusatkan di Lapangan UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang pada Senin (15/07) malam. 

Hosting Unlimited Indonesia

Ia menambahkan, institusi pendidikan tinggi, termask PTKIN berperan penting, untuk menyiapkan manusia yang berilmu dan professional. Namun tidak kalah pentingnya adalah menjadikan generasi bangsa sebagai generasi yang kreatif, bugar dan sehat serta mempunyai daya imanjinasi dan apresiasi terhadap seni. 

Ikhtiar mencerdaskan anak bangsa, yang dibarengi dengan sehat jasmani dan rohani, keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri dan berkembangnya kapasitas dan kreatifitas mahasiswa, terus dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, melalui berbagai kebijakan dan program. 

Mahasiswa yang cerdas intelektual, moral, emosional dan sosial, menjadi komitmen yang harus dijunjung tinggi.

Melalaui even ini, mahasiswa di dorong untuk mempunyai kemampuan menemukan (inventor), menciptakan (creator) dan melakukan pembaharuan (inovasi) agar mampu berkompetisi dengan anak bangsa lainnya. 

“PIONIR dimaksudkan sebagai sarana strategis, mengembangkan semangat riset, olahraga, seni di kalangan mahasiswa PTKIN. Saya berharap, akan muncul ilmuwan, olahragawan, seniman dan peneliti-peneliti muda. Pada saat yang bersamaan, muncul sosok mahasiswa kreatif dan kompetitif yang berkontribusi pada pembangunan bangsa,” harap Kamarudin.

“PIONIR harus kita jadikan piranti untuk mengeksplorasi beragam potensi mahasiswa. Selama ini kita berbangga hati, putra-puteri kita telah menunjukan prestasi yang membangkan dikancah nasional dan internasional,” lanjutnya. 

Kisah sukses para mahasiswa di event kompetisi bergengsi tingkat nasional dan internasional ini, harus dilebarkan ruang geraknya, sehingga makin banyak para mahasiswa mengakses forum-forum ilmiah, ajang seni dan olahraga. 

“Kita juga harus menyiapkan mahasiswa yang dapat mengurai masalah-masalah kehidupan, dengan basis ilmu dan riset yang terpercaya,” tutur Kamarudin.

Kepada para mahasiswa peserta PIONIR, Kamarudin berpesan, gunakan kesempatan langka ini dengan baik, karena di belakang para peserta tidak sedikit mahasiswa yang ingin ikut ambil bagian dieven ini. 

“Ikutilah perlombaan dan pertandingan ini dengan sportif, yang dijiwai dengan semangat kebersamaan. Menjadi juara memang penting, namun menjaga kejujuran dan akhlakul karimah jauh lebih penting,” pesannya.

Kamarudin pun menyingung pesan Billie Jean King, seorang olahragawan ternama yang mengatakan “Sports teaches you character, it teaches you to play by the rules, it teaches you to know what it feels like to win and lose-it teaches you about life.” 

(Olahraga itu mengajarkan kita bagagaimana caranya mengikuti aturan yang berlaku, mengajarkan kita rasa lega ketika menang dan kecewa ketika kalah. Hal seperti ini juga kita temukan dalam kehidupan sehari-hari kita).

“Akhirnya, saya ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya PIONIR ke IX Tahun 2019 di UIN Maliki Malang. Semoga Alloh meridloi atas apa yang kita ikhtiarkan dan bermanfaat untuk kemajuan bangsa,” tandas Kamarudin.

Artikel Ini Telah Dimuat: Kemenag.go.id

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.