Beranda News Laksanakan Tugas, Petugas Haji Harus Kedepankan Kemanusiaan

Laksanakan Tugas, Petugas Haji Harus Kedepankan Kemanusiaan

7
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Bandarlampung,
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung H Suhaili mengatakan bahwa pelayanan haji dari tahun ke tahun sudah semakin baik dan meningkat. Banyak elemen yang ikut berperan dalam pelaksanaannya seperti kementerian dan pemerintah daerah.

“Pelayanan sudah baik. Penilaian sudah mendapat 85. Jangan sampai penilaian ini mengalami penurunan,” pesannya kepada para petugas haji Provinsi Lampung saat Konsolidasi di Asrama Haji Islamic Centre Lampung, Senin (24/6).

Oleh karenanya ia berpesan agar para petugas dapat semaksimal mungkin melaksanakan tugasnya sebagai bentuk tanggung jawab sekaligus ibadah. Mengutip ayat Al-Qur’an ia mengingatkan bahwa siapa yang berbuat kebaikan maka baginya balasan sebanyak 10 kali lipat.

Tantangan petugas saat ini menurutnya semakin kompleks. Pasalnya saat ini jumlah jama’ah haji semakin banyak karena penambahan kuota jama’ah sebanyak 10 ribu jama’ah untuk Indonesia.

Hosting Unlimited Indonesia

“Jangan dikhianati dan menyia-nyiakan amanah yang sudah diberikan. Kerjakan sebaik mungkin dengan perkuat konsolidasi sesama petugas,” tegasnya kepada petugas haji Provinsi Lampung yang hadir.

Foto: Para Petugas Haji Provinsi Lampung

Hal ini bisa dilaksanakan dengan mempraktikkan teori dan materi yang telah didapat selama pembekalan saat nantinya terjun di lapangan. Ia mengingatkan agar para petugas mengedepankan kemanusiaan dalam bertugas dengan bekerja secara kolektif dan benar-benar ikhlas.

“Tolong dijaga dan jangan kerja sendiri-sendiri,” pesannya sekaligus optimis jika petugas ikhlas maka akan menjadi haji yang mabrur dan senantiasa mendapatkan lindungan dari Allah SWT. 

Pada konsolidasi yang dilaksanakan satu hari tersebut, para petugas diberikan berbagai materi dan pengarahan sebagai panduan untuk melaksanakan tugas. Kebersamaan petugas juga diperkuat dengan dilaksanakan diskusi setiap kelompok kerja seputar pelaksanaan tugas nanti.

Kegiatan yang di ikuti oleh 144 orang petugas tersebut mengangkat tema Petugas Haji adalah Kebanggaan, Amanah, dan Tanggung Jawab.

Pada musim haji tahun 2019 ini, calon jama’ah haji beserta petugas haji dari Provinsi Lampung berjumlah 7.488 orang. Jumlah ini terbagi menjadi 19 kelompok terbang yang akan dimulai pada 11 Juli sampai dengan 5 Agustus 2019.

Berdasarkan jadwal resmi yang dikeluarkan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dan ditandatangani oleh Kepala Kanwil Kemenag H Suhaili selaku Kepala Staff Penyelenggara Haji tertanggal 11 Juni 2019, sebagian calon jama’ah haji dari Lampung masuk pada gelombang 1 dan sebagian ada yang diterbangkan pada gelombang 2. (Muhammad Faizin)

Artikel Ini Telah Dimuat: NU Online

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.