Beranda Islami Ini Istri-Istri yang Diceraikan Rasulullah SAW

Ini Istri-Istri yang Diceraikan Rasulullah SAW

73
0

ARRAHMAH.CO.ID –

Banyak perempuan yang mendamba-dambakan menjadi istri Rasulullah Saw. Beberapa bahkan menghibahkan dirinya untuk Nabi SAW. Namun di samping itu, ternyata Rasulullah SAW pernah menceraikan istrinya, diantara istri-istri yang diceraikan Rasulullah SAW yaitu:

Nama lengkapnya Aliyah binti Dzibyan bin Amr bin Auf bin Abd bin Abi Bakr bin Kilab al-Kilabiyah. Perempuan dari Bani Rabiah ini dikenal sebagai ummul masaakin (Ibu orang-orang miskin), karena kegemarannya dalam bersedekah.

Rasulullah SAW pernah menikahinya tapi kemudian menceraikannya. Setelah bercerai dengan Rasulullah, Aliyah kemudian dinikahi oleh sepupunya dan melahirkan keturunan darinya. Ketika itu ayat tentang larangan menikahi istri-istri Nabi belum turun, sehingga menikahi perempuan yang pernah dinikahi Nabi masih diperbolehkan.

Umaimah binti Nu’man al-Jauniyah

loading...

Pertemuan Rasulullah Saw dengan Umaimah berawal dari perjalanannya bersama para sahabat. Dalam hadis riwayat Ahmad, Abu Said al-Khudri berkisah “Kami pergi bersama Rasulullah Saw, hingga sampailah di suatu perkebunan yang bernama Syauth. Kami berhenti di antara dua kebun. Kemudian Rasulullah Saw bersabda “Duduklah di sini”.

Maka kami pun dipersilahkan untuk singgah di rumah yang ada di kebun kurma milik Umaimah binti Nu’man bin Syarohil. Ketika itu ia sedang bersama pelayannya. Maka ketika Rasulullah Saw mendatanginya beliau berkata “Berikanlah dirimu untukku”. Namun Umaimah justru menjawab “Apakah pantas apabila seorang ratu memberikan dirinya kepada seseorang yang bukan raja?”

Setelah resmi menjadi istri Rasulullah Saw, beliau pun mendekatinya seraya menjulurkan tangannya kepadanya. Namun Umaimah menjauh seolah-olah tak menyukainya, ia lalu berkata “Aku berlindung kepada Allah darimu”. Maka beliau pun bersabda “Sesungguhnya engkau telah berlindung dengan Dzat Yang Maha Agung, maka kembalilah kepada keluargamu”.

Maka Rasulullah Saw pun keluar dari kamarnya dan menceraikannya sebelum menggaulinya, beliau kemudian menemui Abu Usaid dan berkata “Berikanlah ia dua baju dari Persia dan kembalikanlah ia kepada keluarganya”.

Dalam riwayat lainnya disebutkan bahwa namanya ialah Asma binti Nu’man, begitu pula disebutkan dalam kitab al-Ishabah fii tamyiiz ash-shahabah. Namun ada perbedaan pendapat mengenai sebab perceraiannya dengan Rasulullah SAW.

Amrah binti Yazid bin al-Jaun

Rasulullah SAW pernah menikahi Amrah binti Yazid namun kemudian beliau menceraikannya sebelum menggaulinya. Adapun sebab perceraiannya dikarenakan Amrah memiliki penyakit kusta. Ada pula yang mengatakan bahwa Amrah lah yang berlindung kepada Allah dari Nabi. Rasulullah SAW kemudian menceraikannya dan memerintahkan Usamah bin Zaid untuk memberikan tiga pakaian kepada Amrah.

Wallahu a’lam bisshawab

Artikel Ini Telah Dimuat: ISLAMI.CO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.