Beranda News Tradisi Baik di Masyarakat Hendaknya Dijaga dan Dilestarikan

Tradisi Baik di Masyarakat Hendaknya Dijaga dan Dilestarikan

4
0

ARRAHMAH.CO.ID

Lombok Tengah,

Banyak keunikan yang melingkupi Islam di Indonesia. Lewat kedewasaan para ulama, kegiatan yang awalnya semata seremonial, mampu menjadi sarana merekatkan kebersamaan. Itulah kelebihan para pendahulu negeri ini, termasuk dalam menggagas tradisi halal bi halal.

Dalam pandangan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Nusa Tenggara Barat (NTB),  halal bi halal adalah termasuk tradisi baik yang tentu saja layak untuk dipertahankan. Karena dari tradisi ini, banyak hal positif yang bisa diraih, khususnya dalam menjaga kebersamaan.

“Tradisi halal bi halal harus tetap kita laksanakan dan ini perlu dilestarikan untuk membangun sisi-sisi kesatuan,” kata TGH Masnun Tahir M, Kamis (13/6).

loading...

Penegasan tersebut disampaikannya pada kegiatan halal bi halal dan reuni akbar alumni yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Qomarul Huda, Bagu, Pringgarata, Lombok Tengah, NTB. 

Dalam pandangan pria yang juga guru besar di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram ini, bahwa tradisi halal bi halal adalah sebagai wahana untuk menumbuh kembangkan kesadaran silaturahim. “Terutama antara tuan guru L Muhammad Turmudzi selaku pengasuh pesantren dan Rais PWNU NTB,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini sangat penting menjaga dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya bersilaturahim. “Untuk memastikan hubungan baik antara tokoh agama dengan jamaah, guru dengan murid, dan jamaah dengan jamaah,” urainya.

Lebih lanjut, TGH Masnun Tahir mengemukakan kegiatan yang berlangsung sebagai forum dan majelis silaturahim. “Halal bi halal tempat bertemunya tuan guru dengan jamaahnya, guru dengan murid atau alumni, dan bahkan kita sesama jamaah NU dapat bersilaturahim bersama,” terangnya.

Oleh sebab itu, momentum apapun yang menurutnya memberikan dampak positif untuk kemajuan agama dan bangsa harus dilestarikan. “Termasuk melestarikan tradisi halal bi halal pada kalangan jamaah nahdliyin,” tegasnya.

Pada kegiatan halal bi halal ini tampak hadir, Ketua PWNU NTB, TGH Masnun Tahir, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Lombok Tengah L Fathul Bari, serta puluhan tokoh ormas, OKP dan ribuan jamaah NU setempat. (Hadi/Ibnu Nawawi)

Artikel Ini Telah Dimuat: NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.