Beranda News Haul Kiai Sholeh Darat, Gairahkan Ekonomi Masyarakat

Haul Kiai Sholeh Darat, Gairahkan Ekonomi Masyarakat

9
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Semarang,
Pesona Kiai Sholeh Darat sungguh luar biasa. Kendati telah wafat lebih seabad yang silam, namun keharuman nama ulama yang menulis banyak kitab tersebut,  tak pernah berkurang. Ini bisa dilihat dari peringatan haul ke-119 Kai Sholeh Darat yang jatuh pada hari ini, Jumat, 14 Juni 2019. Sejak tiga hari lalu, ribuan peziarah sudah hilir mudik memadati makamnya yang terletak di Taman Pemakaman Umum (TPU) Bergota, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Ketua Komunitas Pecinta Kiai Sholeh Darat (KOPISODA), KH In’amuzzahidin, berjejalnya  para peziarah yang datang ke kediaman keluarga Kiai Sholeh Darat dan makamnya untuk turut serta berdoa dalam peringatan  haul tersebut menunjukkan kemuliaan dan kharisma beliau.

Di luar itu, peringatan haul tersebut juga memberikan manfaat lain, yaitu bergairahnya kegiatan ekonomi masyarakat sekitarnya, mulai dari  transportasi, penjual makanan hingga tukang parkir.

Walaupun demikian, KH In’amuzzahidin berharap agar masyarakat tidak menggunakan jurus aji mumpung dalam memanfaatkan peringatan haul tersebut, khususnya tukang parkir. Ia mengaku mendapat banyak keluhan terkait mahalnya tarif parkir kendaraan peziarah.

Hosting Unlimited Indonesia

“Yang wajar saja tarif parkirnya. Ini peringatan haul seorang ulama, bukan pertunjukan hiburan,” tukasnya.

Di tempat terpisah, Kabag Kesra Pemkot Semarang, Ari Djoko Santoso memastikan peringatan haul Kiai Sholeh Darat berjalan kondusif dengan melibatkan Satpol PP, Linmas dan dibantu pengawasan keamanan dari Polri dan TNI. Ia berjanji peziarah terlayani dengan maksimal, diberi kenyamanan dengan dipasang tenda tratak, disuguhi makanan dan minuman saat haul, serta dijaga kendaraannya.

“Pemkot Semarang berkomitmen melayani dengan baik. Kita upayakan agar peziarah di makam Kiai Sholeh atau umumnya di Bergota merasa nyaman. Kami akan pasang tratak agar tidak kepanasan saat berdoa. Dan kami minta agar parkir ditata yang baik. Satpol PP akan dikerahkan,” paparnya. (Mohammad Ichwan/Aryudi AR).

Artikel Ini Telah Dimuat: NU Online

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.