Beranda News Halal bi Halal Memperbarui Persaudaraan dengan Memaafkan

Halal bi Halal Memperbarui Persaudaraan dengan Memaafkan

6
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Sekadau,

Halal bi halal adalah tradisi yang telah diwariskan pendahulu yakni kiai Nahdlatul Ulama. Oleh karena itu, tugas generasi saat ini adalah menjaga kebaikan para pendahulu karena sarat dengan manfaat.

Penegasan tersebut disampaikan Abah Tohidin pada pelantikan Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Padak, Kecamatan Belitang, Sekadau, Kalimantan Barat (Kalbar).

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sekadau ini berpesan agar nahdliyin menjaga tradisi halal bi halal. “Karena kegiatan tersebut merupakan warisan para pendahulu NU,” katanya, Rabu (12/6). 

Hosting Unlimited Indonesia

Dalam pandangannya, banyak hal yang bisa diraih dengan melestarikan halal bi halal. “Dalam halal bi halal terdapat poin penting yaitu berkumpulnya masyarakat sesama Muslim untuk saling bermaafan,” jelasnya.

Manfaat lain yang dapat dipetik dari tradisi kiai tersebut bisa memperbarui persaudaraan. “Keberadaan halal bi halal dalam rangka memperbaharui persaudaraan dan melebur segala kesalahan,” urainya. 

Demikian pula keuntungan saat di akhirat akan turut dipetik kelak. “Diharapkan dengan menjaga tradisi halal bi halal, pada hari kiamat nanti dapat saling memberi syafaat antara Muslim satu dengan yang lain,” jelasnya.

PR GP Ansor Desa Padak, Kecamatan Belitang melakukan pelantikan di Masjid Hidayatullah. Kegiatan dihadiri ratusan warga dan kader NU di kawasan setempat. 

Tampak hadir tokoh NU yakni Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Belitang, Kiai Mawardi. Juga Ustadz Ismullah Anas Al Hafidz, kader NU Kecamatan Sekadau Hilir,  juga tokoh masyarakat sekitar. 

Pengukuhan langsung dipimpin Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Sekadau, MA Sidiq. 

“Saya berpesan kepada seluruh pengurus yang telah dikukuhkan agar dapat menjalankan amanah sebagai pengurus sesuai dengan sumpah janji yang telah diucapkan,” harapnya.

Usai pengukuhan, acara dilanjutkan dengan halal bi halal. Kiai Mawardi mewakili MWCNU Kecamatan Belitang mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1440 H dan meminta maaf atas segala salah, 

Pelantikan pengurus dan halal bi halal diakhiri mushafahah atau bersalaman. (Ibnu Nawawi)

Artikel Ini Telah Dimuat: NU Online

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.