Beranda Islami Siapakah Ruh yang Turun ke Bumi Saat Lailatul Qadar?

Siapakah Ruh yang Turun ke Bumi Saat Lailatul Qadar?

74
0

ARRAHMAH.CO.ID –

Kita mulai menjawab pertanyaan ini dari Tafsir Ibn Katsir. Ibn Katsir mengatakan bahwa pembahasan tentang ruh dalam QS. Al-Qadar: 4 ini telah beliau jelaskan saat membahas ayat lain, yaitu QS. An-Naba’ ayat 38:

Pada hari, ketika ruh dan para malaikat berdiri bersaf-saf, mereka tidak berkata-kata kecuali siapa yang telah diberi izin kepadanya oleh Tuhan Yang Maha Pemurah; dan ia mengucapkan kata yang benar.”

Pada pembahasan ayat di atas, Ibn Katsir menyampaikan sejumlah pendapat di antaranya ruh ini maksudnya arwah bani Adam, ada pula yang bilang ini Malaikat yang besarnya sama dengan seluruh makhluk digabung jadi satu, ada yang bilang ruh ini maksudnya Malaikat Jibril, dan juga masih ada pendapat lainnya. Wal hasil, Ibn Katsir menguatkan pendapat bahwa ruh yang di maksud adalah Bani Adam alias manusia.

Pendapat Ibn Katsir bisa jadi benar untuk konteks QS. An-Naba, di mana surat ini bicara soal hari kiamat. Tapi tentu menjadi sedikit aneh ketika redaksi yang mirip “ruh dan malaikat” tersebut disamakan tafsirnya dengan QS. Al-Qadar ayat 4, yang konteksnya mengenai Lailatul Qadar.

loading...

Metode merujuk ayat lain untuk memahami Ruh pada surat al-Qadar ayat 4 yang dilakukan Ibn Katsir juga diikuti oleh Tafsir al-Mizan karya Thabthaba’i. Masalahnya ayat mana yang harus kita rujuk? Kalau Ibn Katsir merujuk ke QS. An-Naba: 38, maka Thabathaba’i merujuk kepada QS. Al-Isra: 85,

و الظاهر من الروح هو الروح الذي من الأمر قال تعالی: «قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي» إسراء۸۵ و الإذن في الشي‌ء الرخصة فيه و هو إعلام عدم المانع منه.

Artinya ruh di sini urusan Allah dan kita tidak mengetahuinya kecuali hanya dengan pengetahuan yang sedikit. Kalau pakai pendekatan seperti ini, ya selesai deh diskusinya. Gak perlu dibahas lagi, serahkan saja pada Allah.

Mari kita lihat kitab yang lain, yaitu Tafsir ar-Razi. Imam Fakhruddin ar-Razi menyebutkan paling tidak 8 pendapat:

ذكروا في الروح أقوالا أحدهاأنه ملك عظيم، لو التقم السموات والأرضين كان ذلك له لقمة واحدة وثانيهاطائفة من الملائكة لا تراهم الملائكة إلا ليلة القدر، كالزهاد الذين لا نراهمإلا يوم العيد وثالثهاخلق من خلق الله يأكلون ويلبسون ليسوا من الملائكة، ولا من الإنس، ولعلهم خدم أهل الجنة ورابعهايحتمل أنه عيسى عليه السلام لأنه اسمه، ثم إنه ينزل فيمواقفة الملائكة ليطلع على أمة محمد وخامسهاأنه القرآنوكذلك أوحينا إليك روحا من أمرنا [الشورى٥٢وسادسهاالرحمة قرئلا تيأسوا من روح الله [يوسف٨٧بالرفعكأنه تعالى يقولالملائكة ينزلون رحمتي تنزل في أثرهم فيجدون سعادة الدنيا وسعادة الآخرة وسابعهاالروح أشرف الملائكة وثامنهاعن أبي نجيح الروح هم الحفظة والكرامالكاتبون فصاحب اليمين يكتب إتيانه بالواجب، وصاحب الشمال يكتب تركه للقبيح، والأصح أن الروح هاهنا جبريل وتخصيصه بالذكر لزيادة شرفه كأنه تعالى يقول الملائكة في كفةوالروح في كفة.

Ada yang berpendapat ruh ini, pertama, maksudnya Malaikat yang paling besar. Kedua, Malaikat jenis khusus yang tidak dilihat oleh Malaikat lainnya kecuali pada Lailatul Qadar.

Ketiga, makhluk yang makan dan berpakaian tapi bukan malaikat, dan bukan manusia, kerjanya hanya bekhidmat pada ahli surga.

Keempat, ruh di sini maksudnya Nabi Isa. Kelima, yang dimaksud ruh ini adalah al-Qur’an.

Keenam, ruh disini maksudnya adalah rahmat dengan merujuk pada QS. Yusuf: 87.

يَا بَنِيَّ اذْهَبُوا فَتَحَسَّسُوا مِنْ يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَيْأَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ ۖ إِنَّهُ لَا يَيْأَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ

“Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”.

Ketujuh, ruh ini maknanya Malaikat yang paling mulia. Kedelapan, Malaikat mulia yang mencatat amal baik dan buruk. 

Setelah menyebutkan kedelapan pendapat di atas, Tafsir ar-Razi menyatakan pendapatnya sendiri: yang lebih sahih adalah ruh ini maksudnya Jibril alaihis salam.

Sekali lagi kita simak kitab tafsir yang lain, yaitu karya Imam al-Mawardi yang berjudul an-Nukat wal ‘Uyun. Beliau sebutkan lima pendapat mengenai ruh yang turun ke bumi di malam Lailatul Qadar:

أحدهاجبريل عليه السلام، قاله سعيد بن جبير.

الثانيحفظة الملائكة، قاله ابن أبي نجيح.

الثالثأنهم أشرف الملائكة وأقربهم من الله، قاله مقاتل.

الرابعأنهم جند من اللـه من غير الملائكة، رواه مجاهد عن ابن عباس مرفوعاً.

ويحتمل إن لم يثبت فيه نص قولاً خامساًأن الروح والرحمة تنزل بها الملائكة على أهلها، دليله قوله تعالى: { ينزّل الملائكة بالرُّوح من أمْره على من يشَاءُ من عباده } أيبالرحمة.

Pendapat pertama adalah Jibril alaihis salam. Pendapat kedua, Malaikat penjaga. Ketiga, Malaikat paling mulia dan paling dekat dengan Allah. Keempat, pasukan Allah, yang bukan dari golongan Malaikat. 

Kelima, karena tidak disebutkan khusus dalam Al-Qur’an maka pendapat kelima mengatakan ruh di sini maksudnya rahmat, sesuai QS. An-Nahl ayat 2:

يُنَزِّلُ الْمَلَائِكَةَ بِالرُّوحِ مِنْ أَمْرِهِ عَلَىٰ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ أَنْ أَنْذِرُوا أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاتَّقُونِ

“Dia menurunkan para malaikat dengan ar-Ruh, dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya…”

Berbeda dengan Ibn Katsir dan ar-Razi, Imam al-Mawardi tidak memilih satu dari lima pendapat yang beliau kutip. Diserahkan pada kita untuk memilihnya.

Bagaimana sudah puas penjelasan dari 4 kitab Tafsir?

Terakhir, kita merujuk ke Tafsir al-Munir karya Syekh Wahbah az-Zuhaili yang langsung saja menyebutkan bahwa

والروحهو جبريل عليه السلام خص بالذكر لزيادة شرفه

Ruh di sini maknanya Jibril ‘alaihis salam, yang khusus disebutkan untuk menambah kemuliannya. 

Apapun pendapat yang kita pilih, kita meyakini “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan ar-Ruh dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (QS. Al-Qadr: 4)

Cahaya…..

yang kita lihat pada malam itu 

hanyalah cahaya di bumi, 

yang dipenuhi dengan Malaikat dan ar-Ruh.

Ahlan wa sahlan.

 

 

Tabik,

Nadirsyah Hosen

Rais Syuriyah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand dan Dosen Senior Monash Law School

Artikel Ini Telah Dimuat: ISLAMI.CO

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.