Beranda News Indonesia Perkuat Kemitraan dengan Media Arab Saudi

Indonesia Perkuat Kemitraan dengan Media Arab Saudi

12
0

ARRAHMAH.CO.ID

Jeddah,  

Kemitraan di bidang pemberitaan dengan media Arab Saudi terus dibangun oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah. Upaya tersebut secara konsisten dilakukan guna memperluas sebaran pemberitaan positif Indonesia di Arab Saudi dan memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

 

Setelah sebelumnya mengunjungi harian berbahasa Arab Okaz dan harian berbahasa Inggris Saudi Gazette di Jeddah, serta harian berbahasa Arab Al Watan di Abha, Konsul Jenderal RI Jeddah Dr. Mohamad Hery Saripudin Rabu, 15 Mei 2019, melakukan pertemuan dengan Pemimpin Redaksi (Pemred) Arab News, Faisal J. Abbas, di kantornya.

Loading...

 

Kehadiran Konjen yang didampingi Pelaksana Fungsi Pensosbud-1 di kantor harian internasional berbahasa Inggris tersebut dalam rangka menindaklanjuti rintisan kerja sama yang dicetuskan Konjen di sela-sela kehadirannya pada acara Annual Arab News Iftar sebagai tamu kehormatan.

 

Dalam pertemuan singkat tersebut, Konjen menyampaikan pentingnya peran Arab News dalam memperkuat hubungan Indonesia dan Arab Saudi.

 

Konjen Hery memandang hubungan bilateral antar negara juga dipengaruhi oleh bagaimana media negara tersebut memberitakan negara mitra hubungan bilateral dimaksud. Peran media sangat penting dalam membentuk persepsi dan opini publik terhadap suatu negara.

 

“Pendekatan dan kerja sama dengan media sangat penting. KJRI Jeddah memandang media merupakan mitra strategis dalam upaya peningkatan kerja sama bilateral Indonesia-Arab Saudi,” ujar Konjen.

 

Lebih lanjut, Konjen mendorong Arab News agar menjalin kerja sama dengan media di tanah air dalam membangun narasi pemberitaan yang mempromosikan nilai-nilai Islam Moderat.

 

Selain itu, Konjen menyampaikan berbagai success stories sejumlah perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Saudi. Melalui rencana  penerbitan green card bagi warga asing di Arab Saudi yang kini tengah dikaji, Konjen Hery berharap semakin banyak perusahaan Indonesia yang bisa berkiprah di Arab Saudi.

 

Faisal J. Abbas menyambut baik berbagai gagasan yang dikemukakan Konjen Hery. Untuk merealisasikan ide tersebut, Arab News sedang menjajaki pembukaan Kantor Biro di Indonesia dan nantinya akan menerbitkan edisi Indonesia.

 

Secara khusus, Faisal juga tertarik untuk melakukan peningkatan liputan layanan haji melalui liputan khusus bagi jemaah haji Indonesia dan pengembangan virtual reality prosesi haji.

 

Pada saat yang sama, Faisal menyampaikan ketertarikannya untuk berpartisipasi dalam Bali Civil Society and Media Forum yang dilaksanakan bersamaan dengan Bali Democracy Forum (BDF), menjelang akhir tahun ini. (Fauzy Chusny/Abdullah Alawi)

 

 

 

Artikel Ini Telah Dimuat: NU Online

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.