Beranda News Kerberhasilan Warga Silo Tolak Tambang Laik Diapresiasi

Kerberhasilan Warga Silo Tolak Tambang Laik Diapresiasi

9
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Jember,

Keberanian warga Silo untuk menolak tambang laik diacungi jempol. Sebab  menolak tambang hingga berhasil  menggagalkan  kebijakan pro tambang, bukan perkara mudah. Penuh liku dan godaan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Sekretaris PCNU Jember, Moch Eksan saat memberikan tausiyah dalam Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW & Haflatul Imtihan Yayasan Pendidikan Islam Fathul Ulum, Dusun Karang Tengah, Desa Pace, Kecamatan Silo, Jember, Jawa Timur, Ahad (24/3).

Menurutnya, keberanian warga Silo telah meruntuhkan kepongahan mafia-mafia tambang yang berlindung dibalik penguasa.

Hosting Unlimited Indonesia

“Kita memberikan apresiasi atas keberanian  warga Silo, dan tokoh pemuda serta segenap kiai dan tokoh NU yang memberikan dukungan untuk menolak tambang. Nabi Muhammad juga seorang pemberani,” ucapnya.

Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur itu menambahkan, penambangan emas, perak dan sejenisnya, sesungguhnya tidak menguntungkan secara ekonomi, khususnya bagi warga sekitar lokasi tambang.

Ia lalu mencontohkan sejumlah daerah yang tanahnya diacak-acak untuk usaha pertambangan. Misalnya Blitung dan beberapa daerah di Kalimantan Timur. 

“Kerusakan tanah dan lingkungannya sangat mengerikan. Lubang raksasa di mana-mana, yang tidak mungkin dikembalikan seperti semula. Kalau dihutankan kembali butuh dana yang teramat besar, dan biasanya ditinggal begitu saja,” jelasnya.

Selain kerugian ekosistem, pertumbuhan ekonomi daerah yang terjadi penambangan besar-besaran, tidak semakin baik tapi dalam jangka panjang kia terpuruk. Sebab, ruang fiskal terus defisit karena sumber daya alam di perut  bumi tidak bisa diperbarui. Bersamaan dengan itu  produksi tambang akan berkurang dan berkurang.

Dalam titik itu, produksi tambang stagnan. Yang tersisa adalah kerusakan alam yang begitu mengerikan.

“Yang untung akhirnya siapa? Ya investor yang itu bukan orang Jember. Makanya keputusan warga Silo untuk menolak tambang, itu sudah tepat. Mereka tidak silau dengan kepingan emas di blok Silo,” terangnya. (Aryudi AR).

Artikel Ini Telah Dimuat: NU Online

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.