Beranda News MAN 1 Pringsewu Raih Juara Pertama Kontes Robot Se-Lampung

MAN 1 Pringsewu Raih Juara Pertama Kontes Robot Se-Lampung

21
0
Hosting Unlimited Indonesia

ARRAHMAH.CO.ID

Bandarlampung,
Setelah berkompetisi menghadapi tim-tim tangguh dari sekolah se-Provinsi Lampung dan beberapa tim dari Jawa dan Sumatera, tim robotik MAN 1 Pringsewu berhasil merebut juara pertama Kontes Robot Teknokrat 2019 tingkat SMA/SMK sederajat di Indoor Gelanggang Mahasiswa, Bandarlampung, Ahad (17/3).

Pada kontes yang diselenggarakan oleh Universitas Teknokrat Indonesia ini, MAN 1 Pringsewu mengirimkan dua tim yakni Tim Revolusi A dan Revolusi B yang berlaga pada kelas Robot Line Follower (Race and Transporter).

Pada kelas ini peserta beradu balap menggunakan robot sejenis tamiya yang memiliki sensor. Robot tersebut harus mengikuti garis yang sudah ditentukan panitia. Untuk tingkat kesulitan, peserta diberi tantangan dengan tanjakan dan sesi mematikan api.

Alhamdulillah kedua tim kami bisa masuk semifinal. Dan setelah berlaga di final Tim Revolusi A dengan anggota Adisty Duhita SJ dan Milatul Munawaroh berhasil menjadi juara pertama. Sementara Tim Revolusi B atas nama Achmad Nasrulloh dan Ika Selviana berhasil meraih juara keempat,” kata Yunizar, Pembina Robotik MAN 1 Pringsewu sesaat setelah pengumuman juara.

Pada babak final, Tim Revolusi A berhasil mengalahkan Tim Ekstrogama dari SMK Gajah Mada Bandarlampung. Kedua tim ini bisa lolos ke babak final setelah mengalahkan 14 tim lainnya pada kompetisi yang bertema Advanced Robotics for Industrial Revolution 4.0.

Hosting Unlimited Indonesia

Prestasi ini menurut Yunizar semakin menunjukkan bahwa siswa madrasah mampu unggul bukan hanya pada bidang agama. Siswa madrasah juga mampu unggul dan berprestasi pada berbagai disiplin bidang ilmu di antaranya bidang teknologi.

Sementara Kepala MAN 1 Pringsewu H Almadi mengungkapkan rasa syukur dan bangganya terhadap prestasi level provinsi yang sudah diraih duta madrasahnya. Ia berharap prestasi ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk level yang lebih tinggi.

“Duta MAN 1 Pringsewu telah menunjukkan bahwa Madrasah Hebat Bermartabat bukan hanya slogan semata. MAN 1 Pringsewu mampu mewujudkan slogan madrasah di bawah Kementerian Agama ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kemampuan teknologi saat ini sangat penting dikuasai oleh para generasi muda khususnya siswa dan siswi madrasah untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yang berbasis mesin dan teknologi. Prestasi ini lanjutnya menjadi inspirasi bagi seluruh pelajar madrasah untuk terus mempersiapkan diri meraih masa depan cerah.

Berdasarkan informasi dari panitia, Lomba ini terbagi dalam tiga kategori, yakni Pesawat Glider, Robot Line Follower (Race and Transporter) dan Roket Air. Ada 172 siswa dari 51 tim atau sekolah di Provinsi Lampung dan regional Sumatera dan Jawa yang berpartisipasi.

Peserta kontes robot Teknokrat tahun ini Iebih luas dari tahun-tahun sebelumnya. Ada yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA) KMM Padang Panjang di Provinsi Sumatera Utara, SMAI Nurul Fikri Boarding School Serang dan berbagai sekolah tingkat SMA se-Lampung. (Muhammad Faizin)

Artikel Ini Telah Dimuat: NU Online

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.