RMI Ingin Seluruh Pesantren Terapkan Pola Hidup Sehat

ARRAHMAH.CO.ID

Blora,

Dalam menumbuhkan kesadaran para santri untuk berlaku hidup bersih dan sehat, Pengurus Pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) bekerjasama dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menggelar  Workshop Pesantrenku Bersih Pesantrenku Sehat dengan Tema mewujudkan Pesantren Sehat Melalui Pola Hidup Bersih.

Kegiatan diselenggarakan selama dua hari, yakni Jumat-Sabtu, (15-16/3) di Pesantren Al-Hikmah Kabupaten Blora Jawa Tengah diikuti dari perwakilan pesantren di Blora, Grobogan, Pati, dan Rembang dengan narasumber dari Tim PBPS PW RMINU Jawa Tengah.

Dalam rilis yang diterima , Ketua Umum Pengurus Pusat RMINU KH Abdul Ghofar Rozin mengatakan, menjaga pola hidup sehat santri harus ditumbuhkan. Sudah tidak zamannya kalau santri gudiken dianggap berkah.

“Kunci penting dalam pelatihan ini adalah penumbuhan kesadaran santri untuk berlaku hidup bersih dan sehat. Hal ini untuk menjadikan pondok pesantren lebih bersih, sehat, dan nyaman dalam rangka menunjang proses pembelajaran dan pendidikan yang efektif dan efesien,” ujar Gus Rozin yang juga Staff Khusus Presiden RI bidang keagamaan ini.

Dikatakan, dalam kegiatan ini santri digembleng untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan di bidang kebersihan dan penataan lingkungan. Ditargetkan tiba bulan ke depan sudah tampak perubahan itu. “Saya ingin seluruh pesantren di bawah naungan RMI NU lingkungannya bersih dan sehat, karena ini akan berdampak kepada santri nyaman di pondok dan belajar, makanya menjaga pola hidup sehat harus ditumbuhkan,” tandasnya. 

Materi yang disampaikan dalam pelatihan adalah tentang pentingnya kebersihan, kesehatan lingkungan pesantren, dan teknis penyusunan SOP menjaga kebersihan lingkungan pesantren.

Setidaknya ada sekitar 500 peserta dan tamu undangan yang hadir pada  saat pembukaan, di antaranya Ketua Umum Pengurus Pusat RMINU KH Abdul Ghofar Rozin,  Group Head Strategic Stakholder Management PT PGN Tbk Santiaji Gunawan, Pengasuh Pesantren Al-Hikmah, Pengurus Cabang NU Kabupaten Blora, Pengurus Wilayah RMINU Jawa Tengah, dan Pengasuh  Pesantren sekitar Blora.

Perwakilan PGN Santiaji Gunawan menyambut baik kerja sama yang telah dilakukan dengan RMI NU dan nantinya akan optimalkan pada kegiatan kegiatan selanjutnya. “PGN akan mensupport dan mendukung, karena sebagai perusahaan negara mempunyai kewajiban berperan dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, terutama para santri di pesantren,” ujarnya. (Red: Muiz)

Artikel Ini Telah Dimuat: NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.