Khataman Qur’an Via Whatsapp Group, Cara Positif Memanfaatkan Teknologi Informasi

7
0

ARRAHMAH.CO.ID –

– Tidak hanya digunakan untuk saling berdialog dan share konten, Whats App Group (WAG) ternyata bisa dipakai untuk bikin program yang religius. Misalnya program khataman Al-Qur’an rutin mingguan. Peserta khataman bisa berasal dari tempat yang berbeda-beda, bahkan di luar negeri yang terhubung dengan WAG. Mengandalkan kumpul ngaji bareng keluarga belum tentu bisa setahun sekali lebaran, tetapi dengan cara ini ‘kumpul-kumpul’ bisa dilakukan kapan saja.

Misalnya, ada grup IKKAD atau Ikatan Keluarga KH Abdul Djabbar. Grup ini beranggotakan sekitar 240 orang yang merupakan keluarga keturunan KH Abdul Djabbar, Gresik. Para anggota Grup ini tersebar di banyak tempat, tidak hanya di Gresik Jawa Timur, tapi juga di Jawa Tengah, Jakarta, bahkan sampai ke luar negeri.

Nah program khataman Al-Qur’an ini dikemas dengan tajuk REQUEST KHOTMIL QUR’AN lalu dishare dan dengan nomor juz 1-30. Mereka yang ingin ikut khataman bisa memilih sendiri juz yang akan dibaca di mana saja, dari tempat masing-masing. Sifatnya tidak mengikat. Satu orang juga bisa pilih membaca beberapa juz atau satu juz saja, sesuai dengan kemapuan masing-masing. Siapa pilih juz berapa, asal belum diisi yang lain. Satu juz bisa diselesaikan kapan saja. Orang yang baca Al-Qur’annya cepat atau sudah setengah hafal sebenarnya bisa mengkhatamkan satu juz dalam waktu seperempat jam atau setengah jam saja.

Program khataman Al-Qur’an 30 juz grup IKKAD ini dijalankan seminggu sekali. Menariknya, beberapa anggota grup cukup antusias. Bahkan REQUEST KHOTMIL QUR’AN untuk dua minggu berikutnya sudah dishare di grup dan sudah ada nama-nama peserta yang menyatakan siap membaca.

Nah doa khataman Al-Qur’an dibaca seminggu sekali setiap hari Kamis atau malam Jum’at. Para peserta ikut mengaminkan dari tempat tinggal masing-masing.

Ini hanya salah satu contoh Whats App Group tidak hanya dipakai untuk berkomunikasi tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menjalankan amalan-amalan atau keutamaan atau fadhilah ajaran agama Islam secara kolektif, meskipun pesertanya berasal dari tempat yang berjauhan.

Salah satu hadits tentang keutamaan menghatamkan Al-Qur’an diriwatkan dari Ibnu Abbas RA, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW: “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab: “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Yaitu yang membaca Al Quran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.”  (HR. Tirmidzi)

Fasilitas komunikasi Whats App Grup ternyata cukup membantu mengunggah komitmen religiusitas. Kadang-kadang semangat kita menjalankan amal ibadah itu muncul karena dorongan orang lain. Dan dengan mengetikkan nama sebagai calon peserta khotmil qur’an, di WAG itu sekaligus semacam janji bahwa masing-masing yang menuliskan namanya akan membaca juz sesuai pilihannya.

Tidak hanya grup IKKAD, kira-kira banyak juga grup keluarga yang lain, atau grup komplek perumahan, atau grup alumni sekolah atau grup komunitas-komunitas lain melakukan aktivitas religius seperti itu. Share dong!

Oleh: Kang Santri

Keyword: LiterasiMuslimDigital, Al-Qur’an, Whatsapp, 

Artikel Ini Telah Dimuat: PesanKiai.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.