Nisab Zakat Kambing

0 53

Pertama, kambing baru masuk nishab adalah ketika mencapai jumlah 40 ekor. Jika kurang satu, misalnya, jadi hanya 39 ekor, maka belum dikenakan zakat.

Jika, mencapai jumlah 40 ekor ini, maka zakatnya seekor kambing _jadza’ah_, kalau dibayar dengan kambing bandot, maka harus dari jenis _dlo’ni_ atau _tsaniyah_.

Domba jadza’ah adalah domba yang berumur satu tahun masuk tahun kedua. Sedangkan kambing bandot dlo’ni atau tsaniyah, maksudnya adalah kambing bandot berumur dua tahun, masuk tahun ketiga.

Kedua, untuk 121 ekor kambing, zakatnya dua ekor kambing.

Ketiga, untuk 201 ekor kambing, zakatnya tiga ekor kambing.

Keempat, untuk 400 ekor kambing, zakatnya 4 ekor kambing.

Selanjutnya setiap ada tambahan 100 ekor, zakatnya tambah seekor kambing.

Keterangan ini didasarkan kepada keterangan yang disampaikan Abu Bakar ra. tentang zakat kambing yang digembalakan. Apabila sudah mencapai 40 sampai 120 ekor, zakatnya seekor kambing. Apabila sudah mencapai lebih dari 120 sampai 200 ekor, zakatnya dua ekor kambing. Apabila lebih dari 200 sampai 300 ekor, zakatnya tiga ekor kambing, apabila lebih dari 300, maka setiap tambah 100, zakatnya tambah seekor kambing. Apabila kambing yang digembalakan oleh pemiliknya kurang dari 40 ekor, maka tidak wajib dikeluarkan zakatnya, kecuali bila pemiliknya menghendakinya.

وَفِى صَدَقَةِ الْغَنَمِ فِى سَائِمَتِهَا إِذَا كَانَتْ أَرْبَعِينَ إِلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ شَاةٌ
“Mengenai zakat pada kambing yang digembalakan (dan diternakkan) jika telah mencapai 40-120 ekor dikenai zakat 1 ekor kambing.”

Menurut mazhab Syafi’i, zakat binatang ternak tidak boleh dibayarkan dalam bentuk uang. Namun menurut pendapat mazhab Hanafi, satu pendapat dalam mazhab Maliki dan satu riwayat dalam mazhab Hanbali, zakat ternak boleh dibayarkan dalam bentuk nominal uang sesuai dengan standar harga ukuran zakatnya. (al-Mausu’ah al-Fiqhiyah, juz 23, hal. 298-299).

Artikel Tentang Zakat Lainnya Bisa Dibaca Di Halaman – Zakat

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...