Beranda Fikih Pengertian Zakat

Pengertian Zakat

8
0

Dasar kewajiban zakat secara pasti adalah ayat-ayat al Qur’an, antara lain firman Allah SWT:

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103)

Ayat ini menegaskan bahwa zakat dimaksudkan untuk memperbaiki keadaan mereka serta menjaga mereka dari sifat kikir dan sebagainya, dan akan mendapatkan pujian dari Allah SWT (At-Tadzhib, hal. 89).

Dalam ayat lain disebutkan bahwa orang yang enggan menunaikan zakat dalam keadaan meyakini wajibnya, ia adalah orang fasik dan akan mendapatkan siksa yang pedih di akhirat. Allah Ta’ala berfirman,

loading...

وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ
فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُونَ

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (QS. At Taubah: 34-35).

Perintah menunaikan zakat dalam hadits disebutkan dalam hadits dari Ibnu ‘Abbas ra, bahwa Nabi SAW pernah mengutus Mu’adz ra ke Yaman. Rasulullah SAW bersabda,

ادْعُهُمْ إِلَى شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَأَنِّى رَسُولُ اللَّهِ ، فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لِذَلِكَ فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدِ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِى كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ ، فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لِذَلِكَ فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ صَدَقَةً فِى أَمْوَالِهِمْ ، تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ وَتُرَدُّ عَلَى فُقَرَائِهِمْ

“Ajaklah mereka untuk bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan aku adalah utusan Allah. Jika mereka menaati itu, beritahukanlah pada mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka shalat lima waktu sehari semalam. Jika mereka menaati itu, beritahukanlah pada mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka zakat yang wajib dari harta mereka diambil dari orang kaya di antara mereka dan disalurkan pada orang miskin di tengah-tengah mereka.” (HR. Bukhari, no. 1395 dan Muslim, no. 19, At-Tadzhib, hal 89)

Pengertian Zakat

Zakat secara bahasa berarti tumbuh, barokah, dan tambahnya kebaikan. Zakat juga digunakan dalam makna membersihkan, sebagaimana disebutkan dalam surat Asy-Syams ayat 9. Atau diartikan juga memberishkan dari kotoran, seperti dalam surat An-Najm ayat 32. (Al-Iqna, hal. 305)

Sedangkan secara syara’ zakat dimaknai sebagai harta yang wajib dikeluarkan untuk para mustahiq dengan syarat-syarat tertentu.

Nah, meski disebut kewajiban, harta yang dikeluarkan sebagai zakat, dikatakan akan terus tumbuh dan bertambah, bukannya berkurang. Hal ini disebabkan karena barokah zakat dan doa dari orang uang mengambil dan menerimanya, sekaligus bersihnya harta yang dimiliki. Kita meyakini bahwa harta yang bersih, karena zakat, itu lebih barokah dan menunjukkan bukti keimanan seseorang. (Al-Iqna, hal 305)

Zakat merupakan salah satu rukun Islam. Ia diwajibkan pada tahun kedua Hijriyah setelah perintah zakat fitrah. Dianggap kafir orang yang membangkang tidak mengeluarkannya, bahkan dibolehkan dibunuh jika melakukan hal demikian, serta diizinkan untuk mengambil secara paksa, sebagaimana terjadi pada masa Khalifah Abu Bakar.(AL-Iqna, hal 305)

 

#KajianOnline #NgajiOnline #UstadzFathuri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.