NU Peduli Terus Salurkan Dan Turunkan Relawan Membantu Korban Gempa Lombok

0 506

ARRAHMAH.CO.ID – Turut membantu meringankan duka dan penderitaan korban gempa bumi di Lombok, Nahdlatul Ulama (NU) menggalang dukungan kemanusiaan. Bantuan dan tenaga kemanusiaan yang tekumpul disalurkan pada masyarakat yang terkena dampak, di Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat, Mataram, dan Lombok Tengah.

Terlihat sekali, dampak gempa Lombok kali kedua dengan magnitudo 7 SR, membawa dampak kerusakan dan korban jiwa yang luar biasa. Untuk itu Nahdlatul Ulama tak tinggal diam turut serta turun ke lapangan membantu para korban.

Ketua Tim NU Peduli dari NU NTB, Baiq Mulyana mengatakan terhitung mulai Sabtu (11/8) sesuai perintah dari PBNU seluruh aktivitas bantuan kemanusiaan untuk gempa bumi di Lombok menggunakan satu pintu yakni NU Peduli yang sekretariat utama atau poskonya berada di Aula PWNU di Jl Pendidikan, Mataram, NTB.

“Ini untuk memudahkan koordinasi dan efektifitas penyaluran bantuan untuk korban gempa se-Pulau Lombok yang terdampak,” ujar Baiq Mulyana yang juga Rektor UNU NTB, Selasa (14/8), dilansir NU Online.

Lebih lanjut Baiq Mulyana mengatakan hingga saat ini NU Peduli sudah menyalurkan bantuan untuk gempa bumi di Lombok di puluhan titik korban gempa dalam bentuk paket sembako, makanan bayi, terpal, tikar, tenda, dan kebutuhan lainnya.

“Untuk dapur umum, NU Peduli sudah buka di Desa Sigar Penjalin, Lombok Utara dengan kapasitas tiga kali makan masing-masing 2000 hingga 4000 nasi bungkus per sekali masak,” tambahnya.

Selain itu NU Peduli juga mendapatkan bantuan puluhan tenaga medis, paramedis serta psikolog trauma healing dari PWNU Jatim, PWNU Jateng via RS Kudus, PCNU Nganjuk, PCNU Boyolali, Bali, Sampang serta dari Universitas NU Jatim.

NU Peduli Lombok
NU Peduli Lombok

“Dan yang baru tiba rombongan dari Universitas Brawijaya dan Pergunu Malang yang dipimpin Doktor Fadly Isman,” kata Baiq Mulyana yang didampingi Ahmad Fauzan dari klaster Litbang NU Peduli.

Bakti sosial NU Peduli, lanjut Baiq, tidak berhenti saat tanggap darurat usai seperti yang telah ditetapkan pemerintah. Hal ini karena NU Peduli akan terlihat pada upaya paska tanggap darurat, khususnya yang menyangkut pemulihan trauma korban.

“NU Peduli sudah menerjunkan tim dokter, paramedis dan trauma healing satu paket agar masyarakat bisa pulih dan bangkit untuk menyongsong masa depannya,” bebernya .

(NU Online/Iqbal)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...