Beranda News Internasional Hormati Atlet Muslim, Jepang Siapkan Mobil Masjid di Gelaran Olimpiade 2020

Hormati Atlet Muslim, Jepang Siapkan Mobil Masjid di Gelaran Olimpiade 2020

23
0

ARRAHMAH.CO.ID – Gelaran Olimpiade masih dua tahun, tapi pemerintah Jepang terus bersolek untuk menyiapkan event akbar olahraga ini. Diantaranya baru-baru ini ini Jepang memamerkan prototipe masjid mobil yang disiapkan untuk Olimpiade 2020 Tokyo.

Fasilitas ini ditujukan untuk menghormati warga Jepang yang beragama Islam ataupun turis dan atlet Muslim agar tidak kesulitan dalam menunaikan kewajiban salat.

Mobil tersebut telah diperkenalkan ke publik pada, Senin (24/7/2018) lalu, di luar Stadion Toyota, yang juga berada dalam kawasan markas besar dari perusahaan otomotif Toyota di Prefektur Aichi.

Baca Juga: Pedrosa: Pebalap Saat Ini Lebih Sibuk dengan Media Sosial

Tampak Mobil Masjid ini berupa sebuah truk kontainer. Kedua sisi truk bisa melebar otomatis dengan penggerak mesin, sehingga ruangan di dalam menjadi lebih luas.

loading...

Lihat Video Mobil Masjid yang Dipamerkan Jepang untuk Olimpiade 2020:

Dikutip dari New York Times, Rabu (26/7/2018), Mobil Masjid bisa menampung 50 jamaah. Di sisi luar mobil juga disediakan keran air untuk berwudhu.

Yasuharu Inoue, pimpinan proyek ini, mengatakan ide pembuatan Mobil Masjid terinspirasi saat dirinya melakukan perjalanan ke Qatar empat tahun lalu.

Jepang menyediakan fasilitas Mobil Masjid bagi warganya yang beragama Islam ataupun turis dan atlet Muslim untuk menunaikan ibadah salat saat perhelatan Olimpiade 2020 Tokyo berlangsung. [Instagram@trunkcoffeeandcraftbeer]
Jepang menyediakan fasilitas Mobil Masjid bagi warganya yang beragama Islam ataupun turis dan atlet Muslim untuk menunaikan ibadah salat saat perhelatan Olimpiade 2020 Tokyo berlangsung. [Instagram@trunkcoffeeandcraftbeer]
Inoue menambahkan, pembuatan Mobil Masjid karena dirinya khawatir tidak ada cukup masjid bagi pengunjung Muslim untuk beribadah saat datang menyaksikan pagelaran Olimpiade 2020.

Masjid Mobil ini dapat ditempatkan ke berbagai venue Olimpiade sesuai kebutuhan.

“Sebagai negara yang terbuka dan ramah, kami ingin berbagi gagasan ‘omotenashi’ (keramahan Jepang) dengan warga Muslim,” tutur Inoue.

“Ke depan, saya akan sangat senang jika orang-orang (yang datang) dari Indonesia, Malaysia, Afrika, Timur Tengah, dan misalnya pengungsi yang datang dari Suriah, menggunakan masjid sebagai alat untuk mempromosikan perdamaian dunia,” pungkasnya.

Diperkirakan ada sekitar 100 ribu hingga 200 ribu warga Jepang yang beragama Islam.

Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang, akan berlangsung mulai 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Diperkirakan 206 negara dan 11 ribu atlet akan hadir dalam pesta olahraga paling prestisius di muka bumi ini. (suara.com/Iqbal)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.