Beranda News Mendekatkan Diri Ke Umat, LBM NU Banten Launching Website, Bedah Buku, dan...

Mendekatkan Diri Ke Umat, LBM NU Banten Launching Website, Bedah Buku, dan Gelar Bahtsul Masail

15
1

ARRAHMAH.CO.ID – Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (LBM-PWNU) Provinsi Banten menggelar event Launching Website www.lbmnubanten.or.id, Bedah Buku Fikih Doa dan Bahtsul Masail Waqi’iyah dan Maudhu’iyah

Gelaran ini diselenggarakan di Majelis Dzikir Shalawat Nariyah Arba’in Yayasan Difa’ul Ummah, Karawaci Kota Tangerang, pimpinan KH. Syihabudin Quraish.

Event ini terselenggara kerjasama LBM-PWNU Prov. Banten, bersama Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD-PBNU), Majalah Risalah NU, dan Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Kota Tangerang.

Acara ini bertujuan untuk mengenalkan keberadaan LBM PWNU Prov. Banten, dengan tugasnya untuk memberikan jawaban-jawaban masalah fikih atau hukum Islam yang dihadapi umat. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab khidzmah melalui Nahdlatul Ulama untuk kemaslahatan dan kemajuan umat Islam umumnya, khususnya umat Islam Banten. Jawaban masalah-masalah agama dilakukan melalui forum Bahtsul Masail, yang berarti membahas masalah-masalah agama/keagamaan, terutama masalah faktual (masail waqi’iyah), juga masalah tematik (masail maudhu’iyah) di samping juga masalah terkait peraturan perundang-undangan (masail qanuniyyah).

Menurut Ustad Ali MD, hari ini penting rasanya makin mendekatkan layanan keumatan oleh Nahdlatul Ulama yang makin dibutuhkan oleh masyarakat di era digital.

loading...

“Launching website ini adalah langkah awal dan menjadi upaya menyampaikan pemahaman Islam, dalam rangka memenuhi kebutuhkan masyarakat untuk mendapatkan pemahaman yang baik berdasarkan referensi-referensi kitab yang tepat. Ini merupakan langkah yang penting di tengah era milineal, era media sosial (medsos), untuk mendapatkan jawaban hukum Islam yang lebih praktis, dan efektif, karena jawaban yang dimuat di website dapat diakses tanpa batasan ruang dan waktu. Umat di luar negeri pun, seperti di Hong Kong, bisa mendapatkan manfaat dari adanya website ini. Website ini utamanya memuat rubrik Bahtsul Masail, Konsultasi Agama dan Kajian Islam. Melalui rubrik ini, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan mendapatkan jawaban masalah hukum Islam, dan pemahaman Islam yang baik, pemahaman Islam yang moderat (Islam Wasathi).

Staf ahli Guberbur Prov. Banten, Jazuli Abdillah, sangat mengapresiasi gagasan-gagasan baik melalui karya tulis buku dan media internet, yang menjadi kebutuhan era milineal ini.

“Saya berharap Kiai Ali agar tetap optimis dalam jihad bilqalam. Kiai Ali merupakan kiai yang memadukan teori dan dakwahnya melalui pena, karya tulis, yang jarang dimiliki umumnya kiai di Banten.” ungkapnya

Kiai Bukhori Muslim, yang didaulat untuk memberikan sambutan atas nama PBNU, dan melaunching website resmi, menekankan pentingnya doa.

“Doa adalah senjata ampuh orang Islam. Jangan sampai kita mengabaikan pentingnya doa yang sesuai tuntunan para ulama”. terangnya.

Usai memberikan pengantar bedah buku Fikih Doa, Kiai Bukhori Muslim, melaunching website resmi LBM-PWNU Prov. Banten.

Launching resmi website ini ditandai dengan pembacaan Surat Al-Fatihah dipimpin oleh Kiai Bukhori Muslim, bersama-sama para kiai, pengurus LBM-PWNU Prov. Banten, dan pengurus ICMI Kota Tangerang.

Sesi bahtsul masail, masalah waqiiyah yang dibahas terkait pemanfaatan barang inventaris masjid untuk kegiatan keagamaan di luar masjid dan hukum upload foto perempuan di medsos, serta hukum selfi atau foto dan pengambilan video yang membelakangi Ka’bah. Di samping juga pada Masail Maudhuiyah akan membahas tema Pedoman menggunakan media sosial, dan pedoman menggunakan masjid untuk dakwah.

Acara launching ini dikemas pula dengan bedah buku Fikih Doa: Pedoman Berdoa Lengkap dan Fadhilahnya, karya Ust. Ahmad Ali MD, MA, yang diterbitkan oleh Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD-PBNU), April 2018. Buku ini diberi kata pengantar Prof. Dr. (HC.) KH. Ma’ruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dan Rais Aam Syuriyah PBNU,  dengan editor Dr. KH. Moch. Bukhori Muslim, Lc., MA.

(Ibn Yaqzan)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.