Khutbah Idul Fitri 1439H/2018M

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

ARRAHMAH.CO.ID – Ma’asyiral muslimin rahimakumullah, Marilah dalam kesempatan mengawali bulan Syawwal 1439 H/2018 m ini, kita bersama-sama meningkatkan taqwa kita kepada Allah Swt dengan senantiasa melaksanakan segala perintahnya dan berusaha secara maksimal meninggalkan segala laranganNya.

Dengan bekal taqwa inilah, semoga kelak kita menjadi penghuni surga, amin ya rabbal ‘alamin. Rasa sedih pagi ini kita sangat terasa dengan perginya bulan Ramadan. Begitu pula rasa bahagia itu hadir karena Allah masih memberikan kita umur panjang sehingga mampu menyelesaikan ibadah selama Ramadan hingga menjumpai malam lailatul qadr. Hadirnya bulan Syawwal kali ini tentunya menjadi sebuah renungan bagi kita agar semangat ibadah
Ramadan tidak hilang.

Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar

Suasana kebatinan setiap kali Syawwal hadir adalah kegembiraan, kebersamaan, kekeluargaan dan kepedulian. Empat hal itu menyatu menjadi pelajaran kehidupan sosial yang secara otomatis hadir saat Ramadan meninggalkan kita semua. Sebab Idul Fitri kali ini menjadi identitas kemenangan umat Islam setelah berhasil lulus dari ujian pengekangan hawa nafsu.

Maka wajar sekali jika umat Islam merasa bergembira. Setelah itu, umat Islam menjalin kebersamaan dalam suasana kefitrian atau kesucian diri dan kemudian berkumpul bersama keluarga. Disitulah lahir suasana kekeluargaan yang sangat akrab. Berdasar pada pola semangat beridul fitri juga lahir jiwa kepedulian karena sebelumnya umat Islam diwajibkan menunaikan zakat fitrah—sebagai amalan kepedulian sosial.

Khutbah Idul Fitri Selengkapnya:

Loading...