KH. A. Tamamuddin Munji: Pribadi Santri, Ilmu Pengetahuan, dan Aktualisasi Diri di Era Kekinian

Sehubungan dengan latar belakang di atas, penulis teringat pernah diskusi dengan Kiai Tamam. Berikut ini pertanyaan dari beliau yang dilanjutkan dengan jawaban beliau. Hal ini dapat menjadi bahan perenungan bagi para santri dan pendamping anak didik. Berikut pertanyaan dimaksud: mengapa para ilmuwan banyak yang tidak sejalan dengan prinsip ilmu pengetahuannya?

KH. A. Tamamuddin Munji: Pribadi Santri, Ilmu Pengetahuan, dan Aktualisasi Diri di Era Kekinian
Ilustrasi Kehidupan Belajar Santri. Image: fibana.id
Mengapa Para Ilmuwan Banyak yang Tidak Sejalan dengan Prinsip Ilmu Pengetahuannya? ~ KH. A. Tamamuddin Munji
Oleh: Ubaidillah Achmad

ARRAHMAH.CO.ID - Bersamaan dengan perkembangan teknologi ini, telah berkembang ilmu pengetahuan. Namun demikian, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan pula, justru ada banyak upaya ketidakpercayaan terhadap ilmu pengetahuan. Konteks ketidakpercayaan ini terletak pada saat ilmu pengetahuan akan dijadikan dasar pengembangan sistem pembangunan dan kebijakan para penguasa. Selain itu, banyak simpulan ilmu pengetahuan yang terdistorsi oleh kepentingan laten, yaitu kepentingan yang terkait dengan kaum kapital yang selalu menghitung keuntungan materi (materialisme).

Dengan kata lain, masih banyak generasi now yang memiliki semangat menuntut ilmu dan ingin menguasai ilmu dan menguasai penggunaan teknologi, namun bertujuan bukan pada perilaku yang sesuai dengan prinsip ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan hanya menjadi pembuka pengetahuan seseorang. Ilmu pengetahuan telah beralih fungsi untuk melindungi kehendak kuasa di tengah kehidupan sosial politik. Karenanya, ilmu pengetahuan tidah ubahnya sebagai pembuka wacana dan legitemasi kepentingan sesaat (dunia).

Sehubungan dengan latar belakang di atas, penulis teringat pernah diskusi dengan Kiai Tamam. Berikut ini pertanyaan dari beliau yang dilanjutkan dengan jawaban beliau. Hal ini dapat menjadi bahan perenungan bagi para santri dan pendamping anak didik. Berikut pertanyaan dimaksud: mengapa para ilmuwan banyak yang tidak sejalan dengan prinsip ilmu pengetahuannya?

Tentu saja, tidak mudah menjawab pertanyaan ini, sehingga saya lebih memilih mendengarkan jawaban langsung dari beliau.

Dari jawaban dan harapan beliau, masing masing diungkapkan dengan kalimat pendek, namun kemudian penulis kembangkan dengan teori dan pendekatan akademik, sehingga bisa lebih membantu bagaimana kontekstualisasi pesan dan harapan beliau.

Di tengah perkembangan teori dan pendekatan ilmiah, telah banyak yang sudah memahami aspek psikologis, namun masih belum bisa berbuat bagaimana mensikapi problem psikologis, banyak yang memahami makna politik, namun banyak kalangan politisi yang tidak menerapkan tujuan berpolitik yang bermartabat. Selain itu, masih banyak kepribadian yang tidak relevan dengan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya. Hal ini, tidak terlepas dari kekosongan jiwa dari nilai nilai keutamaan hidup atau kosong dari sikap hidup yang berarti bagi kemanusiaan.

Hidup Tanpa Daya Ilmu Pengetahuan

Sebelum memaparkan jawaban Kiai Tamam pada sub bab berikutnya, penulis akan memulai dengan sebuah pertanyaan, apa yang bisa diharapkan dari hidup ini?

Secara umum, kebanyakan santri akan menjawab dengan dua pertanyaan berikut: pertama, yang bisa diharapkan dari hidup ini, adalah mengikuti ajaran Allah dan RasulNya serta mengikuti pesan dan hikmah dari para Kiai dari tradisi NU. Kedua, untuk mencapai kehidupan dunia dan akhirat membutuhkan Ilmu pengetahuan. Jika disatukan dari kedua jawaban ini, maka akan disimpulkan menjadi arti penting ilmu pengetahuan yang didasarkan pada kesadaran ketauhidan dan kenabian, sebagaimana yang dipahami para santri, sesuai bidang ilmu kalam, fiqh dan ilmu tasawuf.

Ketiga bidang ilmu perspektif santri ini, dapat diringkas menjadi inti ilmu agama Islam, yaitu aqidah, ibadah dan mu'amalah. Dalam perspektif umum, dapat disatukan dengan ilmu ketuhanan, kemanusiaan dan lingkungan. Ketiga ilmu inilah, yang sebenarnya menjadi fundasi ilmu pengetahuan. Karenanya, tidak berlebihan, jika ilmu pengetahuan tanpa ketiga fundasi ini, maka akan menjadi sebuah pandangan ilmiah yang tanpa daya ilmu pengetahuan.

Gambaran ilmu pengetahuan yang kehilangan daya, dapat dilihat dari model ketidakberdayaannya di tengah perkembangan kesadaran hak hak kemanusiaan. Hal ini, telah digambarkan Kiai Tamam, sebagai bentuk ilmu pengetahuan yang tanpa daya di tengah kesadaran kemanusiaan. Hal ini pula akan menggambarkan kondisi ilmu pengetahuan yang tanpa arti dan makna di tengah pendampingan peserta didik.

Setidaknya, sekarang ini, orang tua akan semakin memahami arti penting bagaimana memasukkan putra putri mereka ke lingkungan pesantren atau lembaga pendidikan yang berbasis agama. Hal ini dapat dipahami dari gambaran real atau fenomena yang sekarang ini merusak ilmu pengetahuan.
Berikut ini, beberapa hal yang menyebabkan bangunan ilmu pengetahuan menjadi tidak berdaya: pertama, adanya proses kerja kaum kapital yang ingin menguasai narasi modernitas abad ke-19. Kaum kapital ini, selalu berspekulasi menimbulkan problem yang dianggapnya sah sebagai pengetahuan. Kedua, ilmu Pengetahuan hanya berfungsi spekulatif, yaitu suatu pengandaian (presupposition) sebagai penyebaban (the Life of spirit).

Fungsi spekulasi ini, yang akan menjadi erosi internal dalam prinsip legitimasi sains, karena sains tidak dapat melegitimasi dirinya sendiri sebagaimana diandaikan oleh narasi spekulatif.

Narasi spekulasi ini, yang telah dimainkan oleh mereka yang memiliki kehendak kuasa. Mereka yang memiliki kehendak kuasa ini, juga telah memainkan: antara yang rasional dan yang real dan memainkan lembaga pendidikan seperti sistem sosial dan lembaga pendidikan, yang dimainkan oleh penguasa. Ketiga, konsensus yang bertujuan memanipulasi sistem kekuasaan untuk mempertahankan atau meningkatkan kinerja kekuasaan.

Sehubungan dengan konsensus ini, ada paralogi dan invention. Invention menrupakan bentuk penemuan kehendak sistem kekuasaan untuk meningkatkan efisiensi kuasa. Berbeda dengan invention, paralogi bekerja untuk menciptakan kehendak kuasa melalui ilmu pengetahuan.
Mengawal Relativitas Ilmu Pengetahuan

Sehubungan dengan sub bab di atas, adalah problem yang memunjukkan, bahwa kehendak kuasa itu semakin memprihatinkan dan membahayakan bagi ilmu pengetahuan. Kondisi ini memiliki relevansi seperti yang dikehendaki oleh Kiai Tamam, berupa harapan beliau terhadap kepribadian santri ---era ilmu pengetahuan, agar mampu "mengawal relativitas ilmu pengetahuan."

Harapan ini, yang sebenarnya juga menjadi visi PP. Bait As Syuffah An Nahdliyah. Penulis, yang juga khadim Pesantren ini, semula memahami, bahwa relativitas ilmu pengetahuan, karena perbedaan hasil temuan dalam bidang ilmu pengetahuan yang terus silih berganti. Ternyata, setelah mengkaji pandangan beliau ini, ada sistem kekuasaan yang lebih menentukan terjadinya relativitas ilmu pengetahuan. Sistem kuasa ini, yang selalu menjadi sumber analisis teori sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Termasuk, sistem kuasa penggunaan teknologi modern.

Harapan Kiai Tamam terhadap kepribadian santri era ilmu pengetahuan ini, karena adanya relativitas tidak hanya terjadi pada ilmu pengetahuan, namun juga ada relativitas moral. Artinya, adanya kedua relativitas ini, jika tidak membentuk kepribadian yang kokoh pada santri, maka akan membuat santri tidak berkarakter dan mudah di gilas roda relativitas ilmu pengetahuan dan moral setiap masyarakat yang berbeda beda. Belum lagi, yang dikhawatirkan Kiai Tamam, jika para santri sudah mengabaikan prinsip yang harus di sepakati dan dipertahankan dalam tradisi pesantren, yaitu prinsip as'arian, madhabian arba'ah, dan Junaidian-Ghazzalian. Karenanya, beliau berharap kepada para pengelola pesantren, agar gigih membentuk kepribadian santri sesuai dengan prinsip keutamaan yang disepakati para Ulama NU.

Jika pesantren tidak mendidik kepribadian santri dengan konsep yang memiliki tolok ukur moral dan kemanusiaan yang berlaku global ----seperti tiga prinsip di atas, maka akan muncul banyak konflik pemahaman yang berkembang di lingkungan umat Islam dan warga negara. Mengapa? karena warga NU adalah mayoritas, maka akan berpengaruh pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, tanpa prinsip yang berlaku global, maka akan sering terjadi konflik atas nama agama, yang pada gilirannya akan mengorbankan nilai-nilai kemanusiaan dan moralitas yang berlaku universal.

Nilai yang berlaku universal ini pun, sebenarnya sangat diperlukan di kalangan tradisi pemikiran modern, karena semua memerlukan prinsip yang berlaku umum, meskipun dianggap sebagai nilai yang kolot dan perlu dicurigai. Konsep yang mengakar ini pada gilirannya akan memudahkan warga negara memahami prinsip keutamaan yang benar yang sesuai dengan koredor yang benar. Dengan demikian, akan dapat membendung konflik agama dan budaya, sehingga tidak berdampak pada konteks kemanusiaan.

Ubaidillah Achmad, penulis Buku Suluk Kiai Cebolek dan Islam Geger Kendeng, sekarang ini berkhidmah di PP. Bait As Syuffah An Nahdliyah.

COMMENTS

Nama

.,1,#AyoMondok,12,#BelajarIslam,8,#CintaNKRI,2,#DanaHaji,1,#HariSantri,19,#HariSantri #HariSantri2017,1,#HariSantri2017,1,#HarlahNU,4,#HarlahNU91,2,#HaulKiaiHasanGenggong,2,#IslamIndonesia,1,#IslamNUsantara,4,#KajianRamadhan,1,#SavePalestine,3,#SaveRohingya,3,1 Muharram,3,1 Syawal,1,2016,1,A. Zakky Zulhazmi,1,Abdlul Halim Hasan,1,Abdul Mun'im DZ,1,Abu Bakar Hasan Assegaf,1,Adab Rasulullah,1,Advetorial,2,Afif Sunakim,1,Agama,1,Agama Cinta,1,Agenda,25,Agenda NU,1,Agnez Mo,1,Agus Zainal Arifin,3,Ahlusunnah wal Jama'ah,31,Ahmad Baso,1,Ahmad Mujib Rahmat,1,Ahmet Davutoglu,1,Ahsunnah,1,AJaran Islam,1,Akhir Zaman,1,Akhlakul Karimah,1,Al-Nimr,1,Al-Qaeda,1,Al-Qur'an,4,Al-Qur'an Raksasa,1,Al-Zastrow Ngatawi,1,Alamsyah M. Dja’far,3,Ali bin Abi Thalib,2,Ali Zawawi,1,Alissa Wahid,1,Allah,1,Almanak,1,Alumni Madrasah,1,Amalan,16,Amalan di Bulan Ramadhan,2,Amalan NU,4,Amalan Rasulullah,1,Amaliah,19,Aman Abdurrahman,1,Amirul Ulum,2,Anas Saidi,1,Angka Istimewa dalam Islam,1,Angka Tiga,1,Angker,1,Ansor,3,Ansor Garut,1,Ansor Malang,1,Ansor Surabaya,1,Anti Korupsi,4,Anti Narkoba,1,Anti Radikalisme,3,Anti Terorisme,2,Anti Wahabi,1,Aplikasi Batik,1,Aqidah,2,Arab,1,Arab People,1,Arab Saudi,2,Arief Mundatsir Mandan,1,Arifin Junaidi,1,Arrahmah Channel,5,Arrahmah Featured,11,Arrahmah.com,1,Articles,2,Artikel,26,Asian Youth Robot Olimpiade,1,Asosiasi Pesantren NU,1,Aswaja,24,Asy'ariyah,1,Australia,1,Avicenna Roghid Putra,1,Ayat-ayat Toleransi,1,Ayman Adz Dzawahiri,1,Ayo Mondok,1,AYRO,1,Bahtsul Masail,1,Bangsa Indonesia,1,Banser,14,Banten,1,Batik,1,Batik Indonesia,1,Battle,1,Battle of Uhud,1,Beasiswa,12,Beasiswa Kemenag,3,Beasiswa Madrasah,1,Beasiswa Santri,1,Beasiswa Santri 2016,1,Beasiswa Santri Berprestasi,2,Beasiswa Santri Berprestasi 2016,1,Bekasi,1,Belajar Islam,26,Berita,148,Berita Duka,5,Berita Islam,3,Bid'ah,2,Bid'ah para Sahabat,1,Bima Arya,1,Biseksual,1,Bisnis Haram,1,BNN,1,BNN di Jepara,1,BNPT,2,Bodo Kupat,1,Bogor,1,Bom Kuningan,1,Bom Sarinah,2,Bom Thamrin,2,BPOM,1,Brain,1,Budaya,1,Buku,6,Bulan Rajab,1,Buletin Jumat,5,Burdah,1,Cak Masykur,25,Cak Nun,1,Cak Nur,1,Cangkir9,2,Cep Herry Syarifuddin,1,Cerpen,2,Channel Arrahmah,37,Charlie Hebdo,1,Cheng Ho,1,Choirul Anam,1,Cinta,1,Cinta Bangsa,1,Cinta Tanah Air,1,Counter Radicalism,6,Cybercrime,2,Dajjal,1,Dakwah Islam,4,dan Transgender,1,Darurat Narkoba,3,Dea Anugerah,1,Deklarasi Nahdlatul Ulama,1,Deklarasi Serpong,1,Densus 88,2,Digital Media,2,Direktorat Pendidikan Madrasah,1,Dit PD Pontren Kemenag,1,DKI Jakarta,1,Doa,31,Doa Akhir Tahun,1,Doa Anak Sholeh,1,Doa Awal Tahun,1,Doa Berbuka,1,Doa dan Tirakat,1,Doa Gus Mus,1,Doa Harian,1,Doa Nabi,1,Doa Pernikahan,2,Doa Setelah Shalat,1,Doa Wudhu,1,Dosen UIN Walisongo,1,Download,1,Dr. Amin Haedari,1,DR. KH. M. A. SAHAL MAHFUDH,1,Dr. Nadirsyah Hosen,10,Dubes,1,Dzikir dan Doa,2,Dzikir Setelah Shalat,1,Editor's Choice,10,Effendi Choirie,1,Ekologi,3,Ekonomi,3,Eksekusi Mati Al-Nimr,1,English Edition,1,Esensi Syariah,1,Fadhila Haifa’ Afifah,1,Fadilah,1,Falak,1,Fardhu Wudhu,1,Fatayat NU,2,Fathoni Muhammad,1,Fatwa MUI,1,FDS,11,featured,133,Featured Arrahmah,44,Fikih,2,Fikih dan Muamalah,3,Fikih Ibadah,10,Fiqh,8,Fiqh Ibadah,1,Fiqh Qurban,6,Fiqh Shalat,3,Fiqih Lingkungan,2,Firqaf,1,Firqah,1,Firqoh,1,Fokus Khusus,1,FSN,2,Fulldayschool,4,Fundamentalis akan Habis,1,Gafatar,1,Galeri,4,Gay,1,Geluntung Agel Wafi,1,Gerakan Nasional AyoMondok,1,Gerhana,1,Gerhana Bulan,1,Gerhana Matahari,3,Gerhana Matahari Total,1,GIYE,1,Good Muslim,13,GP Ansor,8,Grand Syaikh Al-Azhar,1,Grants,1,Griya Gus Dur,1,GTK Madrasah,2,Guru Inspiratif,2,Guru Madrasah,2,Guru MAN,1,Guru Mughni,1,Guru PAI,1,Gus Ahmad Muwaffiq,1,Gus Aqib,1,Gus Dur,23,Gus Miek,1,Gus Mus,9,Gus Muwafiq,1,Gus Rizal Mumaziq,1,Gus Sholah,1,Gus Ubaidillah Achmad,1,Gus Yaqut,1,GusDur.net,1,Gusdurian,2,Habib Abu Bakar,1,Habib Lutfi,1,Habib Luthfi bin Yahya,1,Habib Novel,10,Habib Novel Alaydrus,7,Habib Salim Bin Jindan,1,Habib Sholeh Al-Hamid Tanggul,1,Habib Syech,1,Habib Umar bin Hafidz,3,Hadist,1,Hadist Jibril,1,Hadits,1,Hadits 72 Bidadari,1,Hadits Diskriminatif,1,Hafidzoh,1,Haji,7,Haji 2015,1,Haji 2017,1,Haji 2018,1,Hajj,1,Halal bi Halal,3,Halaqah,1,Hamid Ahmad Masduki Baidlawi,1,Har Santri,1,Hari Arafah,2,Hari Batik Nasional,1,Hari Natal,1,Hari Pahlawan,2,Hari Santri,32,Harlah,2,Harlah NU,3,Hasan al-Bashri,1,Haul,4,Haul Gus Dur,9,Haul Kiai Sholeh Darat,2,Haul Sunan Ampel,1,Haul Sunan Bonang,1,Haul Syekh Nawawi Al-Bantani,1,Headlines,20,Hikam Zain,15,Hikmah,83,Hikmah Islam,45,Hipsi,3,Hisab,1,Hizb,1,Hizbut Tahrir,2,Hizbut Tahrir Indonesia,2,Hoax,2,Hong Kong,1,HTI,2,HTIBubar,6,Hubbul Wathan minal Iman,1,Hukum Islam mengenai LGBT,1,Hukum Melangkahi Kuburan,1,Hukum Membunuh,1,Hukum Membunuh dalam Islam,1,Hukum Ucapan Natal,1,Humor,3,HUT TNI,1,Hymne,1,I-Banking,1,Ibadah,4,Ibn Muljam,1,Ibn Yaqzan,1,Ibu Nabi Muhammad,1,Ibunda Nabi Muhammad,1,IDC,1,Ideologi,1,Idhul Adha,1,Idul Adha,14,Idul Fitri,7,IIEE,1,IISRO,1,Ijazah,6,Ijtihad,1,Ikhbar,42,Ilmu Kalam,1,Image,1,Imam al-Syafi’i,1,Imam Ghazali,1,Imam Malik,1,Imam Muslim,1,Imam Nawawi,1,Imlek,1,INC,2,Indonesia Darurat Narkoba,1,Info Haji,2,Inspirasi,11,Inspirasi Pesantren,2,Interfaith,3,Internasional,98,International,3,International Islamic School Robot Olympiad,1,International Peace Day,1,Internet Banking,1,IPNU,1,IPPNU,1,Iqbal Khalidi,3,Iqbal Kholidi,1,Iran,1,ISIS,11,Islah Gusmian,1,Islam,16,Islam dan Perdamaian,1,Islam Di China,3,Islam di Papua,1,Islam Indonesia,3,Islam Nusantara,28,Islam Nusantara Center,1,Islam Papua,1,Islam Radikal,1,Islamic Event,1,Islamic State,1,Isra' Mi'raj,1,Istighosah Kubro,1,Istikharah,1,Ito Surmardi,1,JAD,1,Jakarta,4,Jamiyatun Nasihin,1,Jasad Utuh,1,Jawa Barat,3,Jawa Tengah,7,Jawa Timur,4,Jazirah Arab,1,JIhad,3,Jihad fi Sabilillah,1,Jokowi,5,Jonru,1,Jurnalistik,1,K.H. Ahmad Umar Abdul Manan,1,Kabar Duka,1,Kabar Pesantren,5,Kabar Pesantrens,1,Kajian Islam,18,Kajian Ramadhan,1,Kalam Ulama,4,Kalender,2,Kalender Islam,2,Kalimah Syahadat,1,Kalis Mardiasih,1,Kampung Damai,1,Kampus,1,Kekerasan,1,Kemenag,3,Kementerian Agama,1,Kementerian Agama RI,3,Keraton Sumenep,1,Kesehatan,4,Ketua PBNU,1,Ketum PBNU,1,Ketupat,1,Keutamaan Bulan Rajab,1,Keutamaan Shalat Tarawih,16,Keutamaan Shalawat Nabi,2,Keutamaan Tarawih,1,KH A Ghazalie Masroeri,1,KH Abdurrahman Wahid,5,KH MA Sahal Mahfudh,2,KH Maemon Zubair,1,KH Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh,1,KH Sahal Mahfudh,3,KH Said Aqil Siraj,1,KH Wahab Hasbullah,1,KH. Abdul Aziz Manshuri,1,KH. Abdul Ghoffar Rozien,1,KH. Abdul Karim,1,KH. Abdul Muhaimin,1,KH. Abdurrahman Wahid,1,KH. Ali M. Abdillah,1,KH. Bisri Mustofa,1,KH. Cep Herry Syarifuddin,3,KH. Hasyim Asy'ari,1,KH. Hasyim Asyari,3,KH. Husein Muhammad,2,KH. Iftah Sidiq,1,KH. Lukman Harits Dimyati,1,KH. Ma'ruf Amin,2,KH. Maimoen Zubair,11,KH. Marzuqi Dahlan,1,KH. Masdar F. Mas'udi,2,KH. Mustofa Bisri,2,KH. Said Aqil Siraj,5,KH. Sholeh Darat,8,KH. Thobary Syadzily,1,KH. Tubagus Muhammad Falak,1,KH. Yahya Cholil Staquf,3,KH. Zainal Mustafa,2,KH. Zakky Mubarok,2,KH.Shalih Darat,1,Khanza Iliyina Syafa,1,Khawarij,1,Khazanah,3,Khazanah Isam,7,Khazanah Islam,379,Khilafah Islamiyah,5,Khofifah Indar Parawansa,1,Khoirul Anam,2,Khulafaur Rasyidin,1,Khutbah,4,Khutbah Idul Fitri,2,Khutbah Jumat,1,Kiai Abdul Hamid,1,Kiai Hasan Genggong,1,Kiat Menulis,1,Kiddle,1,Kilas,1,Kirab Santri,1,Kisah Hikmah,16,Kisah Nabi,1,Kisah Rasulullah,1,Kisah Teladan,1,Kita Tidak takut,1,Kitab Durrotun Nasihin,1,Kitab Jawahirul Bukhori,1,Kitab Kuning,5,Kitab Pegon,1,Kitab Suci,1,Kokam,1,Kolom,96,Komedi Religi,1,Kominfo,1,Konferwil NU Jabar,1,Konflik Sunni-Syiah,1,Kongkow Sufi,3,Konsultasi Agama,1,Konsultasi Islam,1,Kontra Radikal-Terorisme,1,KPAI,1,KPK,1,Kreatif Indonesia,1,Kriminal,1,Krisis Jerusalem,2,Krisis Rohingya,7,KUPI,1,Kurban,7,Kyai Maimoen Zubair,1,Kyai Masdar,1,Kyai Pahlawanku,1,Kyai Pesantren,1,Lailatul Qadr,1,Lambang NU,1,Lapan-A2,1,Laporan,1,Lazisnu,1,Le Petit Prince,1,Lebaran,1,Lebaran Ketupat,1,Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama,2,Lesbian,1,Letter of Acceptance,1,LFNU,1,LGBT,2,Liberalisme,1,Life of Mohammed,3,Life of Muhammad,2,Liga Santri,2,Liga Santri Nusantara,3,Lingkungan,1,LIPI,1,Litbang Kemenag,1,Literasi,7,Literasi Digital,3,LoA,1,Logo Muktamar NU ke-33,1,Logo NU,1,Love Peace,1,LPDP,1,LSN,5,LSN 2017,3,LTN NU,3,Lukman Hakim Saifuddin,3,Lunar System,1,M. Kholid Syeirazi,1,M. Nur Kholis Setiawan,1,M. Rikza Chamami,13,M. Rikza Khamami,1,Ma'arif NU,2,Madrasah,24,Madrasah Diniyah,5,Madrasah Lebih Baik,2,Madrasah TBS,1,Mahasiswa,2,Mahbub Ma'afi,2,Mainstream Media,1,Majelis Dzikir,1,Majelis Shalawat,1,Makalah,3,Makam Gus Dur,1,Makam Nabi,1,Makam Nabi Muhammad SAW,1,Makam Rasulullah,1,Makam Sunan Bonang,1,Makkah,1,Maklumat,3,Makna Bismillah,1,Makna Logo Muktamar NU ke-33,1,Malik bin Anas,1,Mama Falak,1,MAN IC,1,Manhaj Salafi Imam Syafi’i,1,Manhaji,1,Manusia Robot Bali,1,Mars,1,Masjid,1,Masjid Zhenjiao,1,Masjidid Haram,1,Masjidil Haram,1,Maturidiyyah,1,Maulid,4,Maulid Burdah,1,Maulid dalam Islam,1,Maulid Nabi,7,Maulid Nabi Muhammad SAW,3,Mbah Maimoen Zubair,2,Mbah Moen Sarang,2,Mbah Mun,1,Mbah Sahal,1,Mbah Sholeh Darat,1,MCA,1,Media,2,Media Sosial,1,Media Watch,1,Mehmet Gormez,1,Melangkahi Kuburan,1,Meme,1,Meme Islami,1,Menag,2,Meneguhkan Islam Nusantara untuk Peradaban Indonesia dan Dunia,1,Mengenal Jejak Mengenal Watak,1,Menristek,1,Menulis,1,Merayakan Maulid,1,Milad,1,Minal Aidin Wal Faizin,1,Minhajul 'Abidin,5,Moment,1,MTs Surya Buana Malang,1,MTsN 2 Pamulang,1,MTT,1,Mualaf,2,Mudik Lebaran,1,Muhammad,2,Muhammad bin ‘Abd al-Wahhab,2,Muhammad Nasir,1,Muhammad Niam,1,Muhammad PBUH,1,Muhammad SAW,3,Muhammad Tijany,1,Muharram,2,MUI,1,Mujaheeden,1,Mujahidin Palestina,1,Mukiyah,1,Mukjizat,2,Muktamar NU,1,Muktamar NU ke 33,2,Munas-Konbes NU,20,Munawir Aziz,1,Muntaha Azhari,1,Museum Keraton Sumenep,1,Muslim Hong Kong,1,Muslim Kagetan,1,Muslim Papua,1,Muslimat NU,2,Nabi dan Rasul,1,Nabi Ibrahim,1,Nabi Muhammad,2,Nabi Muhammad SAW,6,Nadirsyah Hosen,6,Nadlatul Ulama,2,Nahdatul Ulama,18,Nahdlatul Ulama,157,Nahdlatul Ulamata,1,Name of Allah,1,Narkoba,3,Nasehat,8,Nasihat,1,Nasional,412,Nasionalisme,1,Natal,1,Natal 2015,1,Natal dan Maulid,1,Netizen Jurnalistik,1,New,1,News,677,News Ikhbar,2,News IPPNU,1,News Pictures,17,Ngaji Live,1,Ngaji Puasa,27,Ngaji Ramadan,8,Ngaji Ramadhan,20,Ngaji Video,1,Niat Puasa,1,Nishfu Sya'ban,1,NKRI,1,NKRI Harga Mati,3,NU,7,NU ANZ,1,NU Batang,1,NU Bogor,13,NU Care,2,NU Care LazisNU,2,NU Garis Lurus,1,NU Jabar,2,NU Jatim,1,NU Klaten,1,NU Semarang,1,NUCare,4,NUPeduli,1,Nur Kholik Ridwan,1,Nur Rofiah,1,Olimpiade Kedokteran,1,Opini,283,Opinion,1,Opnion,1,Orbituari,2,Pagar Nusa,13,PAI,2,Palestina,2,Palestine,1,Palestine Mujaheeden,1,Papua,1,Parenting,1,PBNU,8,PBSB,3,PBSB 2016,1,Peace,1,Peduli Bencana,2,Pelajar NU,1,Pendaftaran PBSB 2016,1,Pendididkan Islam,18,Pendidika Islam,1,Pendidika Islam,1,Pendidikan,171,Pendidikan Agama,1,Pendidikan Islam,158,Pendidikan Karakter,2,Pendidikan Madrasah,5,Pendidikan Politik,3,Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam,1,Pendidikn Karakter,1,Pendis Kemenag,2,Penggrebekan di Jepara,1,Pengobatan Islami,1,Penjajahan,1,Pentas PAI,1,Penulis,1,Perang,1,Perang Badar,1,Perang Uhud,1,Perguruan Tinggi NU,1,Perkemahan Rohis,1,Perppu Ormas,2,Perpres,1,Perpu Ormas,1,Perwimanas,2,Pesan Kiai,1,Pesantren,70,Pesantren Assalafiyah Cirebon. Assalafiyah,1,Pesantren Ibnu Mas'ud,1,Pesantren Lirboyo,2,Pesantren Mahasiswa,1,Pesantren Salaf,1,Photo,1,Pilihan Editor,105,Pilkada,1,Pilkada 2017,1,Pilkada DKI,1,Pilkada Jatim,1,Ploso,1,PMII,3,Polemik Sejarah Tere Liye,1,Politik,13,Ponorogo,1,Ponpes Al-Anwar,1,Pontianak,1,PPMN III,1,Pra Munas,4,Pramuka,1,Prof. Dr. Ahmad Tayyeb,1,Prof. Dr. Quraish Shihab,3,Profil,3,PTKI,1,Puasa Arafah,1,Puasa Ramadhan,1,Puisi,12,Pustaka,10,Pustaka Pesantren,8,Qawli,1,Qunut Nazilah,1,Quote,1,Qurban,5,Radicalism,1,Radikalisme,10,Rajab,1,Ramadan,2,Ramadhab,1,Ramadhan,72,Ramadhan 2015,12,Ramadhan 2016,2,Ramadhan di Hong Kong,1,Ramadhan Video,25,Rasis,1,Rasullah,1,Rasulullah SAW,6,Recommended,2,Refleksi Akhir Tahun,1,Release,2,Release PBNU,1,Religion,2,Remaja Islam,1,Resolusi Jihad,2,Resolusi Jihad NU,1,Rezeki Halal,1,Rijal Mumazziq Z,1,Risalah NU,1,RMI NU,4,Robikin Emhas,1,Robot,1,Rohingya,11,Rokok,2,Rubbubiyah,1,Ruchman Basori,2,Rukun Islam,1,Sahabat,1,Sahabat Nabi,2,Sahih Muslim,1,Said Budairy,1,Saifuddin Zuhri,1,Saifullah Ma'shum,1,Sajak,2,Salafi,2,Salam,1,Sanad Keilmuan,1,Santri,6,Santri Goes To Papua,3,Santri Menulis,1,Santri Urban,1,Sarkub Papua,1,Sastra Islam,11,Satelit,1,Satelit Indonesia,1,Save Rohingya,6,Sayembara Logo Muktamar NU ke-33,1,Science,5,Sedekah,3,Sejarah,5,Sejarah Al-Qur'an,1,Sejarah Indonesia,2,Sejarah Islam,1,Sejarah NU,2,Sekolah Lima Hari,1,Seni dan Sastra Islam,12,Seri Belajar Islam,8,Seri KH. Said Aqil Siraj,1,Seri Tokoh,1,SGTP,1,Shahih Muslim,1,Shaikh Nimr Baqir al-Nimr,1,Shalat,18,Shalat Gerhana,3,Shalat Idul Adha,1,Shalat Istiqa,1,Shalat Jum'at,6,Shalat Sunah,1,Shalat Sunnah,3,Shalat Tarawih,15,Shalawa Nabi,1,Shalawat,2,Shalawat Nabi,4,Shalawat Nabi Muhammad SAW,2,Shalawat Nariyah,3,Sholat Tarawih,1,Sholawat,1,Sholeh Darat,1,Short Course,1,Sifat Mulia Rasulullah SAW,1,Silsilah Nabi Muhammad SAW,1,Silsilah Rasulullah,1,Sindikasi Damai,15,Sindikasi Media,1,Singaparna,1,Sinopsis,1,Sirah Nabawiyah,2,Sirah Nabi,2,Siswa Berprestasi,1,Slamet Basyid,1,solar system,1,Solidaritas,1,Sponsored,2,Suara NU,1,Sudut Pandang,1,Sudut Taman Ramadhan,7,Sufistik,1,Sumanto Al Qurtuby,9,Sumenep,1,Sunnah,2,Sunnah Rasulullah,1,Sunnah Shalat,1,SUNNI,1,Sunni-Shia,1,Sunni-Syiah,1,Suraji,6,Surat Edaran Gubernur Jateng,1,Surat Terbuka,3,Suriah,2,Syafa'at Rasulullah,1,Syafaat Nabi,1,Syahid,1,Syahrozad Zalfa Nadia,1,Syaikhona Kholil Bangkalan,1,Syarat Wajib Zakat,1,Syariah,2,Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani,1,Syeikh Abdul Qodir Al-Jailany,1,Syekh Abdul Qadir Al-Jailani,1,Syekh Dr. Muhammad Fadhil,1,SYIAH,3,Tafsir,1,Tafsir Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani,1,Tahlilan,2,Tahun Baru 2016,1,Tahun Baru Islam,2,Tahun Baru Masehi,1,Tanah Suci,1,Tarawih,21,Tasawuf,3,Tawan,1,Tawariq,1,Tayyip Erdogan,1,Tebuireng,6,Tekno,20,Teladan,1,Teladan Nabi,3,Teologi Teror,1,Teraweeh,1,Tere Liye,1,Teror,1,Teror 2016,1,Teror Jakarta,1,Teror Sarinah,1,Teror Thamrin,1,Teroris,4,Terorism,10,Terorisme,25,Tionghoa,1,Tips and Trick,2,Tokoh,86,Tokoh Betawi,1,Tokoh Bogor,1,Tokoh Dunia,3,Tokoh Indonesia,19,Tokoh Islam,114,Tokoh Kemerdekaan,2,Tokoh Muda Islam,25,Tokoh NU,17,Tokoh NU Bogor,1,Tokoh NU Jabar,1,Tokoh Perempuan,1,Tokoh PMII,1,Tokoh Rembang,1,Tokoh Syiah,1,Tolak FDS,12,Toleransi,5,Tradisi,2,Tragedi Crane di Masjidil Haram,1,Trend Sosial,2,Tuah Pesantren,1,Tulisan Arab,1,Tuntunan Islam,1,Turats,1,Turki,1,TurnBackHoax,4,Tutorial,1,TV9,1,Ubaidillah Achmad,23,Ubaidillah Ahmad,1,Ucapan Minal Aidin Wal Faizin,1,Ucapat Selamat Natal,1,Udhiyah,1,Uhud,1,Ulama,11,Ulama Bogor,1,Ulama Indonesia,1,Ulama NU,3,Ulama Nusantara,1,Ulama Perempuan,1,Ulama Salaf,1,Uluhiyah,1,UNU,2,Ustad Ahmad Ikrom,1,Ustadz,1,Ustadz Ahmad Ali MD,2,Ustadz Ali MD,1,Ustadz Fathuri,24,Ustadz Fatoni Muhammad,1,Ustadz Lc,1,Ustadz Ma'ruf Khozin,3,Ustadz Menjawab,5,Ustadz Yusuf Mukhtar Sidayu,1,Ustadz Yusuf Suharto,1,Uswah,3,Uswatuna,3,UU Ormas,1,Video,5,Vinanda Febriani,7,VoA-Islam,1,Wahabi,4,Wahabism,2,Wahabisme,2,Wahid Foundation,6,Wali Pasemone,1,Wali Songo,2,Walisongo,5,Waliyullah,1,Wardi Taufik,1,Wawasan,79,Wawasan Islam,54,Wawasan Kebangsaan,12,Wawasan Nusantara,43,Website Islam Indonesia,1,Website Islam Nusantara,1,Wirid dan Doa,2,Wirid dan Doa Setelah Shalat,1,Women and Jihad,1,Women Fighter,1,World Peace,1,Wudhu,3,Yahya Staquf,1,Yasin,1,Yayasan Saifuddin Zuhri,1,Yenny Wahid,3,Yogyakarta,8,Z-Featured,3,Zainal Mustafa,1,Zakat,4,Zakat Fitrah,2,Zakir Naik,1,Zakky Zulhazmi,2,ZIarah,4,Ziarah Kubur,2,Zikir,1,Zuhairi Misrawi,1,Zulkilfi Hasan,1,خطبة كسوف الشمس,1,
ltr
item
Arrahmah.co.id - Portal Dunia Islam: KH. A. Tamamuddin Munji: Pribadi Santri, Ilmu Pengetahuan, dan Aktualisasi Diri di Era Kekinian
KH. A. Tamamuddin Munji: Pribadi Santri, Ilmu Pengetahuan, dan Aktualisasi Diri di Era Kekinian
Sehubungan dengan latar belakang di atas, penulis teringat pernah diskusi dengan Kiai Tamam. Berikut ini pertanyaan dari beliau yang dilanjutkan dengan jawaban beliau. Hal ini dapat menjadi bahan perenungan bagi para santri dan pendamping anak didik. Berikut pertanyaan dimaksud: mengapa para ilmuwan banyak yang tidak sejalan dengan prinsip ilmu pengetahuannya?
https://4.bp.blogspot.com/-5KWydfjplKM/Wn1VGIFJZkI/AAAAAAAAQd8/YlZazrXe-soQm4XuZqpswalZfYtB2lTiQCLcBGAs/s640/Santri.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-5KWydfjplKM/Wn1VGIFJZkI/AAAAAAAAQd8/YlZazrXe-soQm4XuZqpswalZfYtB2lTiQCLcBGAs/s72-c/Santri.jpg
Arrahmah.co.id - Portal Dunia Islam
https://www.arrahmah.co.id/2018/02/kh-tamamuddin-munji-pribadi-santri-ilmu.html
https://www.arrahmah.co.id/
https://www.arrahmah.co.id/
https://www.arrahmah.co.id/2018/02/kh-tamamuddin-munji-pribadi-santri-ilmu.html
true
766049156261097024
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content