Beranda News Nasional Produsen Albothyl Buka Suara Soal Ijin Edar Produknya Dilarang BPOM

Produsen Albothyl Buka Suara Soal Ijin Edar Produknya Dilarang BPOM

8
0
Hosting Unlimited Indonesia
Produsen Albothyl Buka Suara Soal Ijin Edar Produknya Dilarang BPOM

ARRAHMAH.CO.ID – PT Pharos Indonesia, produsen produk obat Albothyl menghormati keputusan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang mencabut izin edar produknya. Perusahaan akan segera menjalankan instruksi BPOM untuk menarik obat tersebut. 

Seperti diketahui, BPOM telah mengeluarkan perintah penghentian peredaran albothyl. BPOM mengaku, dalam dua tahun terakhir, tercatat ada 38 laporan dari profesional kesehatan yang menerima pasien dengan keluhan efek samping obat Albothyl sebagai obat sariawan.

Ida Nurtika, Director of Corporate Communications PT Pharos Indonesia dalam keterangan resminya memastikan penarikan produk Albothyl akan dilakukan dalam waktu cepat dari seluruh wilayah Indonesia.

” Serta akan terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Badan POM,” kata Ida dalam keterangan tertulis tersebut. 

Menurut Ida, Albothyl adalah produk yang sudah lebih dari 35 tahun beredar di Indonesia. Merek ini berada di bawah lisensi dari Jerman yang kemudian dibeli oleh perusahaan Takeda dari Jepang.

Hosting Unlimited Indonesia

” Selain di Indonesia, Albothyl juga digunakan di sejumlah negara lain,” ujarnya.

Dengan keluarnya surat BPOM, Pharos menegaskan menghormati keputusan yang berisi pembekuan izin edar hingga ada persetujuan perbaikan indikasi. Perusahaan juga mematuhi keputusan BPON untuk menarik produknya dari pasar.

Sebelumnya, BPOM bersama ahli farmakologi dari universitas terkait memastikan obat yang mengandung policresulen dalam bentuk sediaan cairan obat luar konsentrat memutuskan tidak boleh digunakan sebagai hemostatik dan antiseptik pada saat pembedahan serta penggunaan pada kulit (dermatologi), telinga, hidung dan tenggorokan (THT), sariawan (stomatitis aftosa), dan gigi (odontologi).

Baca juga: Banyak Yang Tak Menyangka Karena Keampuhannya Mengobati Sariawan, Tetapi BPOM Umumkan Resmi Bahaya Albothyl Yang Ternyata…..

BPOM juga meminta pihak perusahaan dan industri farmasi lain yang memegang izin edar obat mengandung policresulen dalam bentuk sediaan cairan obat luar konsentrat untuk menarik obat dari peredaran selambat-lambatnya satu bulan sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Pembekuan Izin Edar.

Editor: Muhammad Iqbal
Sumber: Dream.co.id

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.