Billboard Ads

Akhirnya Indonesia Berhasil Meluncurkan Roket Terbesar Buatan Sendiri, di Garut

ARRAHMAH.CO.ID - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menguji coba roket eskperimen RX 450 dan RX 1220 di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut, Jawa Barat. RX 450 merupakan roket terbesar yang pernah diluncurkan Lapan.

Kepala Program Peluncuran Roket, Bagus H. Jihat mengatakan program RX 1220 merupakan cikal bakal Roket R-HAN 122 B. Adapun uji terbang RX 450 sebagai penyempurnaan teknologi dari uji coba RX 450 yang diluncurkan pada 2015 dan 2016.

“Untuk program tahun 2018, diharapkan dapat dilakukan uji terbang RX 320 sistem separasi muatan,” kata Bagus, melalui laman resmi lapan.

Peluncuran roket Lapan

Deputi Bidang TeknoIogi Penerbangan dan Antariksa Lapan Rika Andiarti mengatakan, uji terbang roket RX 450 sukses secara kinerja dan lebih baik ketimbang dua tahun sebelumnya.

“Meskipun kita belum memperoleh data secara teknis,” ucap Rika.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan Lapan saat ini sedang fokus mengembangkan Program Roket Sonda Lapan. Roket tersebut ditujukan tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Roket Sonda akan digunakan dalam salah satu rangkaian Roket Pengorbit Satelit (RPS) yang bersinergi dengan rencana pembangunan bandar antariksa.


[SWIPE] Roket RX 450 dan RX 1220 Sukses Meluncur . Kamis (7/12), LAPAN sukses melaksanakan uji terbang roket eksperimen (RX 450 dan RX 1220). Kegiatan ini berlangsung di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut, (LAPAN Garut), Jawa Barat. Peluncuran tersebut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Keuangan RI dan Bappenas. Kepala Program Peluncuran Roket, Dr. Bagus H. Jihat menjelaskan, program RX 1220 adalah cikal bakal dari Roket R-HAN122 B. Sedangkan uji terbang RX 450 merupakan penyempurnaan teknologi dari uji terbang RX 450 sebelumnya yang dilakukan tahun 2015 dan 2016. “Untuk program tahun 2018, diharapkan dapat dilakukan uji terbang RX 320 sistem separasi muatan,” imbuhnya. Deputi Bidang TeknoIogi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti menyatakan, uji terbang roket RX 450 secara kinerja terhitung sukses dibandingkan dengan uji terbang sebelumnya. “Meskipun kita belum memperoleh data secara teknis,” jelasnya. Lebih lanjut, ia mengatakan, meskipun belum optimal, LAPAN terus melakukan perbaikan dan improvisasi kinerja Roket RX 450. Dalam Renstra, capaian tahun 2019 sudah terprogram. Akan tetapi hal itu harus memenuhi berbagai persyaratan. Salah satunya peningkatan dalam sistem penerimaan data, peningkatan jangkauan terbang, dan kinerja lebih baik dari peluncuran sebelumnya. Momentum uji terbang kali ini akan dilanjutkan dengan uji statik roket RX 550... (Lanjutan di bawah) #roket #litbang #Indonesia
A post shared by LAPAN_RI (@lapan_ri) on

Tetapi, Thomas mengatakan pengembangan teknologi roket di Indonesia terbentur masalah kemampuan sumber daya manusia. “Meskipun diberi anggaran besar, belum tentu bisa terealisasi karena kita belum ditunjang dengan SDM dan industri pendukung yang lebih memadai,” kata Thomas.

RX-450 merupakan tipe roket balistik dengan panjang 6.110 milimeter, panjang motor 4.459 milimeter, berat total 1.500 kilogram, berat muatan 100 kilogram, gaya dorong 12895 kilogram, dan menggunakan bahan bakar propelan komposit. (Dream.co.id/Lapan_RI)