Billboard Ads

Jakarta - Penampilan dua robot transformers, bumble bee dan optimus, meriahkan penutupan kompetisi robotik madrasah yang digelar Kemenag RI di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong Tangerang Selatan, Banten, Kamis (23/11). Dua mock up robot setinggi 2.5 meter itu berjoget mengikuti iringan musik pembuka pada closing ceremony kompetisi robotik ini yang diikuti 160 tim robot madrasah dari seluruh Indonesia ini.

Kompetisi Robotik Madrasah diikuti oleh lembaga pendidikan madrasah (MI, MTs, MA) negeri dan swasta dari seluruh Indonesia. Tahun ini merupakan tahun yang ketiga setelah event pertama digelar di Cilandak Town Square, dua tahun silam.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jakarta meraih juara pertama untuk katagori self driving robot tingkat SLTA dan MAN 1 Surakarta raih juara 1 pada katagori rancang bangun mekanika. Sedangan untuk SLTP juara satu diraih MTsN 6 Sleman Yogyakarta dan MTsN Jembrana Bali. Untuk tingkat sekolah dasar, juara 1 diraih Madrasah Aiyah Negeri (MIN) 1 Cilegon Banten.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin mengatakan, kompetisi ini bertujuan mempromosikan aspek sains di kalangan pendidikan Islam di Indonesia. “Ini mengakomodir siswa-siswi madrasah yang memiliki bakat dan minat di bidang robotik. Bahkan sudah banyak siswa-siswi madrasah yang juara lomba robotik di tingkat internasional. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Indonesia memiliki kualitas dunia,” ujarnya.

Dia berharap, Kompetisi Robotik Madrasah mampu menghasilkan siswa-siswi madrasah yang mampu bersaing di tingkat internasional. Kompetisi yang digelar di Foyer Hall 2 ICE BSD ini diikuti oleh 166 siswa-siswi madrasah. Total terdapat 83 tim dari sejumlah provinsi di Indonesia ikut berpartisipasi. Di antaranya Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat,  Gorontalo, Bali, Bengkulu, Kepulauan Riau dan Riau.

Pendaftaran Kompetisi Robotik Madrasah 2017 dibuka sejak tanggal 8-13 November 2017.  Sedianya, terdapat 152 tim yang mendaftar, namun karena terbatasnya kuota, panitia hanya menyeleksi 83 tim yang mendaftar paling awal dan melampirkan syarat-syarat lengkap. Setiap tim terdiri atas dua siswa, sehingga total peserta 166 dengan rincian:

Madrasah Ibtidaiyah (MI): 18 Tim Kategori Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot); Madrasah Tsanawiyah (MTs): 17 tim Kategori Robot Ekspendisi; Madrasah Tsanawiyah (MTs): 13 tim Kategori Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot), Madrasah Aliyah (MA): 17 tim Kategori Self-Driving Car; Madrasah Aliyah (MA): 18 tim Kategori Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot).

Tahun ini, Kompetisi Robotik Madrasah 2017 menambah kategori baru, yaitu kategori Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot) untuk tingkat MTs dan Tingkat MA. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Dr. Ahmad Umar, MA. Mengatakan, Kompetisi Robotik Madrasah meningkatkan daya saing dan mengangkat marwah madrasah.

Berikut nama-nama pemenang Kompetisi Robotik Madrasah berdasarkan kriteria sesuai keputusan dewan juri yang diumumkan tadi Kamis (23/11) malam:

TINGKAT MI
Kategori: Kit Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot)

Juara I: MIN 1 Cilegon, Banten. Hadiah: tropi dan uang pembinaan Rp22 juta.
Juara II: MIS Islamiyah 03, Madiun. Hadiah: tropi dan uang pembinaan Rp18 juta.
Juara III: MI Asih Putera, Cimahi. Hadiah: tropi dan uang pembinaan Rp 14 juta.

TINGKAT MTS
Kategori 1: Mobile Robot Ekspedisi

Juara I: MTsN 6 Sleman, Yogyakarta. Hadiah: Tropi dan uang pembinaan Rp18 juta.
Juara II: MTsN Tanon, Sragen, Jawa Tengah. Hadiah: Tropi dan uang pembinaan Rp14 juta.
Juara III: MTsN 2 Pasuruan, Jawa Timur. Hadiah: Tropi dan uang pembinaan Rp12 juta.

Kategori 2:  Kit Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot)

Juara I: MTsN 1 Jembrana, Bali. Hadiah: Tropi dan uang pembinaan Rp22 juta.
Juara II:  MTsN 4 Jakarta. Hadiah: Tropi dan uang pembinaan Rp18 juta.
Juara III: MTsN Bangil, Jawa Timur. Hadiah: Tropi dan uang pembinaan Rp14 juta.

TINGKAT MA
Kategori 1: Mobil Mandiri (Self Driving Car)   

Juara I: MAN 3 Jakarta. Hadiah: terdiri dari: Tropi dan uang pembinaan Rp18 juta.
Juara II: MAN 2 Samarinda. Hadiah: Tropi dan uang pembinaan Rp14 juta.
Juara III: MAN Insan Cendekia, OKI. Hadiah: Tropi dan uang pembinaan Rp12 juta.

Kategori 2: Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot)

Juara I: MAN 1 Surakarta. Hadiah: Tropi dan uang pembinaan Rp22 juta.
Juara II: MAN 4 Tangerang, Banten. Hadiah: Tropi dan uang pembinaan Rp18 juta.
Juara III: MA Bismillah Serang Banten. Hadiah: Tropi dan uang pembinaan Rp14 juta.

Kompetisi Robotik Madrasah merupakan rangkaian Kegiatan International Islamic Education Expo (IIEE) atau Expo Internasional Pendidikan Islam yang digelar Direkorat Pendidikan Islam tanggal 21-24 November 2017 di ICE BSD Serpong, Tangerang Selatan. (AK)