Billboard Ads

"Sesungguhnya kita memulai hari ini (10 Dzulhijjah) dengan melaksanakan shalat, kemudian kami pulang dan menyembelih qurban. Barang siapa yang melakukannya, maka ia sudah sesuai dengan sunnah kami. Siapa saja yang menyembelih sebelum itu, maka itu adalah daging biasa yang disajikan bagi keluarganya, bukan bagian dari ibadah." (HR. Bukhori-Muslim)

Waktu Penyembelihan Hewan Kurban
Ilustrasi. Waktu Penyembelihan Hewan Kurban. Photo: IbTimes

FIQH, ARRAHMAH.CO.ID - Adapun waktu penyembelihan adalah dimulai setelah shalat Idil Adha dan berakhir hingga menjelang terbenamnya matahari pada hari ketiga Tasyriq. Di sini waktu penyembelihan yang paling utama adalah usai shalat dan khutbah Idil Adha hingga sebelum matahari tergelincir. 

Adapun dalilnya adalah Hadist riwayat Bukhari Muslim dari Barra' bin 'Azib, Nabi Muhammmad SAW bersabda, "Sesungguhnya kita memulai hari ini (10 Dzulhijjah) dengan melaksanakan shalat, kemudian kami pulang dan menyembelih qurban. Barang siapa yang melakukannya, maka ia sudah sesuai dengan sunnah kami. Siapa saja yang menyembelih sebelum itu, maka itu adalah daging biasa yang disajikan bagi keluarganya, bukan bagian dari ibadah." 
                      
Adapun jika menyembelihnya pada waktu malam, sebagian ulama, di antaranya Malik bin Anas melarang untuk melakukannya. Faidah dari hal ini adalah pada waktu malam dikhawatirkan penyembelihan kurang sempurna, karena faktor gelap, dan biasanya adalah waktu bagi hewan-hewan untuk beristirahat. Dalil dari pendapat ini adalah firman Allah surat Al-Haaqqah ayat 7: "Allah menimpakannya (angin itu) kepada mereka selama tujuh malam dan delapan hari berturut-turut." Di sini Allah menegaskan kata ayyam, adalah siang hari, tidak termasuk malamnya.

Meski demikian, ulama lain, di antaranya Syafi'i membolehkan menyembelih qurban pada waktu malam dengan lebih berhati-hati di dalam penyembelihannya. Dalil bahwa boleh menyembelih baik siang maupun malam adalah firman Allah surat Hud ayat 65, "Maka bersuka-rialah kamu di rumahmu selama tiga hari." tsalatsata ayyam dalam ayat ini memasukkan makna siang dan malam. Karena itulah qurban disembelih pada Hari Idil Adha dan hari-hari tasyriq, mengandung arti siang dan malamnnya. (Bidayatul Mujtahid, juz 2, h. 285-286)

Jika waktu penyembelihan lewat, maka bagi sembelihan wajib, misalnya adalah qurban nadzar, di mana hukumnya wajib dilaksanakan, maka hewan qurban tetap boleh disembelih seketika itu juga sebagai qadla' atas kewajiban yang telah lewat waktunya. Sedangkan jika qurbannya adalah qurban sunnah, maka dibolehkan untuk disembelih, tetapi dipandang sebagai sembelihan biasa, dan jika toh dagingnya dibagi-bagikan, itu bernilai shadaqah bagi yang melakukannnya (AL-FIqh Al-Islami Wa Adillatuhu, juz 3, h. 611)                       

Di sisi lain, sebelum penyembelihan, ada beberapa hal yang perlu dicamkan bagi mudhahhi atau panitia. Pertama, dimakruhkan untuk menunggang atau bentuk memanfaatkan hewan yang lain. Bahkan seandainya hewan yang akan disembelih itu memiliki air susu, maka dianjurkan untuk menshadaqahan air susu itu. Atau jika karena hamil, dan hewan qurban itu melahirkan anak, maka dianjurkan untuk shadaqah dengan harga anak hewan itu. Sebab, induk hewan ini sudah diniatkan untuk qurban, maka anaknya pun, yang dalam kandungan turut serta dalam qurban ini (Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu, juz 3, h. 625)


Oleh: Ustadz Fathuri Ahza Mumtaza

Baca juga Artikel2 Lain Ustaz Fathuri: 

FIQH QURBAN dan SEPUTAR IDUL ADHA
Oleh Ustadz Fathuri Ahza Mumtaza

Bab Udhhiyyah (Qurban) - Makna dan Aturannya
https://www.arrahmah.co.id/2017/08/udhiyah-makna-dan-aturannya.html

Syarat Bagi Orang Yang Berqurban
https://www.arrahmah.co.id/2017/08/syarat-bagi-orang-yang-berqurban.html

Kriteria Orang yang Berqurban
https://www.arrahmah.co.id/2017/08/kriteria-orang-yang-berqurban.html

Syarat Hewan Qurban
https://www.arrahmah.co.id/2017/08/syarat-hewan-qurban.html

Waktu Penyembelihan Hewan Qurban
https://www.arrahmah.co.id/2017/08/fasal-tentang-waktu-penyembelihan-hewan-kurban.html

Sunnah-Sunnah Penyembelihan Hewan Qurban
https://www.arrahmah.co.id/2017/08/sunnah-sunnah-penyembelihan-hewan-qurban.html

Hukum Shalat Jum'at Yang Berbarengan dengan Shalat Ied
https://www.arrahmah.co.id/2017/08/hukum-shalat-jumat-yang-berbarengan.html