Billboard Ads

Pesan Damai Ramadhan, Menag Lukman Hakim: Momen Muhasabah Menjaga dan Melindungi Martabat Kemanusiaan Kita
Pesan Damai Ramadhan, Menag Lukman Hakim: Momen Muhasabah Menjaga dan Melindungi Martabat Kemanusiaan Kita
ARRAHMAH.CO.ID - Ramadhan telah tiba. Bulan penuh ampunan dan maghfiroh menghampiri kita. Bulan penuh kemuliaan. Inilah penghulu bulan yang mempunyai kelebihan dan keistimewaan tidak ada bandingnya. Mereka yang beribadah di dalamnya mendapatkan ganjaran berlipat ganda.

Dalam pesan video yang akan disampaikan melalui akun media sosial Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis), Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan Muhasabah, bulan untuk kita mengevaluasi diri dan mawas diri terhadap 11 bulan yang sudah kita jalani.


"Mari kita mengintrospeksi diri apakah keberagamaan kita telah benar-benar menebarkan kemaslahatan untuk sesama, apakah keberagamaan kita telah benar-benar melindungi harkat, derajat dan martabat kemanusiaan sesama kita," ujar Menag saat rekaman video Ramadhan di Jakarta, Senin (22/05). "Atau keberagamaan kita justru mengingkari semua itu, menebar fitnah, menebar hal-hal yang justru merendahkan bahkan meniadakan kemanusiaan kita bersama," tambahnya.

Menag menginginkan semua umat dapat saling menghormati dan menghargai kesucian bulan Ramadhan, saling menghargai "ruang keberagamaan", menyingkirkan ego yang dapat mengganggu kemaslahatan bersama, sehingga Ramadhan dalam kita jalani dengan lebih bermakna dan mampu menempa pribadi kita masing-masing menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Menurut Kasubbag Humas dan Publikasi Ditjen Pendis Muhtadin, Ditjen Pendis ingin menampilkan video menag terkait bulan Ramadhan ini di semua akun media sosial resmi Ditjen Pendis. Hal ini sengaja dilakukan agar pesan Menag ini dapat langsung sampai ke semua khalayak, khususnya para generasi muda, mengingat pengikut akun media sosial Pendis kebanyakan dari kalangan anak muda dari madrasah, pondok pesantren dan PTKI, ungkap Muhtadin. (pendis/dod/arrahmah.co.id)