Santri Digembleng Menulis Untuk Suarakan Islam dan Tradisi Damai

Santri Digembleng Menulis Untuk Suarakan Islam dan Tradisi Damai

Santri Digembleng Menulis Untuk Suarakan Islam dan Tradisi Damai
Santri Digembleng Menulis Untuk Suarakan Islam dan Tradisi Damai
ARRAHMAH.CO.ID - Workshop penulisan santri di Hotel POP Surabaya pada tanggal 8-12 April 2017 yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Pesantren (PSP) dengan tema "Islam dan Tradisi Damai".

Workshop ini diselenggarakan dengan latar belakang pesantren yang memiliki begitu banyak kekayaan baik keilmuan hingga beragam tradisi keislaman. Tantangan yang dihadapi kalangan pesantren di era informasi yang begitu deras dengan berbagai isinya adalah kemauan untuk berkiprah mengisi arus informasi itu. Teknologi informasi masih dianggap sebagai ancaman meski di sana-sini mulai tumbuh kesadaran akan manfaat perkembangan ini. Untuk pelatihan intens untuk para santri ini terus dilakukan.

Untuk itu kegiatan penulisan santri yang diikuti 20 santri ini dari perwakilan terbaik Pesantren se Jawa Timur diharapkan memunculkan kekayaan khazanah pesantren.

Menurut Gus Ubaidillah Fadhil, sebagai pendiri PSP dari PP Al Falak Pagentongan Bogor kekayaan khazanah pesantren merupakan mata air yang tak pernah kering yang apapun darinya bisa menjadi bahan untuk tulisan.

"Pesantren memiliki banyak dimensi yang tidak pernah habis untuk kita bahas, oleh karena itu PSP selalu memberikan support untuk santri dan pesantren, salah satunya workshop dan pelatihan penulisan untuk santri yang diselenggarakan hari ini" ungkapnya via rilis yang Redaksi Arrahmah terima, Minggu, (09/04/2017).

Kegiatan ini dipandu pemateri-pemateri handal yang juga menjadikan workshop memiliki nilai tawar lebih. Antara lain: Soffa Ihsan; Penulis buku 'In The Name of Sex', Achmad Ubaidillah, S.Hum; penulis buku 'Sabda Rindu' dan Owner PSP. Abdulloh Hamid, M.Pd.; Pengurus Pusat RMI-NU divisi Media dan Data, dan Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya. K.H. Dian Nafi'; Pengasuh PP Al Muayyad Mangkuyudan Solo dan Aktifis Pesantren. Anick H.T.; Konseptor Inspirasi.co dan Komunitas Santri. Abdullah Sajad; Owner suarapesantren.net dan peneliti PSP.

Beberapa pesantren yang mengikuti pelatihan intens ini antara lain: PP Al Furqon Darul Ulum Jombang, PP Lirboyo Kota Kediri, PP Sunan Drajad Lamongan, PP Tahsinul Akhlaq Rangkah Surabaya, PP Al Anwar Kediri, PP Darul Karomah Singosari Malang, PP Darul Hikmah Mojokerto, PP Salafiyah Pasuruan, PP Nurul Khoir Surabaya, PP Bahauddin Khos Al Ismailiyah Sidoarjo, semua berkolaborasi antar santri Jawa Timur yang hari ini masih berlangsung (9 April 2017).

Salah satu pesan Soffa Ihsan  "menjadi penulis itu butuh kedisiplinan, dan tidak takut menyampaikan realita apapun, termasuk tentang seksualitas dan hal-hal tabu lainnya, menjadi penulis itu jujur," ungkapnya. (ibn yaqzan)
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: