Rukun-rukun Shalat Setelah Niat – #BelajarIslam

0 38
Rukun-rukun Shalat Setelah Niat - #BelajarIslam
Rukun-rukun Shalat Setelah Niat – #BelajarIslam

ARRAHMAH.CO.ID – Rukun-rukun Shalat Setelah Niat berdiri Jika Mampu. Dasarnya adalah Hadist riwayat Bukhari, Rasulullah bersabda, “Shalatlah dengan berdiri. Jika tidak mampu maka dengan duduk. Dan jika tidak mampu juga, maka berbaring.” (At-Tadzhib, h. 49).

Tetapi jika tidak mampu berdiri, maka dibolehkan duduk. Dan di sini duduk iftirasy, seperti duduk saat Tahiyat pertama, itu lebih utama (Fathul qarib, h. 13)

Yang dimaksud berdiri di sini adalah tegaknya punggung. Karena itu, jika ada orang shalat dengan badan miring, ke depan, ke belakang, atau ke samping, sehingga tidak masuk kategori berdiri, maka batallah shalatnya. Demikian pula jika badannya condong ke depan, dan posisi itu lebih dekat ke ruku, maka juga dianggap tidak sah. (Al-Iqna, juz 1, h. 295)

Jika ada orang shalat bersandar di dinding, dan posisinya berdiri sempurna, maka tetap sah, tetapi makruh hukumnya. Sedangkan jika ada orang yang shalat dengan mengangkat salah satu atau kedua kakinya sehingga mengambang, ini juga tidak sah shalatnya.

Jika ada yang berdiri mampu, tapi ruku’ dan sujud tidak, maka tetap diwajibkan berdiri. Dan untuk ruku’ dan sujudnya nanti tinggal badan dicondongkan ke depan sesuai kemampuan. Tentu ruku’nya lebih ringan daripada sujudnya.

Jika mampu duduk, maka duduk iftirasy, sebagaimana telah disebut di atas, itu lebih utama. Karena duduk iftirasy adalah duduk ibadah. Sedangkan jongkok itu dimakruhkan, sebagaimana ada larangan dalam hadist shahih riwayat Hakim. (Al-Iqna, juz 1, h. 295)

[next]

1. Bagaimana dengan orang yang mampu berdiri tuk sholat karena di dalam perjalanan sehingga harus sholat duduk ?

Jawab: Jika tidak mampu berdiri, sebagaimana dijelaskan di atas, apakah itu karena sakit, karena sudah sepuh, atau ada kendala lokasi, maka tentu saja boleh duduk. Ini Nabi sudah sampaikan. Yang jelas, pilihannya secara berurutan adalah berdiri, lalu duduk, berbaring sebelah kanan, berbaring sebelah kiri, telentang. Jika tidak mampu juga semampunya, sebagaimana diriwayatkan dari An-Nasa’i (Kifayatul Akhyar, h. 84, Al-Wasith fil Fiqhil ‘Ibadati, h. 190)

2. Lalu bagaimana pak ustad hukum sholatnya orang cacat maaf seperti orang bungkuk?

Jawab: Penjelasannya sama seperti di atas persis, tidak bisa berdiri karen sakit, sepuh dll, termasuk adalah bongkok atau bungkuk

3. Mohon penjelasan bagaiman dgn orang yang sholat hanya menggerakn Mata saja..sebab shalat kan wajib..karena orng tesebut sedang sakit..tapi sholatnya hanya bisa menggerakan mata dan juga hati..mohon penjelasannya apakah sholatnya sah?

Jawab: Prinsip dasar yg perlu dipahami bersama adalah pengertian shalat itu af’al (perbuatan2 fisik) dan aqwal (perkataan) yg dimulai dr takbir dan diakhiri dg salam. Fisik ini dari anggota badan luar (kaki, tangan dll) hingga dalam (hati). Karena itulah kerja fisik menjadi rukun yg tidak bisa ditinggalkan.

Karena itu, jika kaki, tangan atau anggota utama lain krn satu hal tidak berfungsi, maka gerakan2 shalat dikerjakan anggota tubuh lain. Jika yang bisa bergerak adalah jari telunjuk, maka gunakan itu. Jika hanya bisa mata, maka gerakkan itu, yaitu terutama saat ruku dan sujud (mata dipejamkan, saat sujud lebih rapat dibanding saat ruku). Tetapi jika yg bisa digerakkan dari semua anggota tubuh adalah kaki, gerakkan sesuai kemampuan.

Nah, jika semua anggota tubuh luar tidak bisa difungsikan, maka lakukanlah dengan hati, sambil membayangkan gerak2an dalam shalat, saat berdiri, saat ruku, saat sujud dst

Mengapa sampai demikian?

Karena shalat wajib dalam kondisi apapun. Uzur shalat hanya jika lupa atau tertidur, atau hilang ingatan (gila). Sepanjang tidak terjadi hal yang demikian, meski badan sakit, shalat wajib dilaksanakan sesuai kemampuan, bahkan yang tertinggal sekalipun, tetap wajib diqadla atau diganti.

Rubrik Belajar Islam, diasuh oleh Ustadz Fathuri, disarikan dari Kajian Online Reboan, Majelis Tafsir Jalalain.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...