Kesatuan Amal Ibadah Fisik Dan Hati: Sumber Keseimbangan Psikis dan Kesempurnaan Kepribadian - Seri Kajian Minhajul Abidin #4

Kajian ini, masih terkait dengan bab Ilmu dalam kitab Minhajul Abidin. Ilmu sebagaimana yang sudah diuraikan pada pembahasan sebelumhya merupakan kunci diterimanya amal ibadah.

Kesatuan Amal Ibadah Fisik Dan Hati: Sumber Keseimbangan Psikis dan Kesempurnaan Kepribadian
Ilustrasi - Kesatuan Amal Ibadah Fisik Dan Hati: Sumber Keseimbangan Psikis dan Kesempurnaan Kepribadian
Oleh: Ubaidillah Achmad

ARRAHMAH.CO.ID - Kajian ini, masih terkait dengan bab Ilmu dalam kitab Minhajul Abidin. Ilmu sebagaimana yang sudah diuraikan pada pembahasan sebelumnya merupakan kunci diterimanya amal ibadah. Ilmu dalam kitab ini, adalah pengetahuan yang bersumber dari pemahaman mendalam seseorang terhadap pengetahuan yang terkait dengan perintah beribadah, baik yang terkait dengan ibadah wajib (langsung terkait dengan perbutan/amal jawarih) maupun yang terkait dengan perbuatan ibadah hati.

Jika makna dan aplikasi keaatuan ibadah ini tidak diketaui (bagaimana) proses, mekanisme dan model aktualisasinya, maka akan marusak hakikat ibadah seseorang. Misalnya, tentang hukum yang halal dan yang haram, yang makruh dan yang sunnah, yang mubah yang ternyata mengandung rahasia kekuatan relasi suci antara Allah, Manusia dan Kesemestaan. Dalam konteks yang mubah ini, Maualana Imam Al-Ghazali mencontohkannya dengan contoh beberapa ibadah hati.

Dalam konteks sekarang ini, bisa saya sampaikan contoh yang mubah yang tidak bisa diabaikan, yaitu turut menjaga lingkungan lesatari. Menjaga lingkungan lestari contoh perbuatan yang terlihat sederhana, namun akan berdampak pada kehidupan umat manusia. Sehubungan dengan inti ibadah dan hal hal yang terkait dengan ibadah tersebut, maka tidak mungkin terlaksana dengan baik tanpa kemampuan keilmuan seseorang yang terkenai beban hukum.

Dalam pembahasan teks minhajul abidin sebelumnya, telah dibahas penanda kesalehan seseorang, baik tentang ibadah wajib maupun ibadah bathin. Keduanya merupakan ibadah yang sama sama disyariahkan. Karenanya, keduanya sama sama tidak dapat dipisahkan. Jika keduanya dipisahkan, maka akan merusak keseimbangan amal seseorang dan menghapus catatan amal baik seseorang. Hal ini, sebagaimana ditegaskan dalam teks kitab berikut:

Fa inna lil-a'maali ad dzahirati 'a-laa-iqun min al masaa'i al bathinah tuslihuha wa tufsiduha kal Ikhlas wa ar riyaa-i wa al ujbi wa dzikril minnati wa ghairihi. 

Makna dari teks tersebut menegaskan, bahwa sesungguhnya amal dzahir memiliki keterkaitan dengan amal bathin. Artinya, amal dzahir dianggap sebagai amal yang bisa diterima oleh Allah atau dianggap sebagai amal pebuatan yang rusak, adalah sangat tergantung pada amal bathin seseorang. Jika kebaikan amal dzahir simetris dengan kebaikan amal bathin, maka amal dzahir akan diterima sebagai amal kebaikan. Sebaliknya, jika kebaikan amal dzahir dirusak oleh amal bathin yang buruk, maka kebaikan amal dzahir akan menjadi rusak. Contoh amal bathin yang sangat menentukan diterima atau rusaknya amal dzahir, adalah ikhlas, riya', ujub, dzikril minnah, dan lain sebagainya.

Yang menarik, dari lanjutan teks kitab Minhajul Abidin tersebut di atas, berupa: Fa man lam ya'rif hadzihi al masa'iya al baathinata wa wujuha ta'tsiriha fil ibadati ad dzahirati wa kaifiyati al ikhtirasi minha wa hifdzil amali anha fa qallama yaslamu lahu 'amalu ad dzahiri.

Makna dari teks tersebut di atas menegaskan, bahwa siapa saja (umat Islam yang sudah terkena beban hukum yang disyariahtkan) perlu mengetahui keilmuan yang mendalam terhadap hal hal berikut: pertama, perbuatan bathin pengaruhnya terhadap perbuatan ibadah dzahir. Kedua, tata cara menjaga amal ibadah bathin dan menjaga amal ibadah bathin. Jika tidak mengetaui kedua hal ini, maka sedikit yang selamat dari kerusakan amal ibadah dlahir. Selain itu, kondisi seseorang yang amal ibadahnya rusak, pada penutup teks kitab minhajul abidin diistilahkan oleh Maulana Imam Al Ghazzali, sebagai orang yang sangat merugi (fahadza huwa khusranul mubiin). Mengapa diakatakan merugi? karena selama hidup dengan susah payah mengumpulkan pahala ibadah dzahir, namun tidak ada yang diterima sebagai amal ibadah di hadapan Allah.

Dalam teks di atas, istilah ibadah dzahir memiliki keterkaitan dengan ibadah fisik, karena adanya perintah yang dilaksanakan itu terkait dengan perbuatan anggota tubuh (amal al jawarih). Sedangkan, ibadah bathin memiliki keterkaitan dengan gerak hati membentuk kesadran diri sebagai seorang hamba yang harus beribadah kepada Allah, seperti tawakkal, ikhlas, tafwidl, syukur, dan syabr.

Model keterkaitan antara ibadah dzahir dan bathin ini menegaskan arti penting kesatuan gerak fisik dan bathin dalam beribadah kepada Allah. Keseimbangan kedua gerak ibadah ini, sangat menentukan kesalehan seseorang. Banyak teks kewahyuan dan hadis yang menjelaskan kesatuan dua model ibadah ini yang menentukan ibadah seseorang: apakah ibadah itu diterima atau tidak oleh Allah?

Karenanya, ibadah dzahir seperti shalat dan puasa akan menjadi perbuatan ironis bagi umat Islam, jika dalam proses pelaksanaan ibadah dzahir ini, telah meninggalkan ibadah bathin, seperti bertawakkal, bersyukur, sabar, ikhlas, pasrah, condong, dan tunduk kepada Allah.

Sehubungan dengan fenomena ini, dapat diajukan sebuah pertanyaan: mengapa seseorang tidak mudah membentuk kesatuan amal dzahir dan bathin? karena ada latar belakang pemisah kesatuan ibadah yang lebih berpengaruh pada keberadaan hidup seseorang. Kemampuan mementuk kesatuan ibadah hanya bisa dilakukan oleh beberapa orang. Sedangkan, bagi yang belum mencapai kemampuan membangun Kesatuan ibadah ini, akan lebih condong pada cinta dunia, harta (hub ad dunya), dan kematian.

Dalam banyak teks karya Maulana Imam Al Ghazzali, khususnya pada kitab Ihya Al Ulum Ad Din, Al Munqidl Min Ad Dlalal dan Kimia As Sa'adah, bab yang menjelaskan tentang nafs al amarah bissu, Syahwat dan Al Hawa ditegaskan, bahwa kecintaan pada harta dan benda inilah, yang telah melahirkan sikap anarkisme dan keserakahan kepada dunia (merasakan serba kekurangan).

Karakter cinta dunia dan takut kematian ini akan diperkuat dengan kehendak kuasa, biologis, dan imajinasi kosong. Jika sifat ini tidak terlepas dari keberadaan manusia, maka akan menguatkan subjektifitas pemaknaan hukum moral, yaitu kebaikan dianggap sebuah keburukan dan sebaliknya. Sikap ini, juga akan membuat pandangan dan sikap kepribadian seseoang yang lemah, sehingga akan mudah menerima hasutan dari seseorang. Kondisi sikap yang seperti ini, karena sudah tidak ada kendali ilmu yang bermanfaat, tidak ada cahaya ilmu, cahaya hikmah dan cahaya petunjuk dari Allah, sehingga akan menjerumuskan seseorang mengalami ketidakseimbangan ibadah dan ketidakseimbangan jiwa dan fisik.

Jadi, jika seseorang telah memisahkan perintah ibadah dzahir dengan perintah ibadah bathin, maka ibadah yang dikerjakan sudah tidak ada artinya lagi. Dalam konteks yang lebih menakutkan lagi, orang yang tidak mampu membangun kesatuan ibadah, adalah dibaratkan sebagai seseorang yang akan mudah tenggelam dalam perbuatan maksiyat, misalnya, ibadah untuk menunjukkan kesalehan kepada orang lain, membawa surban dan tasbih serta jubah kesalehan untuk menunjukkan sikap sombong sebagai tokoh agama. Padahal sebaliknya, sikap seseorang yang seperti ini akan menjadi penyebab seseorang masuk neraka.

Dalam perspektif psikologis, kebutuhan biologis yang seperti ini, yang akan mendorong manusia untuk berbuat anarkis demi untuk memenuhi kebutuhan biologisnya. Selain kebutuhan biologis yang membahayakan sikap manusia, perbuatan yang juga membahayakan manusia, adalah sikap manusia yang suka berangan-angan dan mengedepankan lamunan kosong.

Jika sikap seperti ini selalu muncul setiap menghadapi persoalan dan fenomena kehidupan, maka akan lebih memperparah kehancuran hidup seseorang selama di dunia dan akan terbawa hingga di akhirat.  Bentuk angan angan dan lamunan kosong seseorang akan membuat kondisi fisik dan psikis manusia memilih pada pilihan yang negatif dan buruk. Misalnya, kepanikam dan rasa gelisah dianggap sebagai rendah hati dan ikhlas kepada Allah, sikap ingin diketahui kebaikannya dan ingin mendapatkan pujian orang lain dianggap sebagai sikap yang baik, kemaksiyatan dianggap sebagai ketaatan, merasakan banyak mendapatkan kenikmatan dianggap sebagai bentuk pahala, padahal semua sikap yang seperti ini, sebenarbya menjadi sumber siksa bagi seseorang di akhirat.

Antara Yang Baik Dan Yang Buruk


Bagaimana fungsi ilmu di antara yang baik dan yang buruk? dalam konteks keilmuan, perbuatan baik dan buruk merupakan perbuatan yang mudah dibedakan, karena memang keduanya bebeda, baik dari segi makna dan implikasi yang akan dirasakan sesudah seseorang berbuat kebaikan dan keburukan. Bagi orang yang berakal tidak sulit membedakan kebaikan dan keburukan, karena keduanya sangat berbeda. Karena tidak mudah melaksanakan kesatuan kedua ibadah ini, maka diperlukan amal tambahan, seperti berdzikir kepada Allah, berdoa kepada Allah, dan melaksanakan ibadah yang baik dan bermanfaat yang meskipun tidak dilaksanakan tidak apa apa.

Dalam konteks tataran pelaksanaan kebaikan dan penolakan terhadap keburukan, sebagaimana yang sudah diketahui oleh para Ulama, tidak semudah yang dipikirkan oleh kebanyakan ahli agama. Karena tidak mudah mengimplementasikan perintah dan larangan sesuai yang telah ditetapkan dalam teks kewahyuan dan sunnah Nabi.

Sehubungan dengan kesulitan seseorang membentuk kesatuan ibadah ini, maka tidak semua umat beragama Islam perspektif  Maulana Imam Al Ghazzali, adalah Umat beragama yang baik. Sebaliknya, jika seseorang mampu membentuk kesatuan ibadah, maka dapat dikatagorikan sebagai umat Islam yang baik. Jika dilihat pada fenomena di lapangan, maka akan mudah dipahamu, bahwa adanya ketidakmampuan menjaga kesatuan ibadah, karena cinta harta dan benda. Pilihan kecintaan pada harta ini, akan memhuat keberadaan umat beragama, sebagai umat yang terburuk.

Jadi, Umat Islam yang buruk memiliki ciri berikut: Umat yang hanya memikirkan ilmu dzahir tidak  memelihara ilmu bathin, membanggakan ilmu yang dikuasai secara lahir, menganggap dirinya telah mampu membebaskan diri dan orang lain dari siksa Allah, menganggap diri sendiri telah mampu memberikan pertolongan kepada yang lain, baik di dunia dan akhirat.

Keberadaan umat beragama yang buruk sebagaimana yang digambarkan oleh Maulana Imam Al Ghazzali, adalah karena disebabkan oleh sikap yang diperdaya oleh diri sendiri. Sosok umat beragama yang seperti ini, tidak pernah memperdulikan bagaimana membangun kesatuan ilmu muamalah dan ilmu makrifat. Yang dimaksud dengan ilmu muamalat, adalah proses mengetahui antara yang halal dan yang haram, yang baik dan yang buruk, (juga) proses mengetahui bagaimana cara menghilangkan aifat sifat yang buruk. Sedangkan, ilmu ma'rifat sebagaimana sudah dijelaskan pada kajian sebelumnya.

Rembang, (17/11/2016)
Ubaidillah Achmad, Penulis buku Suluk Kiai Cebolek dan Islam Geger Kendeng, Dosen UIN Walisongo Semarang dan Majlis Kongkow As Syuffah Sidorejo Pamotan Rembang.

COMMENTS

Nama

.,1,#AyoMondok,12,#BelajarIslam,8,#CintaNKRI,2,#DanaHaji,1,#HariSantri,19,#HariSantri #HariSantri2017,1,#HariSantri2017,1,#HarlahNU,4,#HarlahNU91,2,#HaulKiaiHasanGenggong,2,#IslamIndonesia,1,#IslamNUsantara,4,#KajianRamadhan,1,#SavePalestine,3,#SaveRohingya,3,1 Muharram,3,1 Syawal,1,2016,1,A. Zakky Zulhazmi,1,Abdlul Halim Hasan,1,Abdul Mun'im DZ,1,Abu Bakar Hasan Assegaf,1,Adab Rasulullah,1,Advetorial,2,Afif Sunakim,1,Agama,1,Agama Cinta,1,Agenda,25,Agenda NU,1,Agnez Mo,1,Agus Zainal Arifin,3,Ahlusunnah wal Jama'ah,31,Ahmad Baso,1,Ahmad Mujib Rahmat,1,Ahmet Davutoglu,1,Ahsunnah,1,AJaran Islam,1,Akhir Zaman,1,Akhlakul Karimah,1,Al-Nimr,1,Al-Qaeda,1,Al-Qur'an,4,Al-Qur'an Raksasa,1,Al-Zastrow Ngatawi,1,Alamsyah M. Dja’far,3,Ali bin Abi Thalib,2,Ali Zawawi,1,Alissa Wahid,1,Allah,1,Almanak,1,Alumni Madrasah,1,Amalan,16,Amalan di Bulan Ramadhan,2,Amalan NU,4,Amalan Rasulullah,1,Amaliah,19,Aman Abdurrahman,1,Amirul Ulum,2,Anas Saidi,1,Angka Istimewa dalam Islam,1,Angka Tiga,1,Angker,1,Ansor,3,Ansor Garut,1,Ansor Malang,1,Ansor Surabaya,1,Anti Korupsi,4,Anti Narkoba,1,Anti Radikalisme,3,Anti Terorisme,2,Anti Wahabi,1,Aplikasi Batik,1,Aqidah,2,Arab,1,Arab People,1,Arab Saudi,2,Arief Mundatsir Mandan,1,Arifin Junaidi,1,Arrahmah Channel,5,Arrahmah Featured,11,Arrahmah.com,1,Articles,2,Artikel,26,Asian Youth Robot Olimpiade,1,Asosiasi Pesantren NU,1,Aswaja,24,Asy'ariyah,1,Australia,1,Avicenna Roghid Putra,1,Ayat-ayat Toleransi,1,Ayman Adz Dzawahiri,1,Ayo Mondok,1,AYRO,1,Bahtsul Masail,1,Bangsa Indonesia,1,Banser,14,Banten,1,Batik,1,Batik Indonesia,1,Battle,1,Battle of Uhud,1,Beasiswa,12,Beasiswa Kemenag,3,Beasiswa Madrasah,1,Beasiswa Santri,1,Beasiswa Santri 2016,1,Beasiswa Santri Berprestasi,2,Beasiswa Santri Berprestasi 2016,1,Bekasi,1,Belajar Islam,26,Berita,148,Berita Duka,5,Berita Islam,3,Bid'ah,2,Bid'ah para Sahabat,1,Bima Arya,1,Biseksual,1,Bisnis Haram,1,BNN,1,BNN di Jepara,1,BNPT,2,Bodo Kupat,1,Bogor,1,Bom Kuningan,1,Bom Sarinah,2,Bom Thamrin,2,BPOM,1,Brain,1,Budaya,1,Buku,6,Bulan Rajab,1,Buletin Jumat,5,Burdah,1,Cak Masykur,25,Cak Nun,1,Cak Nur,1,Cangkir9,2,Cep Herry Syarifuddin,1,Cerpen,2,Channel Arrahmah,37,Charlie Hebdo,1,Cheng Ho,1,Choirul Anam,1,Cinta,1,Cinta Bangsa,1,Cinta Tanah Air,1,Counter Radicalism,6,Cybercrime,2,Dajjal,1,Dakwah Islam,4,dan Transgender,1,Darurat Narkoba,3,Dea Anugerah,1,Deklarasi Nahdlatul Ulama,1,Deklarasi Serpong,1,Densus 88,2,Digital Media,2,Direktorat Pendidikan Madrasah,1,Dit PD Pontren Kemenag,1,DKI Jakarta,1,Doa,31,Doa Akhir Tahun,1,Doa Anak Sholeh,1,Doa Awal Tahun,1,Doa Berbuka,1,Doa dan Tirakat,1,Doa Gus Mus,1,Doa Harian,1,Doa Nabi,1,Doa Pernikahan,2,Doa Setelah Shalat,1,Doa Wudhu,1,Dosen UIN Walisongo,1,Download,1,Dr. Amin Haedari,1,DR. KH. M. A. SAHAL MAHFUDH,1,Dr. Nadirsyah Hosen,10,Dubes,1,Dzikir dan Doa,2,Dzikir Setelah Shalat,1,Editor's Choice,10,Effendi Choirie,1,Ekologi,3,Ekonomi,3,Eksekusi Mati Al-Nimr,1,English Edition,1,Esensi Syariah,1,Fadhila Haifa’ Afifah,1,Fadilah,1,Falak,1,Fardhu Wudhu,1,Fatayat NU,2,Fathoni Muhammad,1,Fatwa MUI,1,FDS,11,featured,133,Featured Arrahmah,44,Fikih,2,Fikih dan Muamalah,3,Fikih Ibadah,10,Fiqh,8,Fiqh Ibadah,1,Fiqh Qurban,6,Fiqh Shalat,3,Fiqih Lingkungan,2,Firqaf,1,Firqah,1,Firqoh,1,Fokus Khusus,1,FSN,2,Fulldayschool,4,Fundamentalis akan Habis,1,Gafatar,1,Galeri,4,Gay,1,Geluntung Agel Wafi,1,Gerakan Nasional AyoMondok,1,Gerhana,1,Gerhana Bulan,1,Gerhana Matahari,3,Gerhana Matahari Total,1,GIYE,1,Good Muslim,13,GP Ansor,8,Grand Syaikh Al-Azhar,1,Grants,1,Griya Gus Dur,1,GTK Madrasah,2,Guru Inspiratif,2,Guru Madrasah,2,Guru MAN,1,Guru Mughni,1,Guru PAI,1,Gus Ahmad Muwaffiq,1,Gus Aqib,1,Gus Dur,23,Gus Miek,1,Gus Mus,9,Gus Muwafiq,1,Gus Rizal Mumaziq,1,Gus Sholah,1,Gus Ubaidillah Achmad,1,Gus Yaqut,1,GusDur.net,1,Gusdurian,2,Habib Abu Bakar,1,Habib Lutfi,1,Habib Luthfi bin Yahya,1,Habib Novel,10,Habib Novel Alaydrus,7,Habib Salim Bin Jindan,1,Habib Sholeh Al-Hamid Tanggul,1,Habib Syech,1,Habib Umar bin Hafidz,3,Hadist,1,Hadist Jibril,1,Hadits,1,Hadits 72 Bidadari,1,Hadits Diskriminatif,1,Hafidzoh,1,Haji,7,Haji 2015,1,Haji 2017,1,Haji 2018,1,Hajj,1,Halal bi Halal,3,Halaqah,1,Hamid Ahmad Masduki Baidlawi,1,Har Santri,1,Hari Arafah,2,Hari Batik Nasional,1,Hari Natal,1,Hari Pahlawan,2,Hari Santri,32,Harlah,2,Harlah NU,3,Hasan al-Bashri,1,Haul,4,Haul Gus Dur,9,Haul Kiai Sholeh Darat,2,Haul Sunan Ampel,1,Haul Sunan Bonang,1,Haul Syekh Nawawi Al-Bantani,1,Headlines,20,Hikam Zain,15,Hikmah,83,Hikmah Islam,45,Hipsi,3,Hisab,1,Hizb,1,Hizbut Tahrir,2,Hizbut Tahrir Indonesia,2,Hoax,2,Hong Kong,1,HTI,2,HTIBubar,6,Hubbul Wathan minal Iman,1,Hukum Islam mengenai LGBT,1,Hukum Melangkahi Kuburan,1,Hukum Membunuh,1,Hukum Membunuh dalam Islam,1,Hukum Ucapan Natal,1,Humor,3,HUT TNI,1,Hymne,1,I-Banking,1,Ibadah,4,Ibn Muljam,1,Ibn Yaqzan,1,Ibu Nabi Muhammad,1,Ibunda Nabi Muhammad,1,IDC,1,Ideologi,1,Idhul Adha,1,Idul Adha,14,Idul Fitri,7,IIEE,1,IISRO,1,Ijazah,6,Ijtihad,1,Ikhbar,42,Ilmu Kalam,1,Image,1,Imam al-Syafi’i,1,Imam Ghazali,1,Imam Malik,1,Imam Muslim,1,Imam Nawawi,1,Imlek,1,INC,2,Indonesia Darurat Narkoba,1,Info Haji,2,Inspirasi,11,Inspirasi Pesantren,2,Interfaith,3,Internasional,98,International,3,International Islamic School Robot Olympiad,1,International Peace Day,1,Internet Banking,1,IPNU,1,IPPNU,1,Iqbal Khalidi,3,Iqbal Kholidi,1,Iran,1,ISIS,11,Islah Gusmian,1,Islam,16,Islam dan Perdamaian,1,Islam Di China,3,Islam di Papua,1,Islam Indonesia,3,Islam Nusantara,28,Islam Nusantara Center,1,Islam Papua,1,Islam Radikal,1,Islamic Event,1,Islamic State,1,Isra' Mi'raj,1,Istighosah Kubro,1,Istikharah,1,Ito Surmardi,1,JAD,1,Jakarta,4,Jamiyatun Nasihin,1,Jasad Utuh,1,Jawa Barat,3,Jawa Tengah,7,Jawa Timur,4,Jazirah Arab,1,JIhad,3,Jihad fi Sabilillah,1,Jokowi,5,Jonru,1,Jurnalistik,1,K.H. Ahmad Umar Abdul Manan,1,Kabar Duka,1,Kabar Pesantren,5,Kabar Pesantrens,1,Kajian Islam,18,Kajian Ramadhan,1,Kalam Ulama,4,Kalender,2,Kalender Islam,2,Kalimah Syahadat,1,Kalis Mardiasih,1,Kampung Damai,1,Kampus,1,Kekerasan,1,Kemenag,3,Kementerian Agama,1,Kementerian Agama RI,3,Keraton Sumenep,1,Kesehatan,4,Ketua PBNU,1,Ketum PBNU,1,Ketupat,1,Keutamaan Bulan Rajab,1,Keutamaan Shalat Tarawih,16,Keutamaan Shalawat Nabi,2,Keutamaan Tarawih,1,KH A Ghazalie Masroeri,1,KH Abdurrahman Wahid,5,KH MA Sahal Mahfudh,2,KH Maemon Zubair,1,KH Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh,1,KH Sahal Mahfudh,3,KH Said Aqil Siraj,1,KH Wahab Hasbullah,1,KH. Abdul Aziz Manshuri,1,KH. Abdul Ghoffar Rozien,1,KH. Abdul Karim,1,KH. Abdul Muhaimin,1,KH. Abdurrahman Wahid,1,KH. Ali M. Abdillah,1,KH. Bisri Mustofa,1,KH. Cep Herry Syarifuddin,3,KH. Hasyim Asy'ari,1,KH. Hasyim Asyari,3,KH. Husein Muhammad,2,KH. Iftah Sidiq,1,KH. Lukman Harits Dimyati,1,KH. Ma'ruf Amin,2,KH. Maimoen Zubair,11,KH. Marzuqi Dahlan,1,KH. Masdar F. Mas'udi,2,KH. Mustofa Bisri,2,KH. Said Aqil Siraj,5,KH. Sholeh Darat,8,KH. Thobary Syadzily,1,KH. Tubagus Muhammad Falak,1,KH. Yahya Cholil Staquf,3,KH. Zainal Mustafa,2,KH. Zakky Mubarok,2,KH.Shalih Darat,1,Khanza Iliyina Syafa,1,Khawarij,1,Khazanah,3,Khazanah Isam,7,Khazanah Islam,379,Khilafah Islamiyah,5,Khofifah Indar Parawansa,1,Khoirul Anam,2,Khulafaur Rasyidin,1,Khutbah,4,Khutbah Idul Fitri,2,Khutbah Jumat,1,Kiai Abdul Hamid,1,Kiai Hasan Genggong,1,Kiat Menulis,1,Kiddle,1,Kilas,1,Kirab Santri,1,Kisah Hikmah,16,Kisah Nabi,1,Kisah Rasulullah,1,Kisah Teladan,1,Kita Tidak takut,1,Kitab Durrotun Nasihin,1,Kitab Jawahirul Bukhori,1,Kitab Kuning,5,Kitab Pegon,1,Kitab Suci,1,Kokam,1,Kolom,96,Komedi Religi,1,Kominfo,1,Konferwil NU Jabar,1,Konflik Sunni-Syiah,1,Kongkow Sufi,3,Konsultasi Agama,1,Konsultasi Islam,1,Kontra Radikal-Terorisme,1,KPAI,1,KPK,1,Kreatif Indonesia,1,Kriminal,1,Krisis Jerusalem,2,Krisis Rohingya,7,KUPI,1,Kurban,7,Kyai Maimoen Zubair,1,Kyai Masdar,1,Kyai Pahlawanku,1,Kyai Pesantren,1,Lailatul Qadr,1,Lambang NU,1,Lapan-A2,1,Laporan,1,Lazisnu,1,Le Petit Prince,1,Lebaran,1,Lebaran Ketupat,1,Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama,2,Lesbian,1,Letter of Acceptance,1,LFNU,1,LGBT,2,Liberalisme,1,Life of Mohammed,3,Life of Muhammad,2,Liga Santri,2,Liga Santri Nusantara,3,Lingkungan,1,LIPI,1,Litbang Kemenag,1,Literasi,7,Literasi Digital,3,LoA,1,Logo Muktamar NU ke-33,1,Logo NU,1,Love Peace,1,LPDP,1,LSN,5,LSN 2017,3,LTN NU,3,Lukman Hakim Saifuddin,3,Lunar System,1,M. Kholid Syeirazi,1,M. Nur Kholis Setiawan,1,M. Rikza Chamami,13,M. Rikza Khamami,1,Ma'arif NU,2,Madrasah,24,Madrasah Diniyah,5,Madrasah Lebih Baik,2,Madrasah TBS,1,Mahasiswa,2,Mahbub Ma'afi,2,Mainstream Media,1,Majelis Dzikir,1,Majelis Shalawat,1,Makalah,3,Makam Gus Dur,1,Makam Nabi,1,Makam Nabi Muhammad SAW,1,Makam Rasulullah,1,Makam Sunan Bonang,1,Makkah,1,Maklumat,3,Makna Bismillah,1,Makna Logo Muktamar NU ke-33,1,Malik bin Anas,1,Mama Falak,1,MAN IC,1,Manhaj Salafi Imam Syafi’i,1,Manhaji,1,Manusia Robot Bali,1,Mars,1,Masjid,1,Masjid Zhenjiao,1,Masjidid Haram,1,Masjidil Haram,1,Maturidiyyah,1,Maulid,4,Maulid Burdah,1,Maulid dalam Islam,1,Maulid Nabi,7,Maulid Nabi Muhammad SAW,3,Mbah Maimoen Zubair,2,Mbah Moen Sarang,2,Mbah Mun,1,Mbah Sahal,1,Mbah Sholeh Darat,1,MCA,1,Media,2,Media Sosial,1,Media Watch,1,Mehmet Gormez,1,Melangkahi Kuburan,1,Meme,1,Meme Islami,1,Menag,2,Meneguhkan Islam Nusantara untuk Peradaban Indonesia dan Dunia,1,Mengenal Jejak Mengenal Watak,1,Menristek,1,Menulis,1,Merayakan Maulid,1,Milad,1,Minal Aidin Wal Faizin,1,Minhajul 'Abidin,5,Moment,1,MTs Surya Buana Malang,1,MTsN 2 Pamulang,1,MTT,1,Mualaf,2,Mudik Lebaran,1,Muhammad,2,Muhammad bin ‘Abd al-Wahhab,2,Muhammad Nasir,1,Muhammad Niam,1,Muhammad PBUH,1,Muhammad SAW,3,Muhammad Tijany,1,Muharram,2,MUI,1,Mujaheeden,1,Mujahidin Palestina,1,Mukiyah,1,Mukjizat,2,Muktamar NU,1,Muktamar NU ke 33,2,Munas-Konbes NU,20,Munawir Aziz,1,Muntaha Azhari,1,Museum Keraton Sumenep,1,Muslim Hong Kong,1,Muslim Kagetan,1,Muslim Papua,1,Muslimat NU,2,Nabi dan Rasul,1,Nabi Ibrahim,1,Nabi Muhammad,2,Nabi Muhammad SAW,6,Nadirsyah Hosen,6,Nadlatul Ulama,2,Nahdatul Ulama,18,Nahdlatul Ulama,157,Nahdlatul Ulamata,1,Name of Allah,1,Narkoba,3,Nasehat,8,Nasihat,1,Nasional,412,Nasionalisme,1,Natal,1,Natal 2015,1,Natal dan Maulid,1,Netizen Jurnalistik,1,New,1,News,677,News Ikhbar,2,News IPPNU,1,News Pictures,17,Ngaji Live,1,Ngaji Puasa,27,Ngaji Ramadan,8,Ngaji Ramadhan,20,Ngaji Video,1,Niat Puasa,1,Nishfu Sya'ban,1,NKRI,1,NKRI Harga Mati,3,NU,7,NU ANZ,1,NU Batang,1,NU Bogor,13,NU Care,2,NU Care LazisNU,2,NU Garis Lurus,1,NU Jabar,2,NU Jatim,1,NU Klaten,1,NU Semarang,1,NUCare,4,NUPeduli,1,Nur Kholik Ridwan,1,Nur Rofiah,1,Olimpiade Kedokteran,1,Opini,283,Opinion,1,Opnion,1,Orbituari,2,Pagar Nusa,13,PAI,2,Palestina,2,Palestine,1,Palestine Mujaheeden,1,Papua,1,Parenting,1,PBNU,8,PBSB,3,PBSB 2016,1,Peace,1,Peduli Bencana,2,Pelajar NU,1,Pendaftaran PBSB 2016,1,Pendididkan Islam,18,Pendidika Islam,1,Pendidika Islam,1,Pendidikan,171,Pendidikan Agama,1,Pendidikan Islam,158,Pendidikan Karakter,2,Pendidikan Madrasah,5,Pendidikan Politik,3,Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam,1,Pendidikn Karakter,1,Pendis Kemenag,2,Penggrebekan di Jepara,1,Pengobatan Islami,1,Penjajahan,1,Pentas PAI,1,Penulis,1,Perang,1,Perang Badar,1,Perang Uhud,1,Perguruan Tinggi NU,1,Perkemahan Rohis,1,Perppu Ormas,2,Perpres,1,Perpu Ormas,1,Perwimanas,2,Pesan Kiai,1,Pesantren,70,Pesantren Assalafiyah Cirebon. Assalafiyah,1,Pesantren Ibnu Mas'ud,1,Pesantren Lirboyo,2,Pesantren Mahasiswa,1,Pesantren Salaf,1,Photo,1,Pilihan Editor,105,Pilkada,1,Pilkada 2017,1,Pilkada DKI,1,Pilkada Jatim,1,Ploso,1,PMII,3,Polemik Sejarah Tere Liye,1,Politik,13,Ponorogo,1,Ponpes Al-Anwar,1,Pontianak,1,PPMN III,1,Pra Munas,4,Pramuka,1,Prof. Dr. Ahmad Tayyeb,1,Prof. Dr. Quraish Shihab,3,Profil,3,PTKI,1,Puasa Arafah,1,Puasa Ramadhan,1,Puisi,12,Pustaka,10,Pustaka Pesantren,8,Qawli,1,Qunut Nazilah,1,Quote,1,Qurban,5,Radicalism,1,Radikalisme,10,Rajab,1,Ramadan,2,Ramadhab,1,Ramadhan,72,Ramadhan 2015,12,Ramadhan 2016,2,Ramadhan di Hong Kong,1,Ramadhan Video,25,Rasis,1,Rasullah,1,Rasulullah SAW,6,Recommended,2,Refleksi Akhir Tahun,1,Release,2,Release PBNU,1,Religion,2,Remaja Islam,1,Resolusi Jihad,2,Resolusi Jihad NU,1,Rezeki Halal,1,Rijal Mumazziq Z,1,Risalah NU,1,RMI NU,4,Robikin Emhas,1,Robot,1,Rohingya,11,Rokok,2,Rubbubiyah,1,Ruchman Basori,2,Rukun Islam,1,Sahabat,1,Sahabat Nabi,2,Sahih Muslim,1,Said Budairy,1,Saifuddin Zuhri,1,Saifullah Ma'shum,1,Sajak,2,Salafi,2,Salam,1,Sanad Keilmuan,1,Santri,6,Santri Goes To Papua,3,Santri Menulis,1,Santri Urban,1,Sarkub Papua,1,Sastra Islam,11,Satelit,1,Satelit Indonesia,1,Save Rohingya,6,Sayembara Logo Muktamar NU ke-33,1,Science,5,Sedekah,3,Sejarah,5,Sejarah Al-Qur'an,1,Sejarah Indonesia,2,Sejarah Islam,1,Sejarah NU,2,Sekolah Lima Hari,1,Seni dan Sastra Islam,12,Seri Belajar Islam,8,Seri KH. Said Aqil Siraj,1,Seri Tokoh,1,SGTP,1,Shahih Muslim,1,Shaikh Nimr Baqir al-Nimr,1,Shalat,18,Shalat Gerhana,3,Shalat Idul Adha,1,Shalat Istiqa,1,Shalat Jum'at,6,Shalat Sunah,1,Shalat Sunnah,3,Shalat Tarawih,15,Shalawa Nabi,1,Shalawat,2,Shalawat Nabi,4,Shalawat Nabi Muhammad SAW,2,Shalawat Nariyah,3,Sholat Tarawih,1,Sholawat,1,Sholeh Darat,1,Short Course,1,Sifat Mulia Rasulullah SAW,1,Silsilah Nabi Muhammad SAW,1,Silsilah Rasulullah,1,Sindikasi Damai,15,Sindikasi Media,1,Singaparna,1,Sinopsis,1,Sirah Nabawiyah,2,Sirah Nabi,2,Siswa Berprestasi,1,Slamet Basyid,1,solar system,1,Solidaritas,1,Sponsored,2,Suara NU,1,Sudut Pandang,1,Sudut Taman Ramadhan,7,Sufistik,1,Sumanto Al Qurtuby,9,Sumenep,1,Sunnah,2,Sunnah Rasulullah,1,Sunnah Shalat,1,SUNNI,1,Sunni-Shia,1,Sunni-Syiah,1,Suraji,6,Surat Edaran Gubernur Jateng,1,Surat Terbuka,3,Suriah,2,Syafa'at Rasulullah,1,Syafaat Nabi,1,Syahid,1,Syahrozad Zalfa Nadia,1,Syaikhona Kholil Bangkalan,1,Syarat Wajib Zakat,1,Syariah,2,Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani,1,Syeikh Abdul Qodir Al-Jailany,1,Syekh Abdul Qadir Al-Jailani,1,Syekh Dr. Muhammad Fadhil,1,SYIAH,3,Tafsir,1,Tafsir Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani,1,Tahlilan,2,Tahun Baru 2016,1,Tahun Baru Islam,2,Tahun Baru Masehi,1,Tanah Suci,1,Tarawih,21,Tasawuf,3,Tawan,1,Tawariq,1,Tayyip Erdogan,1,Tebuireng,6,Tekno,20,Teladan,1,Teladan Nabi,3,Teologi Teror,1,Teraweeh,1,Tere Liye,1,Teror,1,Teror 2016,1,Teror Jakarta,1,Teror Sarinah,1,Teror Thamrin,1,Teroris,4,Terorism,10,Terorisme,25,Tionghoa,1,Tips and Trick,2,Tokoh,86,Tokoh Betawi,1,Tokoh Bogor,1,Tokoh Dunia,3,Tokoh Indonesia,19,Tokoh Islam,114,Tokoh Kemerdekaan,2,Tokoh Muda Islam,25,Tokoh NU,17,Tokoh NU Bogor,1,Tokoh NU Jabar,1,Tokoh Perempuan,1,Tokoh PMII,1,Tokoh Rembang,1,Tokoh Syiah,1,Tolak FDS,12,Toleransi,5,Tradisi,2,Tragedi Crane di Masjidil Haram,1,Trend Sosial,2,Tuah Pesantren,1,Tulisan Arab,1,Tuntunan Islam,1,Turats,1,Turki,1,TurnBackHoax,4,Tutorial,1,TV9,1,Ubaidillah Achmad,23,Ubaidillah Ahmad,1,Ucapan Minal Aidin Wal Faizin,1,Ucapat Selamat Natal,1,Udhiyah,1,Uhud,1,Ulama,11,Ulama Bogor,1,Ulama Indonesia,1,Ulama NU,3,Ulama Nusantara,1,Ulama Perempuan,1,Ulama Salaf,1,Uluhiyah,1,UNU,2,Ustad Ahmad Ikrom,1,Ustadz,1,Ustadz Ahmad Ali MD,2,Ustadz Ali MD,1,Ustadz Fathuri,24,Ustadz Fatoni Muhammad,1,Ustadz Lc,1,Ustadz Ma'ruf Khozin,3,Ustadz Menjawab,5,Ustadz Yusuf Mukhtar Sidayu,1,Ustadz Yusuf Suharto,1,Uswah,3,Uswatuna,3,UU Ormas,1,Video,5,Vinanda Febriani,7,VoA-Islam,1,Wahabi,4,Wahabism,2,Wahabisme,2,Wahid Foundation,6,Wali Pasemone,1,Wali Songo,2,Walisongo,5,Waliyullah,1,Wardi Taufik,1,Wawasan,79,Wawasan Islam,54,Wawasan Kebangsaan,12,Wawasan Nusantara,43,Website Islam Indonesia,1,Website Islam Nusantara,1,Wirid dan Doa,2,Wirid dan Doa Setelah Shalat,1,Women and Jihad,1,Women Fighter,1,World Peace,1,Wudhu,3,Yahya Staquf,1,Yasin,1,Yayasan Saifuddin Zuhri,1,Yenny Wahid,3,Yogyakarta,8,Z-Featured,3,Zainal Mustafa,1,Zakat,4,Zakat Fitrah,2,Zakir Naik,1,Zakky Zulhazmi,2,ZIarah,4,Ziarah Kubur,2,Zikir,1,Zuhairi Misrawi,1,Zulkilfi Hasan,1,خطبة كسوف الشمس,1,
ltr
item
Arrahmah.co.id - Portal Dunia Islam: Kesatuan Amal Ibadah Fisik Dan Hati: Sumber Keseimbangan Psikis dan Kesempurnaan Kepribadian - Seri Kajian Minhajul Abidin #4
Kesatuan Amal Ibadah Fisik Dan Hati: Sumber Keseimbangan Psikis dan Kesempurnaan Kepribadian - Seri Kajian Minhajul Abidin #4
Kajian ini, masih terkait dengan bab Ilmu dalam kitab Minhajul Abidin. Ilmu sebagaimana yang sudah diuraikan pada pembahasan sebelumhya merupakan kunci diterimanya amal ibadah.
http://farm6.staticflickr.com/5825/30964149291_f46773617c_b.jpg
Arrahmah.co.id - Portal Dunia Islam
https://www.arrahmah.co.id/2016/11/kesatuan-amal-ibadah-fisik-dan-hati.html
https://www.arrahmah.co.id/
https://www.arrahmah.co.id/
https://www.arrahmah.co.id/2016/11/kesatuan-amal-ibadah-fisik-dan-hati.html
true
766049156261097024
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content