Jidat Hitam dan Jubah Tidak Menandai Keshalehan Seorang Muslim - Seri Kajian Minhajul Abidin #3

Dalam kajian sebelumnya, telah dibahas, mengapa seseorang perlu ilmu? Meskipun sudah diuraikan, kiranya masih perlu analisis yang lebih kontekstual dengan zaman sekarang ini.

Jidat Hitam dan Jubah Tidak Menandai Keshalehan Seorang Muslim - Seri Kajian Kitab Minhajul Abidin. (Ilustrasi)
Oleh: Ubaidillah Achmad

ARRAHMAH.CO.ID - Dalam kajian sebelumnya, telah dibahas, mengapa seseorang perlu ilmu? Meskipun sudah diuraikan, kiranya masih perlu analisis yang lebih kontekstual dengan zaman sekarang ini.

Jika dianalisis dalam konteks zaman sekarang ini, maka dapat dipahami, bahwa dengan mengetahui proses terbentuk hukum perintah dan larangan dalam agama Islam, seseorang akan mengetahui rahasia makna atau dampak positif melaksanakan perintah dan dampak negatif menjauhi larangan Allah. Misalnya, dengan mengetahui rahasia ilmu tentang sesuatu yang diperintahkan, maka seseorang akan memahami manfaat dan makna kebahagiaan mengikuti perintah Allah. Sebaliknya, dengan mengetahui rahasia ilmu tentang sesuatu yang dilarang Allah, maka seseorang akan memahami efek yang merugikan dan makna kesengsaraan yang akan dirasakan setelah melakukan apa yang sudah menjadi larangan Allah.

Karenanya, jika seseorang belum memahami proses terbentuknya perintah dan larangan serta dampak yang akan dirasakan dari keduanya, maka seseorang belum dikatakan telah berilmu. Dikatakan berilmu apabila sudah menguasai proses terbentuknya sebuah pengetahuan tentang larangan dan perintah serta dampak atau resiko yang akan dirasakan seseorang terkait dengan apa yang dijelaskan dalam lautan makna keilmuan.

Jadi, mengetahui perintah dan larangan saja belum cukup membentuk pengertian, kesadaran dan kesatuan energi positif seseorang. Oleh karena itu, supaya seseorang tidak hanya mengetahui sebatas pengetahuan literal, maka seseorang perlu memahami secara mendalam proses terjadinya keilmuan tentang perintah dan larangan. Bentuk keilmuam yang seperti ini memerlukan pemahaman, ketajaman, kepekaan, dan kesadaran yang tinggi terhadap amal perbuatan yang terkait dengan keutamaan dan kebaikan.

Sehubungan dengan konteks keilmuan inipun belum cukup menguatkan kepribadian atau kesadaran yang mendalam yang membentuk sikap seseorang, sebelum seseorang mencapai martabat kesadaran yang integral dengan pengetahuan yang bersumber atau memancar langsung dari Allah Jalla Jalaluhu. Model pencapaian pada martabat kesadaran yang integral inilah yang dimaksud dengan ilmu ma'rifat.

Jika membaca makna ilmu dan makrifat, seperti yang dimaksudkan oleh Imam Al-Ghazali, maka model perdebatan atau memperdebatkan teks kewahyuan justru dikatagorikan sebagai perbuatan yang tidak baik. Karena perdebatan tentang ilmu dan ma'rifat hanya akan melemahkan fungsi ilmu dan makrifat dalam konteks amal perbuatan keberagamaan seseorang, baik yang terkait dengan Allah maupun kesemestaan. Dalam kontek ini, menjadi jelas, bahwa ilmu bagi Imam Al-Ghazali, adalah untuk diamalkan bukan untuk diperdebatkan.

Selain itu, ilmu juga untuk dirasakan bukan untuk dipamer-pamerkan kepada yang tidak mengetahui proses terbentuknya ilmu dan kepada yang tidak mengalami apa yang diketahuinya (proses amal). Contoh beribadah dengan mempertebal jidat biar hitam atau mempertebal jubah biar terlihat tekstur sikap kesufian, adalah bentuk amal ibadah yang tidak didasarkam pada pondasi ilmu tentang ibadah yang disyariahkan dan ilmu tentang ibadah bathin yang menjadi amaliyah hati.

Sehuhungan dengan amal ibadah yang disyariahkan dan ibadah bathin yang menjadi amaliyah hati tersebut, telah diuraikan dalam teks kitab Minhajul Abidin berikut:

"Tsumma yajibu 'alaika anta'lama ma yalzamuka fi'luhu min al wajibati as syar'iyyah ala maa umirta bihi litaf'ala dzalika wa maa yalzamuka tarkuhu min al manahi litatruka dzaalika, wa illa fakaifa taqumu bittha'ati la ta'rifuha. Maa hiya wa kaifa hiya wa kaifa yajibu anntaf'ala am kaifa tajtanibu ma'asyi laa ta'lamu annahaa ma'asyin hatta laa tawaqa nafsaka fii haa."

Teks tersebut di atas diuraikan oleh Imam Al-Ghazali sebagai pengarang kepada pembaca. Hal ini menunjukkan kesadaran Imam Al-Ghazali yang telah memposisikan dirinya sebagai mutakallim yang sedang berbicara dengan pendengar atau pembaca teks minhajul abidin. Karenanya, Imam Al-Ghazali memposisikan pembaca sebagai mukhatab atau pihak kedua yang sedang diajak berdialog tentang pesan teks, baik secara literal maupun makna yang melampaui teks literal.

Sehubungan dengan teks kitab Minhajul Abidin di atas dapat dipahami menjadi bentuk pesan bebas kepada umat Islam yang tidak hanya terbatas pada pihak kedua (mukhatab) atau pembaca. Karenanya, perkenankan saya menganti penerjemahan kata ganti orang kedua menjadi umat Islam sebagaimana yang sudah terbebani hukum (mukallaf):

Sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk mengetahui apa saja tentang amal perbuatan seseorang yang sudah ditetapkan oleh syariah Allah. Misalnya, apa saja yang sudah diperintahkan supaya kamu melaksanakannya dan ketetapan yang sudah ditentukan oleh Allah sebagai bentuk larangan bagi umat Islam, agar meninggalkannya. Dengan demikian, tidak ada lagi dari kalangan umat Islam yang melaksanakan apa saja yang menjadi larangan Allah dan tidak ada umat Islam yang menjauhi apa saja yang menjadi perintah Allah.

Dalam teks ini, Imam Al-Ghazali, telah melanjutkan uraiannya, bahwa jika umat Islam tidak mengetahui hukum larangan dan perintah, bagaimana mungkin sebagai umat beragama dapat dapat melaksanakan sikap ketaatan kepada Allah, sementara umat Islam tidak mengetahui (tentang) prosedur pelaksanaan sikap ketaatan kepada Allah. Misalnya, tentang hal hal yang terkait dengan pertanyaan berikut: apa itu pengertian taat? bagaimana proses pelaksanaan sikap atau perbuatan ketaatan seseorang jika suatu perbuatan itu dikatakan sebagai sebuah bentuk sikap ketaatan? bagaimana proses terjadinya sebuah hukum sehingga seseorang telah diwajibkan menjalankan perintah ketaatan kepada Allah? Atau bagaimana seharusnya seseorang menjauhi amal perbuatan yang keji yang didasarkan pada keinginan hawa nafsu dan syahwat (kemaksiyatan), sementara itu seseorang tidak mengetahui mengaoa dikatakan maksiyat dan mengapa seseorang menjauhi kemaksiayatan dalam konteks kehidupan sehari hari?

Yang menarik dari model ketaatan seseorang kepada Allah, adalah tidak hanya berupa mengetahui formalitas perbuatan seseorang yang terkait dengan ibadah yang disyariahkan saja, seperti menjaga kebersihan, ibadah shalat, zakat, puasa, baik terkait dengan hukum dan syarat syarat yang terkait dengan hukum kewajiban (Fal ibadatussyariyyah ka at thaharah, wa as shalah, wa as syaum, wa ghairi haa yajibu  anta'lamaha bi ahkamihaa wa syaraa-ithiha).

Model ketaatan seseorang kepada Allah tidak dapat dilepaskan dengan ibadah bathin yang langsung terkait dengan perbuatan hati seseorang. Karenanya, seseorang berkewajiban untuk mengetahuinya secara keilmuan, seperti mengetahui tentang prosedur yang benar dan cara penerapan yang tepat tentang sikap tawakkal, pasrah, rela, syabar, taubat, ikhlas dan ibadah bathin lainnya yang kesmuanya harus mengarahkan jiwa dan raga secara totalitas kepada Allah (Iydlan 'ala al ibadah al bathinah al lathi Hiya masa'iya al qalb yajibu anta'lamaha min at tawakkal, wa at tafwidl,  wa ar ridla, wa syabr, wa at taubah, wa al ikhlas wa ghairi dzalika).

Sehubungan dengan dasar dasar ibadah bathin, telah banyak diajarkan dalam teks kewahyuan. Beberapa teks kewahyuan yang telah dikutip oleh Imam Al Ghazzali, misalnya, perintah tawakkal (QS, Al Maidah/5:23), perintah bersyukur (QS. Al Baqarah/02: 173), perintah syabar (QS. An Nahl/:127), perintah ikhlas (QS. Al Muzammil/16:8). Ayat ayat ini, juga telah menunjukkam prinsip ibadah bathin bukan ibadah pendukung atau pelengkap ibadah wajibah as syariyyah, namun menjadi kunci ibadah wajibah as syariyyah.

Hal ini penting untuk menunjukkan, bagaimana seseorang beribadah tidak hanya mengukur dari aspek formalitasnya saja. Yang menjadi persoalan yang sangat membahayakan, adalah tata busana ibadah wajib as syariyyah berubah menjadi busana gerakan sosial politik umat beragama Islam untuk merebut kekuasaan atau untuk memenuhi rasa cinta dunia (hubb ad dunya), akhirnya, hanya Allah yang mengetahui rahasia unsur kesemestaan.


Analisis Konteks Sosial Politik

Sehubungan dengan teks minhajul abidin tersebut di atas dapat menjadi kerangka teoritik, bagaimana pentingnya ilmu untuk menguatkan pemahaman keagamaan di tengah relasi kuasa yang tidak seimbang. Misalnya, tentang bahaya orang yang tidak berilmu, maka akan mudah dikelabuhi atau dibohongi bahkan akan ikut serta bersama para pembohong yang hanya ingin untuk mendapatkan kedudukan dan harta benda, sehingga terjerumus dalam perbuatan yang buruk dan nista. Yang lebih menyedihkan, telah banyak orang atau kumpulan orang yang menggunakan baju agama dan sorban, yang berbicara agama, namun hanya untuk kepentingan politik, kekuasaan, harta benda. Fenomena seperti ini, sudah banyak dijumpai dihampir pemandangan sudut kota dan desa.

Tentu saja, Islam mengajarkan untuk berpakaian yang baik, berbicara sesuai dengan prinsip ajaran agama. Agama Islam juga tidak melarang bekerja di dunia untuk mendapatkan bekal perjalanan menuju akhirat, namun bukan dengan jalan yang berbelok dari prinsip kebenaran. Yang perlu diperhatikan, bukan menjadikan simbol agama sebagai penutup kejahatan, kehendak kuasa, dan cinta kepada dunia. Agama Islam mengajarkan keutamaan dan kebaikan sebagai jalan para utusan dan pewarisnya.

Dalam ajaran Islam, tidak mengajarkan, agar umat Islam melihat keislaman seseorang dari adanya tanda jidat hitam atau jubah yang dikenakan seseorang. Agama Islam, juga tidak mengajarkan Islam adalah agama para penguasa dan yang mampu merebut kekuasaan atau merebut kapitalisme. Agama Islam, juga tidak mengajarkan umatnya harus menerima kemiskinan atau memilih jatuh miskin atau faqir. Adapun yang menjadi standar keagamaan seseorang, adalah komitmen seseorang melaksanakan ketaatan kepada Allah dan menjauhi kehendak nafsul amarah dan syahwat (kemaksiyatan). Sumber kemaksiyatan ini, adalah kekuasaan, cinta kepada harta benda, syahwat.

Dalam konteks sosial politik, telah marak simbol agama yang menjadi pembungkus kehendak kuasa, pembungkus cinta kepada dunia, dan pembungkus mereka yang cinta kepada kemiskinan. Karenanya, perlu untuk menguraikan kembali prinsip teks kewahyuan dan sunnah yang dikaji melalui kitab minhajul abidin. Semoga Allah tetap menjaga mereka yang tulus mempertahankan nilai keutamaan dan kebaikan dalam risalah kenabian hingga hari ini dan sampai yaumil qiyamah.

Jadi, dalam kitab Minhajul Abidin ini ditegaskan, bahwa yang menandai keshalihan seseorang di antaranya: yang pertama, seseorang yang mampu mengintegrasikan antara ilmu dan perbuatan yang diwajibkan menurut syara' (min al wajibati as syariyyah), seperti thaharah, ibadah yang langsung terkait dengan rukun Islam dan hal hal yang terkait dengan ibadah mahdlah. Kedua, seseorang yang mampu mengintegrasikan antara ilmu dan perbuatan ibadah bathin, seperti sikap tawakkal, pasrah, ridlau, syabr, taubah, ikhlas. Dalam kitab ini, juga ditegaskan larangan melaksanakan perbuatan yang sebaliknya dari tanda kesalehan.


Rembang, (15/11/2016)
Ubaidillah Achmad, Penulis buku Suluk Kiai Cebolek dan Islam Geger Kendeng, Dosen UIN Walisongo Semarang dan Majlis Kongkow As Syuffah Sidorejo Pamotan Rembang.

COMMENTS

Nama

.,1,#AyoMondok,12,#BelajarIslam,8,#CintaNKRI,2,#DanaHaji,1,#HariSantri,19,#HariSantri #HariSantri2017,1,#HariSantri2017,1,#HarlahNU,4,#HarlahNU91,2,#HaulKiaiHasanGenggong,2,#IslamIndonesia,1,#IslamNUsantara,4,#KajianRamadhan,1,#SavePalestine,3,#SaveRohingya,3,1 Muharram,3,1 Syawal,1,2016,1,A. Zakky Zulhazmi,1,Abdlul Halim Hasan,1,Abdul Mun'im DZ,1,Abu Bakar Hasan Assegaf,1,Adab Rasulullah,1,Advetorial,2,Afif Sunakim,1,Agama,1,Agama Cinta,1,Agenda,25,Agenda NU,1,Agnez Mo,1,Agus Zainal Arifin,3,Ahlusunnah wal Jama'ah,31,Ahmad Baso,1,Ahmad Mujib Rahmat,1,Ahmet Davutoglu,1,Ahsunnah,1,AJaran Islam,1,Akhir Zaman,1,Akhlakul Karimah,1,Al-Nimr,1,Al-Qaeda,1,Al-Qur'an,4,Al-Qur'an Raksasa,1,Al-Zastrow Ngatawi,1,Alamsyah M. Dja’far,3,Ali bin Abi Thalib,2,Ali Zawawi,1,Alissa Wahid,1,Allah,1,Almanak,1,Alumni Madrasah,1,Amalan,16,Amalan di Bulan Ramadhan,2,Amalan NU,4,Amalan Rasulullah,1,Amaliah,19,Aman Abdurrahman,1,Amirul Ulum,2,Anas Saidi,1,Angka Istimewa dalam Islam,1,Angka Tiga,1,Angker,1,Ansor,3,Ansor Garut,1,Ansor Malang,1,Ansor Surabaya,1,Anti Korupsi,4,Anti Narkoba,1,Anti Radikalisme,3,Anti Terorisme,2,Anti Wahabi,1,Aplikasi Batik,1,Aqidah,2,Arab,1,Arab People,1,Arab Saudi,2,Arief Mundatsir Mandan,1,Arifin Junaidi,1,Arrahmah Channel,5,Arrahmah Featured,11,Arrahmah.com,1,Articles,2,Artikel,26,Asian Youth Robot Olimpiade,1,Asosiasi Pesantren NU,1,Aswaja,24,Asy'ariyah,1,Australia,1,Avicenna Roghid Putra,1,Ayat-ayat Toleransi,1,Ayman Adz Dzawahiri,1,Ayo Mondok,1,AYRO,1,Bahtsul Masail,1,Bangsa Indonesia,1,Banser,14,Banten,1,Batik,1,Batik Indonesia,1,Battle,1,Battle of Uhud,1,Beasiswa,12,Beasiswa Kemenag,3,Beasiswa Madrasah,1,Beasiswa Santri,1,Beasiswa Santri 2016,1,Beasiswa Santri Berprestasi,2,Beasiswa Santri Berprestasi 2016,1,Bekasi,1,Belajar Islam,26,Berita,148,Berita Duka,5,Berita Islam,3,Bid'ah,2,Bid'ah para Sahabat,1,Bima Arya,1,Biseksual,1,Bisnis Haram,1,BNN,1,BNN di Jepara,1,BNPT,2,Bodo Kupat,1,Bogor,1,Bom Kuningan,1,Bom Sarinah,2,Bom Thamrin,2,BPOM,1,Brain,1,Budaya,1,Buku,6,Bulan Rajab,1,Buletin Jumat,5,Burdah,1,Cak Masykur,25,Cak Nun,1,Cak Nur,1,Cangkir9,2,Cep Herry Syarifuddin,1,Cerpen,2,Channel Arrahmah,37,Charlie Hebdo,1,Cheng Ho,1,Choirul Anam,1,Cinta,1,Cinta Bangsa,1,Cinta Tanah Air,1,Counter Radicalism,6,Cybercrime,2,Dajjal,1,Dakwah Islam,4,dan Transgender,1,Darurat Narkoba,3,Dea Anugerah,1,Deklarasi Nahdlatul Ulama,1,Deklarasi Serpong,1,Densus 88,2,Digital Media,2,Direktorat Pendidikan Madrasah,1,Dit PD Pontren Kemenag,1,DKI Jakarta,1,Doa,31,Doa Akhir Tahun,1,Doa Anak Sholeh,1,Doa Awal Tahun,1,Doa Berbuka,1,Doa dan Tirakat,1,Doa Gus Mus,1,Doa Harian,1,Doa Nabi,1,Doa Pernikahan,2,Doa Setelah Shalat,1,Doa Wudhu,1,Dosen UIN Walisongo,1,Download,1,Dr. Amin Haedari,1,DR. KH. M. A. SAHAL MAHFUDH,1,Dr. Nadirsyah Hosen,10,Dubes,1,Dzikir dan Doa,2,Dzikir Setelah Shalat,1,Editor's Choice,10,Effendi Choirie,1,Ekologi,3,Ekonomi,3,Eksekusi Mati Al-Nimr,1,English Edition,1,Esensi Syariah,1,Fadhila Haifa’ Afifah,1,Fadilah,1,Falak,1,Fardhu Wudhu,1,Fatayat NU,2,Fathoni Muhammad,1,Fatwa MUI,1,FDS,11,featured,133,Featured Arrahmah,44,Fikih,2,Fikih dan Muamalah,3,Fikih Ibadah,10,Fiqh,8,Fiqh Ibadah,1,Fiqh Qurban,6,Fiqh Shalat,3,Fiqih Lingkungan,2,Firqaf,1,Firqah,1,Firqoh,1,Fokus Khusus,1,FSN,2,Fulldayschool,4,Fundamentalis akan Habis,1,Gafatar,1,Galeri,4,Gay,1,Geluntung Agel Wafi,1,Gerakan Nasional AyoMondok,1,Gerhana,1,Gerhana Bulan,1,Gerhana Matahari,3,Gerhana Matahari Total,1,GIYE,1,Good Muslim,13,GP Ansor,8,Grand Syaikh Al-Azhar,1,Grants,1,Griya Gus Dur,1,GTK Madrasah,2,Guru Inspiratif,2,Guru Madrasah,2,Guru MAN,1,Guru Mughni,1,Guru PAI,1,Gus Ahmad Muwaffiq,1,Gus Aqib,1,Gus Dur,23,Gus Miek,1,Gus Mus,9,Gus Muwafiq,1,Gus Rizal Mumaziq,1,Gus Sholah,1,Gus Ubaidillah Achmad,1,Gus Yaqut,1,GusDur.net,1,Gusdurian,2,Habib Abu Bakar,1,Habib Lutfi,1,Habib Luthfi bin Yahya,1,Habib Novel,10,Habib Novel Alaydrus,7,Habib Salim Bin Jindan,1,Habib Sholeh Al-Hamid Tanggul,1,Habib Syech,1,Habib Umar bin Hafidz,3,Hadist,1,Hadist Jibril,1,Hadits,1,Hadits 72 Bidadari,1,Hadits Diskriminatif,1,Hafidzoh,1,Haji,7,Haji 2015,1,Haji 2017,1,Haji 2018,1,Hajj,1,Halal bi Halal,3,Halaqah,1,Hamid Ahmad Masduki Baidlawi,1,Har Santri,1,Hari Arafah,2,Hari Batik Nasional,1,Hari Natal,1,Hari Pahlawan,2,Hari Santri,32,Harlah,2,Harlah NU,3,Hasan al-Bashri,1,Haul,4,Haul Gus Dur,9,Haul Kiai Sholeh Darat,2,Haul Sunan Ampel,1,Haul Sunan Bonang,1,Haul Syekh Nawawi Al-Bantani,1,Headlines,20,Hikam Zain,15,Hikmah,83,Hikmah Islam,45,Hipsi,3,Hisab,1,Hizb,1,Hizbut Tahrir,2,Hizbut Tahrir Indonesia,2,Hoax,2,Hong Kong,1,HTI,2,HTIBubar,6,Hubbul Wathan minal Iman,1,Hukum Islam mengenai LGBT,1,Hukum Melangkahi Kuburan,1,Hukum Membunuh,1,Hukum Membunuh dalam Islam,1,Hukum Ucapan Natal,1,Humor,3,HUT TNI,1,Hymne,1,I-Banking,1,Ibadah,4,Ibn Muljam,1,Ibn Yaqzan,1,Ibu Nabi Muhammad,1,Ibunda Nabi Muhammad,1,IDC,1,Ideologi,1,Idhul Adha,1,Idul Adha,14,Idul Fitri,7,IIEE,1,IISRO,1,Ijazah,6,Ijtihad,1,Ikhbar,42,Ilmu Kalam,1,Image,1,Imam al-Syafi’i,1,Imam Ghazali,1,Imam Malik,1,Imam Muslim,1,Imam Nawawi,1,Imlek,1,INC,2,Indonesia Darurat Narkoba,1,Info Haji,2,Inspirasi,11,Inspirasi Pesantren,2,Interfaith,3,Internasional,98,International,3,International Islamic School Robot Olympiad,1,International Peace Day,1,Internet Banking,1,IPNU,1,IPPNU,1,Iqbal Khalidi,3,Iqbal Kholidi,1,Iran,1,ISIS,11,Islah Gusmian,1,Islam,16,Islam dan Perdamaian,1,Islam Di China,3,Islam di Papua,1,Islam Indonesia,3,Islam Nusantara,28,Islam Nusantara Center,1,Islam Papua,1,Islam Radikal,1,Islamic Event,1,Islamic State,1,Isra' Mi'raj,1,Istighosah Kubro,1,Istikharah,1,Ito Surmardi,1,JAD,1,Jakarta,4,Jamiyatun Nasihin,1,Jasad Utuh,1,Jawa Barat,3,Jawa Tengah,7,Jawa Timur,4,Jazirah Arab,1,JIhad,3,Jihad fi Sabilillah,1,Jokowi,5,Jonru,1,Jurnalistik,1,K.H. Ahmad Umar Abdul Manan,1,Kabar Duka,1,Kabar Pesantren,5,Kabar Pesantrens,1,Kajian Islam,18,Kajian Ramadhan,1,Kalam Ulama,4,Kalender,2,Kalender Islam,2,Kalimah Syahadat,1,Kalis Mardiasih,1,Kampung Damai,1,Kampus,1,Kekerasan,1,Kemenag,3,Kementerian Agama,1,Kementerian Agama RI,3,Keraton Sumenep,1,Kesehatan,4,Ketua PBNU,1,Ketum PBNU,1,Ketupat,1,Keutamaan Bulan Rajab,1,Keutamaan Shalat Tarawih,16,Keutamaan Shalawat Nabi,2,Keutamaan Tarawih,1,KH A Ghazalie Masroeri,1,KH Abdurrahman Wahid,5,KH MA Sahal Mahfudh,2,KH Maemon Zubair,1,KH Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh,1,KH Sahal Mahfudh,3,KH Said Aqil Siraj,1,KH Wahab Hasbullah,1,KH. Abdul Aziz Manshuri,1,KH. Abdul Ghoffar Rozien,1,KH. Abdul Karim,1,KH. Abdul Muhaimin,1,KH. Abdurrahman Wahid,1,KH. Ali M. Abdillah,1,KH. Bisri Mustofa,1,KH. Cep Herry Syarifuddin,3,KH. Hasyim Asy'ari,1,KH. Hasyim Asyari,3,KH. Husein Muhammad,2,KH. Iftah Sidiq,1,KH. Lukman Harits Dimyati,1,KH. Ma'ruf Amin,2,KH. Maimoen Zubair,11,KH. Marzuqi Dahlan,1,KH. Masdar F. Mas'udi,2,KH. Mustofa Bisri,2,KH. Said Aqil Siraj,5,KH. Sholeh Darat,8,KH. Thobary Syadzily,1,KH. Tubagus Muhammad Falak,1,KH. Yahya Cholil Staquf,3,KH. Zainal Mustafa,2,KH. Zakky Mubarok,2,KH.Shalih Darat,1,Khanza Iliyina Syafa,1,Khawarij,1,Khazanah,3,Khazanah Isam,7,Khazanah Islam,379,Khilafah Islamiyah,5,Khofifah Indar Parawansa,1,Khoirul Anam,2,Khulafaur Rasyidin,1,Khutbah,4,Khutbah Idul Fitri,2,Khutbah Jumat,1,Kiai Abdul Hamid,1,Kiai Hasan Genggong,1,Kiat Menulis,1,Kiddle,1,Kilas,1,Kirab Santri,1,Kisah Hikmah,16,Kisah Nabi,1,Kisah Rasulullah,1,Kisah Teladan,1,Kita Tidak takut,1,Kitab Durrotun Nasihin,1,Kitab Jawahirul Bukhori,1,Kitab Kuning,5,Kitab Pegon,1,Kitab Suci,1,Kokam,1,Kolom,96,Komedi Religi,1,Kominfo,1,Konferwil NU Jabar,1,Konflik Sunni-Syiah,1,Kongkow Sufi,3,Konsultasi Agama,1,Konsultasi Islam,1,Kontra Radikal-Terorisme,1,KPAI,1,KPK,1,Kreatif Indonesia,1,Kriminal,1,Krisis Jerusalem,2,Krisis Rohingya,7,KUPI,1,Kurban,7,Kyai Maimoen Zubair,1,Kyai Masdar,1,Kyai Pahlawanku,1,Kyai Pesantren,1,Lailatul Qadr,1,Lambang NU,1,Lapan-A2,1,Laporan,1,Lazisnu,1,Le Petit Prince,1,Lebaran,1,Lebaran Ketupat,1,Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama,2,Lesbian,1,Letter of Acceptance,1,LFNU,1,LGBT,2,Liberalisme,1,Life of Mohammed,3,Life of Muhammad,2,Liga Santri,2,Liga Santri Nusantara,3,Lingkungan,1,LIPI,1,Litbang Kemenag,1,Literasi,7,Literasi Digital,3,LoA,1,Logo Muktamar NU ke-33,1,Logo NU,1,Love Peace,1,LPDP,1,LSN,5,LSN 2017,3,LTN NU,3,Lukman Hakim Saifuddin,3,Lunar System,1,M. Kholid Syeirazi,1,M. Nur Kholis Setiawan,1,M. Rikza Chamami,13,M. Rikza Khamami,1,Ma'arif NU,2,Madrasah,24,Madrasah Diniyah,5,Madrasah Lebih Baik,2,Madrasah TBS,1,Mahasiswa,2,Mahbub Ma'afi,2,Mainstream Media,1,Majelis Dzikir,1,Majelis Shalawat,1,Makalah,3,Makam Gus Dur,1,Makam Nabi,1,Makam Nabi Muhammad SAW,1,Makam Rasulullah,1,Makam Sunan Bonang,1,Makkah,1,Maklumat,3,Makna Bismillah,1,Makna Logo Muktamar NU ke-33,1,Malik bin Anas,1,Mama Falak,1,MAN IC,1,Manhaj Salafi Imam Syafi’i,1,Manhaji,1,Manusia Robot Bali,1,Mars,1,Masjid,1,Masjid Zhenjiao,1,Masjidid Haram,1,Masjidil Haram,1,Maturidiyyah,1,Maulid,4,Maulid Burdah,1,Maulid dalam Islam,1,Maulid Nabi,7,Maulid Nabi Muhammad SAW,3,Mbah Maimoen Zubair,2,Mbah Moen Sarang,2,Mbah Mun,1,Mbah Sahal,1,Mbah Sholeh Darat,1,MCA,1,Media,2,Media Sosial,1,Media Watch,1,Mehmet Gormez,1,Melangkahi Kuburan,1,Meme,1,Meme Islami,1,Menag,2,Meneguhkan Islam Nusantara untuk Peradaban Indonesia dan Dunia,1,Mengenal Jejak Mengenal Watak,1,Menristek,1,Menulis,1,Merayakan Maulid,1,Milad,1,Minal Aidin Wal Faizin,1,Minhajul 'Abidin,5,Moment,1,MTs Surya Buana Malang,1,MTsN 2 Pamulang,1,MTT,1,Mualaf,2,Mudik Lebaran,1,Muhammad,2,Muhammad bin ‘Abd al-Wahhab,2,Muhammad Nasir,1,Muhammad Niam,1,Muhammad PBUH,1,Muhammad SAW,3,Muhammad Tijany,1,Muharram,2,MUI,1,Mujaheeden,1,Mujahidin Palestina,1,Mukiyah,1,Mukjizat,2,Muktamar NU,1,Muktamar NU ke 33,2,Munas-Konbes NU,20,Munawir Aziz,1,Muntaha Azhari,1,Museum Keraton Sumenep,1,Muslim Hong Kong,1,Muslim Kagetan,1,Muslim Papua,1,Muslimat NU,2,Nabi dan Rasul,1,Nabi Ibrahim,1,Nabi Muhammad,2,Nabi Muhammad SAW,6,Nadirsyah Hosen,6,Nadlatul Ulama,2,Nahdatul Ulama,18,Nahdlatul Ulama,157,Nahdlatul Ulamata,1,Name of Allah,1,Narkoba,3,Nasehat,8,Nasihat,1,Nasional,412,Nasionalisme,1,Natal,1,Natal 2015,1,Natal dan Maulid,1,Netizen Jurnalistik,1,New,1,News,677,News Ikhbar,2,News IPPNU,1,News Pictures,17,Ngaji Live,1,Ngaji Puasa,27,Ngaji Ramadan,8,Ngaji Ramadhan,20,Ngaji Video,1,Niat Puasa,1,Nishfu Sya'ban,1,NKRI,1,NKRI Harga Mati,3,NU,7,NU ANZ,1,NU Batang,1,NU Bogor,13,NU Care,2,NU Care LazisNU,2,NU Garis Lurus,1,NU Jabar,2,NU Jatim,1,NU Klaten,1,NU Semarang,1,NUCare,4,NUPeduli,1,Nur Kholik Ridwan,1,Nur Rofiah,1,Olimpiade Kedokteran,1,Opini,283,Opinion,1,Opnion,1,Orbituari,2,Pagar Nusa,13,PAI,2,Palestina,2,Palestine,1,Palestine Mujaheeden,1,Papua,1,Parenting,1,PBNU,8,PBSB,3,PBSB 2016,1,Peace,1,Peduli Bencana,2,Pelajar NU,1,Pendaftaran PBSB 2016,1,Pendididkan Islam,18,Pendidika Islam,1,Pendidika Islam,1,Pendidikan,171,Pendidikan Agama,1,Pendidikan Islam,158,Pendidikan Karakter,2,Pendidikan Madrasah,5,Pendidikan Politik,3,Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam,1,Pendidikn Karakter,1,Pendis Kemenag,2,Penggrebekan di Jepara,1,Pengobatan Islami,1,Penjajahan,1,Pentas PAI,1,Penulis,1,Perang,1,Perang Badar,1,Perang Uhud,1,Perguruan Tinggi NU,1,Perkemahan Rohis,1,Perppu Ormas,2,Perpres,1,Perpu Ormas,1,Perwimanas,2,Pesan Kiai,1,Pesantren,70,Pesantren Assalafiyah Cirebon. Assalafiyah,1,Pesantren Ibnu Mas'ud,1,Pesantren Lirboyo,2,Pesantren Mahasiswa,1,Pesantren Salaf,1,Photo,1,Pilihan Editor,105,Pilkada,1,Pilkada 2017,1,Pilkada DKI,1,Pilkada Jatim,1,Ploso,1,PMII,3,Polemik Sejarah Tere Liye,1,Politik,13,Ponorogo,1,Ponpes Al-Anwar,1,Pontianak,1,PPMN III,1,Pra Munas,4,Pramuka,1,Prof. Dr. Ahmad Tayyeb,1,Prof. Dr. Quraish Shihab,3,Profil,3,PTKI,1,Puasa Arafah,1,Puasa Ramadhan,1,Puisi,12,Pustaka,10,Pustaka Pesantren,8,Qawli,1,Qunut Nazilah,1,Quote,1,Qurban,5,Radicalism,1,Radikalisme,10,Rajab,1,Ramadan,2,Ramadhab,1,Ramadhan,72,Ramadhan 2015,12,Ramadhan 2016,2,Ramadhan di Hong Kong,1,Ramadhan Video,25,Rasis,1,Rasullah,1,Rasulullah SAW,6,Recommended,2,Refleksi Akhir Tahun,1,Release,2,Release PBNU,1,Religion,2,Remaja Islam,1,Resolusi Jihad,2,Resolusi Jihad NU,1,Rezeki Halal,1,Rijal Mumazziq Z,1,Risalah NU,1,RMI NU,4,Robikin Emhas,1,Robot,1,Rohingya,11,Rokok,2,Rubbubiyah,1,Ruchman Basori,2,Rukun Islam,1,Sahabat,1,Sahabat Nabi,2,Sahih Muslim,1,Said Budairy,1,Saifuddin Zuhri,1,Saifullah Ma'shum,1,Sajak,2,Salafi,2,Salam,1,Sanad Keilmuan,1,Santri,6,Santri Goes To Papua,3,Santri Menulis,1,Santri Urban,1,Sarkub Papua,1,Sastra Islam,11,Satelit,1,Satelit Indonesia,1,Save Rohingya,6,Sayembara Logo Muktamar NU ke-33,1,Science,5,Sedekah,3,Sejarah,5,Sejarah Al-Qur'an,1,Sejarah Indonesia,2,Sejarah Islam,1,Sejarah NU,2,Sekolah Lima Hari,1,Seni dan Sastra Islam,12,Seri Belajar Islam,8,Seri KH. Said Aqil Siraj,1,Seri Tokoh,1,SGTP,1,Shahih Muslim,1,Shaikh Nimr Baqir al-Nimr,1,Shalat,18,Shalat Gerhana,3,Shalat Idul Adha,1,Shalat Istiqa,1,Shalat Jum'at,6,Shalat Sunah,1,Shalat Sunnah,3,Shalat Tarawih,15,Shalawa Nabi,1,Shalawat,2,Shalawat Nabi,4,Shalawat Nabi Muhammad SAW,2,Shalawat Nariyah,3,Sholat Tarawih,1,Sholawat,1,Sholeh Darat,1,Short Course,1,Sifat Mulia Rasulullah SAW,1,Silsilah Nabi Muhammad SAW,1,Silsilah Rasulullah,1,Sindikasi Damai,15,Sindikasi Media,1,Singaparna,1,Sinopsis,1,Sirah Nabawiyah,2,Sirah Nabi,2,Siswa Berprestasi,1,Slamet Basyid,1,solar system,1,Solidaritas,1,Sponsored,2,Suara NU,1,Sudut Pandang,1,Sudut Taman Ramadhan,7,Sufistik,1,Sumanto Al Qurtuby,9,Sumenep,1,Sunnah,2,Sunnah Rasulullah,1,Sunnah Shalat,1,SUNNI,1,Sunni-Shia,1,Sunni-Syiah,1,Suraji,6,Surat Edaran Gubernur Jateng,1,Surat Terbuka,3,Suriah,2,Syafa'at Rasulullah,1,Syafaat Nabi,1,Syahid,1,Syahrozad Zalfa Nadia,1,Syaikhona Kholil Bangkalan,1,Syarat Wajib Zakat,1,Syariah,2,Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani,1,Syeikh Abdul Qodir Al-Jailany,1,Syekh Abdul Qadir Al-Jailani,1,Syekh Dr. Muhammad Fadhil,1,SYIAH,3,Tafsir,1,Tafsir Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani,1,Tahlilan,2,Tahun Baru 2016,1,Tahun Baru Islam,2,Tahun Baru Masehi,1,Tanah Suci,1,Tarawih,21,Tasawuf,3,Tawan,1,Tawariq,1,Tayyip Erdogan,1,Tebuireng,6,Tekno,20,Teladan,1,Teladan Nabi,3,Teologi Teror,1,Teraweeh,1,Tere Liye,1,Teror,1,Teror 2016,1,Teror Jakarta,1,Teror Sarinah,1,Teror Thamrin,1,Teroris,4,Terorism,10,Terorisme,25,Tionghoa,1,Tips and Trick,2,Tokoh,86,Tokoh Betawi,1,Tokoh Bogor,1,Tokoh Dunia,3,Tokoh Indonesia,19,Tokoh Islam,114,Tokoh Kemerdekaan,2,Tokoh Muda Islam,25,Tokoh NU,17,Tokoh NU Bogor,1,Tokoh NU Jabar,1,Tokoh Perempuan,1,Tokoh PMII,1,Tokoh Rembang,1,Tokoh Syiah,1,Tolak FDS,12,Toleransi,5,Tradisi,2,Tragedi Crane di Masjidil Haram,1,Trend Sosial,2,Tuah Pesantren,1,Tulisan Arab,1,Tuntunan Islam,1,Turats,1,Turki,1,TurnBackHoax,4,Tutorial,1,TV9,1,Ubaidillah Achmad,23,Ubaidillah Ahmad,1,Ucapan Minal Aidin Wal Faizin,1,Ucapat Selamat Natal,1,Udhiyah,1,Uhud,1,Ulama,11,Ulama Bogor,1,Ulama Indonesia,1,Ulama NU,3,Ulama Nusantara,1,Ulama Perempuan,1,Ulama Salaf,1,Uluhiyah,1,UNU,2,Ustad Ahmad Ikrom,1,Ustadz,1,Ustadz Ahmad Ali MD,2,Ustadz Ali MD,1,Ustadz Fathuri,24,Ustadz Fatoni Muhammad,1,Ustadz Lc,1,Ustadz Ma'ruf Khozin,3,Ustadz Menjawab,5,Ustadz Yusuf Mukhtar Sidayu,1,Ustadz Yusuf Suharto,1,Uswah,3,Uswatuna,3,UU Ormas,1,Video,5,Vinanda Febriani,7,VoA-Islam,1,Wahabi,4,Wahabism,2,Wahabisme,2,Wahid Foundation,6,Wali Pasemone,1,Wali Songo,2,Walisongo,5,Waliyullah,1,Wardi Taufik,1,Wawasan,79,Wawasan Islam,54,Wawasan Kebangsaan,12,Wawasan Nusantara,43,Website Islam Indonesia,1,Website Islam Nusantara,1,Wirid dan Doa,2,Wirid dan Doa Setelah Shalat,1,Women and Jihad,1,Women Fighter,1,World Peace,1,Wudhu,3,Yahya Staquf,1,Yasin,1,Yayasan Saifuddin Zuhri,1,Yenny Wahid,3,Yogyakarta,8,Z-Featured,3,Zainal Mustafa,1,Zakat,4,Zakat Fitrah,2,Zakir Naik,1,Zakky Zulhazmi,2,ZIarah,4,Ziarah Kubur,2,Zikir,1,Zuhairi Misrawi,1,Zulkilfi Hasan,1,خطبة كسوف الشمس,1,
ltr
item
Arrahmah.co.id - Portal Dunia Islam: Jidat Hitam dan Jubah Tidak Menandai Keshalehan Seorang Muslim - Seri Kajian Minhajul Abidin #3
Jidat Hitam dan Jubah Tidak Menandai Keshalehan Seorang Muslim - Seri Kajian Minhajul Abidin #3
Dalam kajian sebelumnya, telah dibahas, mengapa seseorang perlu ilmu? Meskipun sudah diuraikan, kiranya masih perlu analisis yang lebih kontekstual dengan zaman sekarang ini.
https://4.bp.blogspot.com/-Oklf9XF0MIY/WCwnngH8fkI/AAAAAAAACPA/3S543UNYWZQbvixKQP8G1dRCoCmtOBmsgCLcB/s640/Jidat-Hitam-dan-Jubah---Gamis-.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Oklf9XF0MIY/WCwnngH8fkI/AAAAAAAACPA/3S543UNYWZQbvixKQP8G1dRCoCmtOBmsgCLcB/s72-c/Jidat-Hitam-dan-Jubah---Gamis-.jpg
Arrahmah.co.id - Portal Dunia Islam
https://www.arrahmah.co.id/2016/11/jidat-hitam-dan-gamis-bukan-tanda-keshalehan-seorang-muslim.html
https://www.arrahmah.co.id/
https://www.arrahmah.co.id/
https://www.arrahmah.co.id/2016/11/jidat-hitam-dan-gamis-bukan-tanda-keshalehan-seorang-muslim.html
true
766049156261097024
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content