Billboard Ads

Simon Collis and His Wife
Simon Collis dan Istrinya
HIKMAH, ARRAHMAH.CO.ID  - "Apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi" atau sering kita sebut Maasya Allah. Ya, itulah ungkapan yang pantas diucapkan ketika mendengar kisah Simon Paulus Collis.

Collis adalah duta besar Inggris untuk Arab Saudi. Melalui akun twitternya, Collis mendeklarasikan diri telah memeluk Islam.

"Saya telah masuk Islam setelah berada di masyarakat Muslim selama 30 tahun, dan tepat sebelum menikah dengan Huda," tulis akun resminya @HMASimonCollis seperti dikutip Arabnews.com, Selasa (20/9/2016).

Dalam cuitannya Collis mengucapkan terima kasih kepada penulis yang juga akademisi Arab Saudi, Fawziah Al-Bakr. Al-Bakr adalah orang yang pertama kali memposting foto Collis dan istrinya Huda Mujarkech saat mengenakan pakaian ihram.

"Duta Besar Inggris Simon Collis dan istrinya Huda Mujarkech sebelum memulai ibadah haji," tulis akun @fawziah1.

Di antara yang pertama yang mengucapkan selamat adalah Putri Basmah binti Saud. "Selamat khusus kepada duta besar dan istrinya," tulis @PrincessBasmah.

Sementara itu CEO Dewan Haji Inggris (CBHUK) Rashid Mogradia juga mengucapkan selamat kepada Collis. Rashid berharap Collis berbagi pengalaman dan inspirasinya kepada orang banyak.

"Dia adalah salah satu dari ribuan jemaah haji Inggris yang melakukan perjalanan iman dan kami berharap dia berbagi pengalamannya dan inspirasinya kepada kita semua," kata Rashid.

Doa dan dukungan terus mengalir untuk Collis di twitter.

"Selamat masuk Islam. Semoga menjadi haji mabrur, semoga Allah memberkati perjalananmu," tulis ‏@KristianeBacker

"Selamat menunaikan ibadah haji. Saya berharap yang terbaik untukmu," cuit akun ‏@ShahidMursaleen

Collis adalah satu dari sekitar 19 ribu warga Inggris yang mengikuti ibadah haji tahun ini. Pilihan Collis memeluk Islam mewarnai pemberitaan media-media Inggris dan media internasional lainnya.

Kabar Collis memeluk Islam juga memberi angin sejuk di tengah maraknya pemberitaan negatif terhadap Islam, khususnya di negara-negara Barat. Hal ini juga menunjukkan Islam memiliki daya tarik yang universal.

Collis menjabat duta besar Inggris untuk Arab Saudi sejak Januari 2015. Collis menggantikan dubes sebelumnya Sir John Jenkins yang telah pensiun.

Sejak 1978, Collis bergabung dengan Foreign and Commonwealth Office (FCO) Inggris. Collis sendiri sudah berkelana di Tanah Arab sejak 1981 untuk menjalankan tugas-tugas diplomatik di antaranya di Bahrain (1981-1984), Irak (2012-2014), Suriah (2007-2012), Qatar (2005-2007), Dubai (2000-2004) dan di Basra (2004-2005). Tidak aneh jika ayah lima anak ini sangat fasih berbahasa arab. (Sumber: Detik.com)