Billboard Ads

HAUL ABUYA KH. HASAN MUSTAFA BIN ABAH SAENAN CILEMBER CISARUA BOGOR YANG KE-41. (KAMIS,18/08/2016 M)
(Pendiri PP. Darul Huda Cilember)

Dari garis keturunan KH. Hasan Mustafa masih punya ikatan dengan kesultanan Banten, dikenal sebagai kiai ahli nahwu, shorof, balaghah, dan sangat waro' dalam kehidupannya.

Beliau lama mesantren di Mama KH.Santibi Gentur, Cianjur, Jawa Barat, bahkan dipercaya menjadi lurahnya sehingga setelah belajar di beberapa Pesantren, seperti: PP. Cinengah Cianjur, PP. Rawa Belut Cibadak Cianjur (KH. Muhammad Yunus) PP. Cihapit Bandung, PP. Sempur Plered (KH. Tubagus Bakri), la kembali lagi ke PP. Gentur.

PP. Darul Huda Cilember didirikan pada tahun 1925. Yang dahulunya lebih dikenal dengan nama Pesantren Cilember.
Namun sejak di bawah kepemimpinan KH. Rahmatullah, pada tahun 1980, nama pesantren ini diubah menjadi PP.Darul Huda.

Sebelum mendirikan pesantren ini, pada tahun 1918, Abuya telah mendirikan pesantren yang saat ini bernama PP. Nurul Haq di Kamp. Kopo, Cisarua, Bogor.
 
Pendirian PP. Cilember ini dilatarbelakangi oleh permintaan salah seorang jemaahnya yang bernama H. Mansur & H. Siddiq, warga asli Cilember. H. Siddiq rela mewakafkan sebidang tanah untuk dijadikan madrasah dan akhirnya berkembang menjadi sebuah pesantren.
Pesantren ini kemudan diserahkan oleh Abuya kepada KH. Muhidin. Sekarang Pesantren ini, menambah fasilitasnya untuk santriwati dan memasukkan disiplin ilmu baru dalam kurikulumnya yaitu Tahfizul Qur'an. (Ibn Yaqzan)


By