Headlines
Loading...
Gus Mus Tegaskan KH. Asnawi Kudus Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Gus Mus Tegaskan KH. Asnawi Kudus Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

News, Arrahmah.co.id - Berdakwah dari satu tempat ke tempat lain, semangat antipenjajahan Mbah Asnawi diwujudkan dengan mendirikan madrasah Qudsiyyah yang kini tengah berusia seabad.

”Mbah Asnawi mendirikan madrasah untuk memberitahu kepada masyarakat agama yang benar itu seperti apa dan mendidik masyarakat agar berilmu.’’ Gus Mus tak sepakat Mbah Asnawi diklaim sebagai sosok kiai nasionalis. Menurut dia, nasionalisme merupakan paham Barat yang kurang pas disematkan kepada sosok ulama seperti KHR Asnawi.

”Menurut saya, Mbah Asnawi bukan penganut nasionalisme. Mbah Asnawi cinta Indonesia karena berangkat dari pemikiran sederhana.

Saya dilahirkan di Indonesia, sujud di Indonesia, jika ada yang menginjak-injak kehormatan Indonesia, akan saya lawan dan bela mati-matian.’’

Mencerdaskan Bangsa

Selain memiliki semangat berdakwah yang kuat, kecintaan Mbah Asnawi terhadap ilmu pengetahuan agama juga cukup tinggi.

Hanya, kiprah Mbah Asnawi, termasuk ulama dan santri, dalam melawan ideologi penjajah dan mencerdaskan bangsa, jarang terekam dalam sejarah bangsa Indonesia. ”Sebab yang menulis sejarah Indonesia tidak paham santri.

Orang dulu berjuang tidak untuk ditunjuk-tunjukkan. Terlebih kaum santri dan kiai juga cenderung menutup- nutupi amal ibadahnya karena khawatir akan mengurangi pahala,” kata Gus Mus.

Jika ada usulan pahlawan nasional, ia berpendapat Mbah Asnawi sangat pantas untuk menyandang gelar terhormat itu. ”Keteladanan Mbah Asnawi masih relevan untuk saat ini.

Bagaimana keindonesiaannya, bagaimana keberagamaannya, termasuk semangat berdakwah dan cintanya terhadap ilmu pengetahuan agama.’’  (SuaraMerdeka/KBAswaja/Ibnu Yaqzan)

0 Comments:

Cloud Hosting Indonesia