Billboard Ads

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1437H/2016

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1437H / 2016

Imsak atau imsakiyah sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Dengan demikian Imsak atau Imsakiyah mempunya arti menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dari subuh hingga maghrib.

Hal ini sesuai dengan pengertian dari puasa itu sendiri, yakni menahan diri dari segala hal yang dilarang oleh Allah SWT dari waktu subuh hingga maghrib, dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Mengacu pada pengertian di atas, apabila seseorang bangun agak terlambat, selama waktu imsak (biasanya 10 Menit sebelum adzan Subuh) masih diperbolehkan makan dan minum sampai masuk waktu adzan Subuh.

Banyak orang beranggapan bahwa waktu imsak atau imsakiyah itu 10 menit sebelum adzan subuh. Hal ini memang BETUL karena yang dimaksud ketentuan waktu imsak disini sebagai peringatan atau kehati-hatian (ihtiyath). Hal tersebut sesuai dengan hadist Rasul yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas: Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a. berkata,

“Kami telah makan sahur bersama-sama Junjungan Nabi Saw., kemudian baginda bangun mengerjakan shalat. Sayyidina Anas bertanya kepada Sayyidina Zaid, ‘Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan waktu makan sahur itu?’ Dia menjawab, ‘Sepadan dengan waktu yang dibutuhkan untuk membaca 50 ayat.’”  

Biasanya dibutuhkan waktu 10 menit untuk membaca 50 ayat.

Diriwayatkan oleh Ahmad dalam musnadnya, bahwasannya Nabi saw. bersabda:

“Ummatku senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur,” (H.R. Imam Ahmad dari Abu Zarr r.a.). 

Jadi waktu sahur atau waktu makan dan minum yang paling baik adalah mengakhirkannya namun sebelum waktu imsak. Mengakhirkan sahur dalam pengertian di atas adalah sahur sebelum atau mendekati waktu imsak.

Adapun kriteria dalam menentukan Jadwal Imsak / Imsakiyah dan Jadwal Sholat menurut Kementerian Agama Republik Indonesia, adalah:
1) Imsak 10 menit sebelum waktu Subuh.
2). Subuh  saat Matahari berada pada sudut -20° di bawah horizon Timur ditambah ihtiyati 2 menit.
3) Syuruq / Terbit  saat Matahari terbit dikurangi ihtiyati 2 menit.
4) Dhuha saat Matahari berada pada sudut 4,5° di atas horizon setelah terbit ditambah ihtiyati 2 menit.
5) Zuhur  saat Matahari melintas Meridian (zawal/istiwa/noon) ditambah ihtiyati 2 menit.
6) Ashar  saat panjang bayangan Matahari = panjang benda + panjang bayangan benda waktu Zuhur ditambah ihtiyati 2 menit.
7) Maghrib  saat Matahari terbenam ditambah ihtiyati 2 menit.
8) Isya'  saat Matahari berada pada sudut -18° di bawah horizon Barat ditambah ihtiyati 2 menit

Berikut Jadwal Imsakiyah untuk Jakarta dan Sekitarnya:


Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1437H / 2016 untuk Wilayah dan Daerah Lain Bisa Didownload Disini


By