Billboard Ads

Kontingen Pramuka (Pandu) Luar Negeri.
PENDIDIKAN ISLAM, ARRAHMAH.CO.ID - Perkemahan Wirakarya (PW) PTK XIII Tahun 2016 yang digelar Direktorat Pedidikan Tinggi Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Ajang ini diikuti tidak kurang dari 1.500 Pramuka Pandega yang berasal dari Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia, baik negeri dan swasata serta mahasiswa dari beberapa negara turut ambil bagian dalam acara ini.

Berbeda dengan sebelumnya, PW PTK tahun ini diikuti sejumlah mahasiswa Pramuka (Pandu) Pandega dari Luar Negeri, antara lain: Afganistan, Rusia, Jepang, Madagaskar, Filipina, Thailand, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Selain itu, mahasiswa dari Perguruan Tinggi Kegamaan Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha juga akan meramaikan PW PTK, sebagai bentuk komitmen kebangsaan dan ke-Indonesiaan.

M. Isom Yusqi, selaku Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, dilansir dari pendidikanislam.id mengharapkan acara PW PTK berjalan sukses, dan menjadi wahana efektif mengembangkan kreativitas dan unjuk karya mahasiswa kepada masyarakat.

Kegiatan yang mengambil tema besar Merajut Harmoni, Berkarya untuk Negeri ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sultan Qaimuddin IAIN Kendari, Kecamatan Baruga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin-Minggu, 16-22 Mei 2016.

“Sebagaimana namanya perkemahan wirakarya, saya menaruh harapan besar agar para peserta bisa mengerahkan pikiran, tenaga, dan daya upayanya untuk meningkatkan bakti kepada masyarakat,” terang Isom.

“Semangat berkarya dan mengabdi semoga tercermin dalam berbagai ragam kegiatan PW PTK yang telah dipersiapkan, sehingga kehadiran adik-adik Pramuka benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” tambahnya.

Perkemahan yang digelar dua tahunan ini diharapkan juga dapat memberikan citra positif dan sekaligus sosialisasi UIN, IAIN, STAIN dan PTK Swasta kepada masyarakat.

“Masyarakat Kendari khususnya, melalui PW PTK diharapkan akan lebih mengenal secara dekat apa itu PTKI dan sekaligus perannya selama ini,” kata Ishom.

Seremonial pembukaan akan dimeriahkan dengan pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI) berupa senam tongkat pramuka terpanjang di dunia yang diperkirakan akan mencapai 7 km. Selain itu, para pramuka pandega PTK juga akan melakukan bedah rumah warga yang tidak layak huni sebagai wujud bakti kepada masyarakat.

Perhelatan akbar Pramuka Mahasiswa ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin direncanakan akan membuka kegiatan PW PTK yang akan berlangsung selama 7 hari penuh di IAIN Kendari pada hari ini, Senin (16/5). Akan dihadir pula Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhiyaksa Dault, Sekjen Kemenag Nur Syam, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, dan segenap Pejabat Eselon I dan II Kemenag. (FA/AS)

Sumber : pendidikanislam.id