Billboard Ads

Kompetisi Guru, kepala dan Pengawas Madrasah 2016
.
PENDIDIKANISLAM, ARRAHMAH.CO.ID - Direktorat Jendral Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Madrasah akan menyelenggarakan Kompetisi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2016.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada pendidik dan tenaga kependidikan dalam binaan Direktorat Pendidikan Madrasah yang telah secara terus menerus meningkatkan kompetensi, profesionalisme, kinerja dan perstasinya dalam rangka meningkatkan mutu RA/Madrasah dan mutu kelulusan.

Maka setiap wilayah provinsi diharapkan mengirimkan calon peserta sebagai wakil atau utusan untuk wilayah provinsinya masing-masing. Batas waktu penyerahan daftar nama peserta dan dokumen kelengkapan yang diperlukan, selambat-lambatnya sudah diterima panitia pada tanggal 31 Agustus 2016.

Nantinya akan diumumkan dan diberikan apresisasi untuk peserta yang memenuhi syarat sesuai ketentuan oleh Bapak Menteri Agama pada tanggal 3 Januari 2017, yang bertepatan dengan Upacara Amal Bakti Kementerian Agama.

Kompetisi ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu, Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah. Peserta juga diwajibkan memiliki kriteria-kreiteria yang telah ditentukan, serta persyaratan peserta yang wajib dilengkapi untuk dapat terpilih sebagai pemenang. 

Dewan juri melakukan penilaian berdasarkan komponen dan aspek penilaian yang telah disusun agar para peserta mampu mengeluarkan semua kemampuan serta kreatifitas yang dimilikinya. 

Mekanisme kompetisi dimulai dengan babak penyisihan, para peserta diwajibkan menyerahkan Portofolio (Pf) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang nantinya akan diseleksi dengan proses penilaian yang sangat ketat. 

Dari proses babak penyisihan akan terpilih 45 orang peserta sebagai nominator yaitu terdiri dari, 20 orang nominator dari kategori Guru, 20 orang nominator dari kategori Kepala dan 5 orang nominator dari kategori Pengawas. 

Nantinya para nominator akan kembali diseleksi dengan berbagai tes yang ketat untuk maju ke-babak lima besar dan terus hingga menuju babak final. 

Peserta dengan nilai akhir tertinggi akan dinobatkan sebagai pemenang, akan terpilih 3 orang pemenang, sebagai juara I, II dan III serta 2 orang juara harapan untuk setiap kategori yang dikompetisikan, penentuan pemenang akan ditetapkan melalui rapat dewan juri dan panitia.

Kompetisi guru madrasah berprestasi ini dilakukan melalui proses yang dimulai bulan Agustus 2016 dan berakhir pada bulan November 2016. Batas akhir penerimaan daftar nama peserta kompetisi beserta dokumennya paling lambat  diserahkan tanggal 31 Agustus 2016 pada pukul 17:00 WIB. 

Penilaian tahap pertama direncanakan pada minggu ketiga bulan September 2016, verifikasi dan klarifikasi melalui visitasi dilakasanakan pada minggu keempat bulan September 2016. Sedang tahap Grand Final dilaksanakan pada minggu kedua bulan Oktober 2016. (AS)

Silahkan download Juknis berikut ini untuk info lebih detail Juknis Kompetisi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah 2016