Hikmah dan Manfaat Membaca Shalawat Nabi

Hikmah dan Manfaat Membaca Shalawat Nabi

Baca: Hadits Tentang Keuatamaan Membaca Shalawat Nabi




[caption id="attachment_14320" align="aligncenter" width="1366"]Muhammad SAW - Image Islamicdekstop Muhammad SAW - Image Islamicdekstop[/caption]

Banyak sekali fadhilah dan hikmah yang bisa kita peroleh dengan mengamalkan shalawat pada baginda Rasulullah SAW.


Berikut ini adalah beberapa manfaat shalawat Nabi bagi para pembacanya yang bisa disimpulkan dari keterangan beberapa hadits Nabi Muhammad Saw.


1. Pembaca shalawat Nabi memperoleh limpahan rahmat dan kebaikan dari Allah SWT.


2. Pembaca shalawat Nabi diangkat ( ditinggikan ) derajatnya dan dihapuskan dosa-dosa kejahatan dan kesalahannya.


3. Pembaca shalawat Nabi memperoleh pengakuan kesempurnaan iman, jika membacanya 100 (seratus) kali.


4. Membaca shalawat Nabi dapat menjauhkan kerugian, penyesalan, dan dimasukan ke dalam golongan orang-orang yang shaleh.


5. Membaca shalawat Nabi berarti mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. (Taqarrub ilallah).


6. Membaca shalawat Nabi akan memperoleh pahala seperti pahala memerdekakan budak (hamba sahaya).


7. Dengan banyak-banyak membaca shalawat Nabi dapat memperoleh Syafa’at di hari kiamat.


8. Banyak membaca shalawat Nabi akan memperoleh penyertaan dari Malaikat Rahman.


9. Banyak membaca shalawat Nabi berarti menjalin komunikasi yang akrab dengan Nabi, sebab jika seseorang bershalawat dan mengucapkan salam kepada Nabi, maka shalawat dan salamnya itu akan disampaikan oleh Malaikat kepada Nabi.


10. Dengan banyak membaca Shalawat Nabi bisa membuka kesempatan untuk bertemu dengan Nabi, berdasar keterangan para Ulama.


11. Membaca Shalawat Nabi dapat menghilangkan kesusahan, kegundahan dan kebingungan, serta melapangkan rizqi.


12. Pembaca Shalawat Nabi akan dilapangkan dada ketika menghadapi berbagai masalah. Hal ini jika seseorang membaca shalawat 100 ( seratus ) kali secara mudawamah (membacanya terus menerus setiap hari).


13. Dengan banyak membaca shalawat Nabi akan dapat menghapuskan dosa. Hal ini jika seseorang membiasakannya membaca tiga kali setiap hari pada setiap ba’da shalat wajib, karena dengan membaca shalawat akan mendapatkan 10 pahala kebaikan, dan inilah yang akan menghapuskan dosa-dosa kita.


14. Membaca shalawat Nabi dapat menggantikan shadaqah bagi orang yang tidak sanggup bershadaqah harta.


15. Membaca shalawat Nabi sebanyak-banyaknya dapat melipatgandakan pahala yang diperoleh. Umat Islam biasanya memperbanyak membaca shalawat di hari Jum’at. Di kampung-kampung mereka mengadakan pembacaan maulid Barzanji sebagai trik mudah agar bisa bershalawat sebanyak-banyaknya di malam Jum’at.


16. Dengan banyak membaca Shalawt Nabi bisa mendekatkan kedudukan kepada Rasulullah Saw di hari qiamat.


17. Shalawat Nabi menjadikan sebab do’a diterima oleh Allah.


18. Dengan banyak-banyak membaca shalawat Nabi ketika di dunia dapat membebaskan diri dari kebingungan di hari kiamat. Sebaliknya apabila seseorang pelit membaca shalawat kepada Nabi, maka ia akan menghadapi kebingungan dan ketakutan dalam mahkamah di padang Mahsyar.


19. Membaca shalawat Nabi berarti memenuhi satu hak Nabi Muhammad Saw, atau menunaikan satu tugas ibadah yang diperintahkan atas ummatnya. Apabila seseorang tidak mau bershalawat atas Nabi, ia berarti enggan memenuhi hak Nabi yang telah diperintahkan oleh Allah Swt.


Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:



إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا- 56


“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS. 33:56)


20. Banyak membaca shalawat Nabi adalah indikator seseorang mencintai Nabi Muhammad Saw, mencintai Nabi Muhammad hukumnya wajib.


21. Membaca shalawat Nabi bisa menjadi sebab dikabulkan do’a atas segala kebutuhannya.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: